21 Obat Bisul Alami Paling Ampuh dan Cepat Sembuh

21 Obat Bisul Alami Paling Ampuh dan Cepat Sembuh

 Bisul adalah sebuah benjolan berwarna merah yang di dalamnya berisi cairan nanah. Uniknya, bisul ini hanya tumbuh di bagian-bagian tubuh yang terdapat bulu-bulu halus seperti kepala, ketiak, dan pinggiran mata.

Mungkin karena itu jugalah bisul tidak pernah muncul di bagian-bagian tubuh tak berbulu seperti telapak tangan dan telapak kaki. Munculnya bisul ini biasanya ditandai dengan beberapa gejala seperti demam, benjolan berwarna merah yang semakin besar, dan juga lingkaran berwarna putih di sekitarnya.

Adanya bisul tentu sangat menyiksa. Karena selain bisa menyebabkan demam, bisul ini juga bisa menyebabkan rasa nyeri dan tidak nyaman saat sedang beraktifitas. Namun jangan khawatir, sebab bisul ini juga bisa cepat disembuhkan dengan beberapa obat alami berikut ini.

1. Lidah Buaya

Kita sebagai orang Indonesia mestinya banyak-banyak bersyukur karena disediakan berbagai jenis tanaman obat yang sangat mudah sekali untuk didapatkan. Contohnya seperti lidah buaya ini yang bisa digunakan untuk mengobati bisul.

Caranya, siapkan 1 batang lidah buaya yang masih segar. Kemudian kupas bagian kulit dan oleskan gelnya pada bagian tubuh yang terkena bisul. Lakukan cara ini secara rutin sampai bisul kempes dan sembuh total.

2. Temulawak

Selain digunakan sebagai bahan-bahan rempah pada masakan. Temulawak ternyata juga bisa digunakan untuk menyembuhkan bisul. Caranya pun mudah, cukup siapkan 1 temulawak segar yang sudah diiris tipis dan 1 gelas air bersih.

Kemudian, rebus kedua bahan tersebut sampai mendidih. Jika sudah cukup dingin, minum air rebusan tersebut secara rutin setiap hari. Rasanya memang pahit, tapi jika anda ingin cepat sembuh. Mau tak mau anda harus meminumnya. Ingat, meskipun pahit tapi temulawak ini menyehatkan.

3. Bawang Putih

Bawang putih juga termasuk obat alami yang ampuh untuk digunakan menyembuhkan bisul. Hal ini karena bawang putih memiliki kandungan anti bakteri yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri jahat dalam bisul.

Cara menggunakan bawang putih sebagai obat bisul. Siapkan beberapa siung bawang putih segar yang sudah dicuci bersih. Kemudian, tumbuk bawang putih tersebut sampai halus dan oleskan pada bagian tubuh yang terdapat bisul.

4. Daun Cabe

Selain buahnya yang bisa digunakan sebagai perasa pedas alami pada masakan. Daun cabe ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Dan salah satunya untuk mengobati penyakit bisul yang sedang anda derita.

Caranya juga sangat mudah. Cukup siapkan beberapa lembar daun cabe yang masih segar. Kemudian, olesi daun cabe tersebut dengan minyak kelapa hangat. Setelah itu, tempelkan daun cabe tersebut ke bagian kulit yang terdapat bisul. Lakukan cara ini secara rutin sampai bisul anda pecah dan sembuh.

5. Daun Sirih

Pengobatan alami lainnya yang bisa anda coba adalah dengan menggunakan daun sirih. Cara menggunakannya, siapkan beberapa lembar daun sirih. Kemudian, rebus beberapa menit sampai mendidih. Tunggu sampai dingin, dan oleskan air rebusan daun sirih tersebut ke bagian bisul. Lakukan berulang-ulang sampai bisul pecah dengan sendirinya.

6. Daun Ubi Jalar

Obat bisul selanjutnya adalah menggunakan daun ubi jalar. Jika biasanya ubi jalar digunakan sebagai bahan pada makanan. Kali ini kita akan menggunakan daunnya sebagai obat bisul yang alami. Caranya, siapkan daun ubi jalar segar dan bakar sampai berubah warna menjadi kecoklatan.

Jika masih panas, tunggu daun ubi jalar sampai agak hangat. Kemudian, tempelkan ke bagian tubuh yang terdapat bisul dan balut dengan menggunakan kain bersih. Lakukan cara ini setiap hari sampai bisul anda sembuh.

7. Daun Bayam Duri

Jika biasanya kita menggunakan daun bayam sebagai sayuran lezat pada masakan. Tapi kali ini kita akan menggunakannya untuk menyembuhkan bisul secara alami. Caranya, siapkan daun bayam duri yang sudah dihaluskan. Kemudian, tempelkan daun bayam duri tersebut ke bagian kulit yang terdapat bisul.

