15 Pantangan Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Asma 

15 Pantangan Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Asma 

Vebma.com- penyakit asma adalah terjadinya gangguan saluran pernafasan yang lebih sempit dan dipenuhi oleh lendir, sehingga membuat bernafas menjadi lebih sulit, menghirup oksigen yang sangat di butuhkan oleh tubuh menjadi sulit akan mengakibatkan kematian.

Penyakit asma sulit disembuhkan secara total namun gangguan asma bisa dicegah dengan dan tidak mengkonsumsi makanan penyebab dari asma, berikut adalah daftar makanan yang harus di hindari oleh penderita asma :  

1.Telur

Bagi penderita asma, telur bisa memicu alergi terhadap penderita asma, gejala alergi tanda-tanda seperti kulit gatal-gatal, pusing, mual dan sesak nafas atau asma, biduran adalah reaksi kulit yang paling sering terlihat pada orang yang alergi telur, jika anda alergi terhadap telur sebaiknya hindarilah dan tidak mengkonsumsinya.

2. Susu

Susu mempuyai manfaat baik buat tubuh dikarenakan susu mengandung banyak kalsium yang di butuhkan oleh tulang, namun beberapa orang jika mengkonsumsi susu dapat mengakibatkan alergi, alergi dikarenakan oleh seseorang menderita asma, dan jika mengkonsumsi susu dapat memicu terjadinya serangan asma seperti sesak nafas dan gejala gangguan pernafasan lainya, jika anda mengalami alergi susu maka hindari makanan dari lahan susu seperti keju, yoguart, es krim, dan lain sebagainya.

3.Kacang

Jenis kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang mete, almond, kacang hijau, dan jenis kacang lainya bisa berdampak buruk terhadap penderita asma, dikarenakan kacang mengandung senyawa alami yang bisa membuat racun di dalam tubuh bagi penderita asma dan bagi alergi kacang, gejala yang di alami setelah makan kacang seperti mual , sesak nafas dan ganguan pernafasan lainya, penderita alergi kacang biasnya juga alergi terhadap bulu binatang, debu dan serbuk sari tanaman.

4.Makanan Laut

Kerang mengandung asam amino yang dapat berbahaya bagi penderita asma, dikarenakan asam amino akan memicu menghasilkan histamine berlebih, selain kerang yang dapat memicu sesak nafas adalah makanan laut seperti udang, kepiting, udang, tiram, remis dan lobster.

5.Makanan instan

Makanan yang instan yang mengandung pengawet sangat berbahaya bagi penderita asma, makanan tersebut mengandung pengawet sosium bisulfite, potassium bisulfiten, sodium metabisulfite, potassium metabisulfite dan sodium sulfite, pengawet yang ada di makanan tersebut membuat saluran pernafasan menjadi tidak normal dikarenakan kelebihan jumlah cairan akibat reaksi terhadap zat-zat tersebut, dan dapat memicu asma terhadap orang yang hipersensitiv. Makanan instan adalah seperti mie instan, minuman instan, dan jenis makanan instan lainya.

6.Gandum

Gandum tidak disarankan di makan oleh penderita asma, dikarenakan kandungan gandum jika dikonsumsi dapat menyebabkan ganguan pernafasan. 

7.Kedelai

Kedelai seperti tempe dan tahu telah mengalami fementasi yang mengandung kandungan sulfite, kandungan tersebut sangat berbahaya bagi penderita asma yang akan menyebabkan mual, sesak nafas, kepala pusing. 

8.Kentang Goreng

Olahan kentang sepeti kentang goreng dan kentang kering mengandung kandungan sulfite, maka hindarilah bagi penderita asma, gantilah menu makanan kentang menjadi menu makanan kentang panggang, atau kentang manis yang lebih aman untuk penderita asma. 

9.Bir

Minuman bir menjadi minuman patangan bagi penderita asma, dikarenakan minuman bir mengandung histamine yang sangat tinggi dalam tubuh, sehingga histamine yang tinggi di dalam tubuh mengakibatkan astihistamin dalam tubuh akan menurun, sehingga bagi penderita asma jika meminum bir akan megalami sesak nafas, mata berair dan batuk.

10.Buah Ceri

Buah ceri sering digunakan hiasan kue dan campuran dalam minuman sehingga buah ceri dapat dikonsumsi, namun buah ceri yang di gunakan hiasan makanan dan minuman sudah di awetkan dan buah tersebut sudah mengandung sulfit, termasuk buah ceri yang dijual bebas di supermarket di dalam kalengan, semua jenis makanan yang sudah diawetkan dapat memicu sesak nafas bagi penderita asma.

11.Acar

Semua jenis acar yang sudah dicampur dengan peyedab masakan seperti cuka, garam dan kecap dan acar produksi pabrik juga mengandung pemanis buatan dan bahan pengawet, pada dasarnya semua jenis acar telah mengalami proses fermentasi yang membuat zat sulfit sehingga bagi penderita asma zast sulfit dapat memicu mual-mual, muntah, kepala pusing, dan ganguan pernafasan.

12.Kripik Buah 

Kripik buah sangat di gemari oleh masyarakat dikarenakan dapat dimakan sebagai cemilan saat bersantai, namun buah yang dikeringkan tersebut sangat berbahaya bagi penderita asma dikarenakan kripik buah telah diawetkan dengan berbagai bahan seperti natrium,sulfit, dan juga pemanis buatan, bahan tambahan tersebut membuat system pernafasan bekerja lebih ekstra, sehingga membuat serangan asma lebih cepat.  Sayur dan buah kering yang dihasilkan oleh fermentasi seperti kismis,apricot, nanas dan cranberry juga sangat berbahaya bagi penderita asma. 

13.Makanan Kemasan 

Makanan yang sudah dikemas seperti kentang berbumbu yang sudah dikemas dan makanan yang berbumbu kemasan lainya mengandung sulfit, sulfit dapat membuat paru-paru tidak bekerja dengan normal sehingga memicu sesak nafas. 

14.Makanan Asinan 

Garam yang terdapat di makanan asinan menyebabkan lendir dan cairan yang dihasilkan oleh saluran pernafasan menjadi lebih banyak, dan juga garam dapat memicu peradangan saluran pernafasan sehingga sangat cepat mengalami sesak bagi penderita asma.

15.Buah Vitamin C

Buah yang mempunyai vitamin yang sangat di butuhkan oleh tubuh dan menjaga kekebalan tubuh, namun buah tomat dapat berbahaya bagi penderita asma dikarenakan buah yang mengandung vitamin c mengandung asam sitrat alami yang dapat membuat asam yang masuk ke tubuh membuat saluran pernafasan terhambat, buah yang mengandung vitamin c seperti buah tomat, buah jeruk, buah mangga, buah kiwi, buah anggur merah, buah plum. 

Tags: Kesehatan, Penderita Asma, Pantangan, Makanan

Kesehatan 2 years ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com