10 Tanda Kamu Kekurangan Vitamin B12, No.8 Bahaya!

Kesehatan 11 months ago
10 Tanda Kamu Kekurangan Vitamin B12, No.8 Bahaya!

Sering pusing, lemas, atau kesemutan? Jangan-jangan kamu kekurangan vitamin B12. Simak uraiannya berikut!

1. Lemah, lelah, pening

Gejala paling umum pada kekurangan vitamin b12 adalah lemah dan pening. Hal ini terjadi ketika pasokan vitamin B12 berkurang maka tubuh lebih sedikit memproduksi sel darah merah. Padahal sel darah merah berfungsi mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Jika sel darah merah berkurang, pasokan oksigen pun menurun dan tubuh mulai mengalami keletihan, lelah dan pusing.

Baca : Artikel kesehatan lainnya!

2. Sesak nafas

Pada seseorang yang kekurangan vitamin B12 maka akan kekurangan sel darah merah. Hal ini berdampak pada kurang pasokan oksigen ke jaringan. Jika dibirkan hal ini dapat menyebabkan anemia. Dampak dari anemia itu sendiri adalah dapat menyebabkan seseorang sesak nafas saat beraktifitas. Namun, gejala sesak nafas pada penderita anemia dan asma sedikit berbeda. Pada penderita asma sesak mungkin akan terasa sekali sehingga membutuhkan obat dan tindakan medis. Pada anemia sesak terasa tidak seberat pada asma dan dapat hilang ketika berisitirahat.

3. Kesemutan

Kekurangan vitamin B12 dapat memperburuk sel-sel saraf. Timbul sensasi seperti tertusuk jarum atau kesemutan. Di persarafan vitamin B12 berfungsi untuk pembentukan selubung mielin. Selubung mielin berfungsi sebagai penghantar saraf. Bayangkan jika selubung mielin rusak maka tidak ada impuls saraf yang dihantarkan. Jika dibiarkan dapat menimbulkan gejala yang lebih parah yaitu parestesia.

4. Kulit pucat atau kuning

Kulit pucat dapat terjadi akibat kondisi anemia. Sel darah merah besar disumsum tulang belakang rapuh karena kekurangan vitamin B12. Akibat sel darah merah rapuh maka lambat laun akan pecah. Pecahnya sel darah merah memicu bilirubin yaitu zat yang diproduksi di hati, untuk masuk ke aliran darah. Hal ini terjadi karena bilirubin mencoba memecah sel darah merah yang sudah pecah tadi menjadi partikel yang lebih kecil lagi. Bilirubin inilah yang membuat kulit tampak kuning.

Mungkin kamu tertarik!

5. Lidah bengkak dan meradang

Gejala lain dari kekurangan vitamin B12 adalah lidah yang bengkak dan meradang. Kekurangan vitamin B12 menyebabkan sintesis DNA terganggu. Sel -sel epitel mulut membelah dengan cepat dan dapat menyebabkan glositis, luka pada mulut hingga sariawan. Gejala ini dapat berlangsung sebentar. Namun, jika dibiarkan seiring berjalannya waktu maka dapat semakin memburuk.

6. Sembelit, kehilangan nafsu mkan, gas

Akibat kekurangan vitamin B12 yang lainnya meliputi sembelit/konstipasi, kehilangan nafsu makan dan masalah dengan gas, bisa produksi gas yang berlebih seperti di lambung yang dapat menyebabkan perut begah, atau masalah gas pada usus yang membuat terlalu sering buang gas. Kekurangan vitamin B12 yang kronis akan berdampak pada sistem pencernaan. Untuk mengembalikan kadar vitmin B12 yang normal dapat mengkonsumsi suplemen vitamin B12.

7. Penurunan penglihatan

Orang dengan defisiensi vitamin B12 berisiko mengalami penurunan penglihatan. Pandangan kabur serta ketajaman penglihatan pun menurun. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, vitamin B12 berperan penting dalam persarafan termasuk persarafan pada mata. Sehingga kekurangan vitamin B12 bukan tidak mungkin dapat menyebabkan penurunan penglihatan.

8. Depresi dan perubahan perilaku

Kamu moody akhir-akhir ini? Bawaannya marah-marah padahal lagi gak menstruasi? Jangan-jangan kamu kekurangan vitamin B12. Kekurangan vitamin B12 rupanya berpengaruh pada produksi serotonin. Serotonin membantu mengatur suasana hati. Jika tubuh kekurangan serotonin maka suasana hati menjadi cenderung berubah-ubah. Namun, perlu diperhatikan bahwa perubahan mood tidak serta merta karena kekurangan vitamin B12. Faktor lain juga bisa berpengaruh pada mood kamu.

9. Tulang rapuh

Vitamin B12 juga berpengauh pada pembentukan sel tulang yaitu osteoblas. Jika kekurangan vitamin B12 maka pembentukan tulang dapat terganggu dan tulang akan rapuh. Lansia berisiko sekali mengalami tulang rapuh yang berdampak pada osteoporosis. Maka dari itu, asupan vitamin B12 pada lansia harus mencukupi.

Cari artikel lainnya disini!

10. Gejala defisiensi vitamin b12 pada lansia mungkin tidak terlalu terlihat 

Hal ini mungkin terjadi karena pada lansia telah terjadi penurunan fungsi organ tubuh. Untuk itu penting untuk memeriksakan kesehatan pada lansia secara rutin agar gejala defisiensi vitamin B12 segera terdeteksi.


Vitamin sebenarnya dapat terpenuhi dari makanan yang kita makan sehari-hari. Terapkan hidup sehat dan makan makanan yang bergizi agar dapat terhindar dari kekurangan vitamin B12.

Tags: Kesehatan Tubuh, Vitamin, Kesehatan

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com