10 Hal Yang Rambutmu Katakan Soal Kondisi Tubuhmu

Kesehatan 2 years ago
10 Hal Yang Rambutmu Katakan Soal Kondisi Tubuhmu

Normalnya setiap hari ada 50 hingga 100 helai rambut kepala yang rontok. Jika Anda menyisir rambut dan nampak ada ratusan helaian yang berjatuhan di lantai, jangan dianggap remeh.

Begitu juga dengan rambut yang tiba- tiba berubah warna menjadi putih pada usia Anda yang masih muda. Bisa jadi kesehatan tubuh Anda perlu dipertanyakan. Berikut ini merupakan 10 hal yang rambut katakan tentang bagaimana kondisi kesehatan Anda.

1. Kurang konsumsi lemak baik

Kulit kepala yang kering dan bersisik menandakan bahwa Anda kekurangan asupan lemak baik untuk tubuh. Lemak baik ini memiliki fungsi untuk mengunci kelembapan pada sel- sel kulit dan rambut, sehingga menjaga kulit kepala tetap kenyal.  Selain itu, lemak baik juga bertugas membantu tubuh menyerap vitamin yang mudah larut, seperti vitamin A, D, E, dan K. Untuk mendapatkan rambut yang berkilau dan terpeliharan maka konsumsilah makanan yang mengandung lemak esensial seperti alpukat, minyak zaitun, ikan, kacang- kacangan, dan biji- bijian lainnya.

2. Kurang asupan protein

Keratin merupakan protein penyusun rambut. Apakah rambut Anda sulit tumbuh, rapuh, dan mudah rusak? Tanda- tanda ini bisa jadi menunjukan bahwa kadar protein yang Anda konsumsi kurang. Cukupi asupan protein Anda dengan memakan makanan mengandung protein tinggi seperti telur, daging, ikan, kacang- kacangan, dan biji- bijian.

3. Kekurangan vitamin dan mineral

Rambut merupakan jaringan organ non-esensial pada tubuh. Artinya jaringan- jaringan organ yang lebih utama di dalam tubuh akan mendapatkan nutrisinya terlebih dahulu, sehingga rambut hanya mendapatkan nutrisi sisanya. Kurangnya konsumsi vitamin dan mineral dapat menyebabkan rambut mudah rontok. Vitamin yang Anda butuhkan diantaranya merupakan vitamin A, B, C, D, dan E. Sedangkan mineral yang dapat membantu menjaga kondisi rambut Anda diantaranya adalah selenium, zinc, dan magnesium.

4. Kekurangan zat besi

Tidak cukup memberi asupan zat besi pada tubuh juga dapat ditunjukan pada kondisi dimana rambut Anda banyak yang rontok. Seperti yang telah kita ketahui bahwa penyakit anemia terjadi karena kekurangan zat besi dalam sel darah merah. Ketika anemia terjadi, tubuh akan berada pada mode bertahan hidup. Pada mode ini, penyaluran oksigen dalam tubuh dilakukan untuk mendukung fungsi vital tubuh bukan untuk menjaga kondisi rambutmu.

5. Polycystic Ovary Syndrome

Perlu diketahui para ladies sekalian, bahwa di tubuh wanita juga terdapat hormon laki- laki namun sedikit jumlahnya, dan sebaliknya juga pada tubuh laki- laki. Polycystic Ovary Syndrome atau yang lebih dikenal dengan PCOS merupakan keadaan dimana tubuh seorang wanita memproduksi hormon androgen (yang terdapat pada tubuh laki- laki) secara berlebihan. Ketidak-seimbangan kadar hormon ini dapat menyebabkan masalah seperti jerawat, berat badan naik, menstruasi yang tidak teratur, gejala kista ovarium, hirutisme (tumbuhnya rambut pada wanita di bagian tubuh seperti kumis dan jenggot), juga penipisan rambut di kepala.

6. Kehamilan

Anda wanita yang sudah berumah tangga? Jika rambut Anda menebal, sedikit keriting, dan berminyak tanpa sebab, mungkin itu merupakan tanda kalau Anda hamil.

Saat hamil, tingkat hormon estrogen pada tubuh wanita dapat menyebabkan peningkatan pertumbuhan rambut. Peningkatan jumlah hormon estrogen pada tubuh wanita semasa hamil ini membuat rambut nampak lebih tebal. Peningkatan estrogen juga menyebabkan melambatnya proses kerotokan pada rambut yang telah tua, sehingga rambut nampak sedikit keriting. Di sisi lain, kelenjar penghasil minyak pada ibu hamil juga dalam kondisi peningkatan produksi. Sehingga pada ibu hamil yang tadinya rambutnya kering menjadi lebih berminyak. Tetapi hal ini hanya sementara saja sampai saatnya bayi lahir.

7. Menopause

Kebalikan dari bahasan pada poin ke enam, kali ini hormon estrogen pada tubuh saat menjelang menopause menurun jumlahnya sementara jumlah hormon laki- laki pada tubuh meningkat. Hal ini menyebabkan penipisan pada helai rambut maupun resesi pada garis rambut depan yang mana nampak seperti gejala awal kebotakan. Peningkatan hormon laki- laki pada saat menopause juga menimbulkan kelebihan pertumbuhan rambut pada wajah dan tubuh.

8. Dehidrasi

Rambut yang rusak dan lemah helaiannya merupakan tanda bahwa tubuh kekurangan cairan. Dua per tiga tubuh manusia terdiri dari air. Kekurangan air atau dehidrasi dapat menyebabkan tubuh nampak kurang baik dan lemas. Maka konsumsilah cukup air setiap harinya. Untuk mengetahui apakah kamu mengalami dehidrasi atau tidak, kamu bisa mengecek warna urinmu. Jika warnanya kuning pucat atau bening artinya tubuhmu sudah cukup terhidrasi.

9. Stres

Selain menyebabkan rambut rontok, stres juga menyebabkan rambut cepat beruban. Diketahui belakangan sebab seseorang beruban pada usia dini bukan hanya karena turunan genetika. Hormon yang diproduksi di bawah stres dapat memblokir sinyal pada folikel rambut untuk menyerap pigmen melanin sehingga rambut bisa berubah warna menjadi keabu- abuan atau beruban. Kurang tidur juga akan meningkatkan kadar stres. Jadi selain harus menjaga agar pikiran tidak stres, Anda juga perlu memperbaiki pola tidur. Sebab saat Anda tidur tubuh akan memperbaiki dan meregenerasi sel- sel yang rusak, termasuk sel rambut.

10. Gangguan pada kelenjar tiroid

Hipotiroid merupakan salah satu gangguan pada kelenjar tiroid, dimana kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon. Hipotiroid bisa menyebabkan melambatnya metabolisme pada tubuh sehingga berat badan dapat naik dan juga kelelahan. Biasanya hipotiroid disertai dengan gondok sebagai respon terhadap rangsangan tubuh supaya kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid. Salah satu tanda kelenjar tiroid bekerja secara optimal dapat diketahui apabila kondisi rambutmu halus, kering, dan lemas.

Baca Juga: Masih Malas Membersihkan Make Up di Wajah Setelah Lihat Ini?

Itulah hal- hal yang bisa rambut katakan untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda. Selalu cukupi kebutuhan nutrisi dan gizi. Jangan lupa untuk cek dan konsultasikan ke dokter jika mengalami gejala- gejala yang tidak diinginkan. Semoga kita bisa menjadi lebih awas lagi untuk memperhatikan kesehatan tubuh kita.

Tags: Rambut, Rambut Rontok, Rambut Dan Kondisi Tubuh, Yang Rambut Katakan Tentang Kondisi Tubuh, Kesehatan, Kekurangan Zat Besi, Kekurangan Protein

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com