8. Daun Sirsak

Selain bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit kanker dan juga asma. Daun sirsak ini ternyata juga bisa digunakan sebagai obat bisul. Hal ini karena daun sirsak mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga dapat mempercepat penyembuhan pada bisul.

Caranya, siapkan daun sirsak yang sudah ditumbuk halus. Kemudian, tempelkan ke bagian bisul. Lakukan cara ini sesering mungkin sampai bisul anda sembuh dan hilang.

9. Daun Belimbing Manis

Obat Bisul Alami dengan Daun Belimbing Manis
Daun Belimbing Manis

Siapa sangka jika daun belimbing juga termasuk obat alami untuk menyembuhkan bisul. Caranya juga sangat mudah, yakni siapkan beberapa lembar daun belimbing yang sudah dihaluskan dan juga air cuci beras. Kemudian, campurkan keduanya sampai merata. Terakhir, oleskan ramuan ini bisul dan balut dengan kain bersih.

10. Bawang Merah

Obat Bisul Alami dengan Bawang Merah
Bawang Merah

Bawang merah memang sudah sejak dulu dikenal sebagai obat alami yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Dan salah satunya adalah untuk mengobati bisul. Caranya, siapkan bawang merah yang sudah dihaluskan sebelumnya. Kemudian, tempelkan ke bagian bisul selama 2 jam dan bersihkan dengan air hangat.

11. Akar Pule Pandak

Obat Bisul Alami dengan Akar Pule Pandak
Akar Pule Pandak

Tanaman yang satu ini mungkin agak sedikit asing bagi sebagian orang. Namun jangan salah, sebab tanaman ini juga sangat efektif untuk menyembuhkan bisul. Caranya, siapkan akar bule pandak dan rebus dengan air sampai mendidih. Kemudian, minum air rebusan tersebut setiap hari sampai bisul kempes dan sembuh.

12. Jinten Hitam

Obat Bisul Alami dengan Jinten Hitam
Jinten Hitam

Obat alami lainnya yang bisa digunakan sebagai obat bisul alami adalah jinten hitam. Ini karena jinten hitam juga mengandung anti inflamasi layaknya bawang putih. Cara menggunakannya, siapkan jinten hitam dan haluskan dengan blender. Setelah itu, oleskan jinten hitam halus ke area bisul. Gunakan obat alami ini secara rutin sampai bisul sembuh.

13. Susu

Obat Bisul Alami dengan Susu
Susu

Mungkin anda sedikit kaget dan heran dengan obat alami yang satu ini. Ya, anda tidak salah karena susu juga bisa digunakan sebagai obat bisul alami dan pastinya aman untuk digunakan. Caranya, siapkan susu secukupnya, 1 gelas air, dan 3 sendok teh garam.

Kemudian, rebus ketiga bahan tersebut sampai mendidih dan tercampur merata. Jika sudah, lalu oleskan susu tersebut ke bagian bisul. Lakukan cara ini secara rutin 2 kali sehari sampai bisul kempes dan sembuh.

14. Cuka Apel

Obat Bisul Alami dengan Cuka Apel
Cuka Apel

Cara alami dan mudah dalam penggunaan selanjutnya adalah cuka apel. Ini karena cuka apel bermanfaat untuk menghilangkan infeksi yang ditimbulkan oleh bisul. Caranya, siapkan cuka apel dan kapas secukupnya. Kemudian, celupkan kapas ke dalam cuka apel dan tempelkan ke bagian bisul.

Menggunakan cuka apel memang terasa perih. Maka dari itu, anda bisa mencampurkan sedikit air ke dalamnya untuk mengurangi rasa perih yang ditimbulkan.

15. Biji Asam Jawa

Jika biasanya kita menggunakan asam jawa sebagai rempah pada masakan. Namun ternyata biji asam jawa ini juga digunakan sebagai obat bisul. Caranya, siapkan beberapa biji asam jawa yang sudah dipanggang terlebih dulu.

Kemudian, tumbuk biji asam jawa sampai halus dan campurkan dengan minyak kelapa serta garam sampai merata. Setelah itu, oleskan ramuan ini ke area bisul sampai mengering. Terakhir, bersihkan dengan air hangat.

16. Tempuyung

Obat Bisul Alami dengan Tempuyung
Tempuyung

Tanaman lain yang harus anda coba juga untuk menyembuhkan bisul adalah tempuyung. Selain bermanfaat untuk digunakan sebagai obat bisul. Tempuyung ini juga berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai masalah kesehatan lain seperti kencing manis.

Cara menggunakan tempuyung sebagai obat bisul. Siapkan beberapa lembar daun tempuyung yang sudah dihaluskan. Kemudian, oleskan air perasannya ke bagian bisul. Diamkan selama beberapa jam dan bilas dengan air bersih.

17. Kentang

Obat Bisul Alami dengan Kentang
Kentang

Umbi-umbian yang satu ini juga memiliki beberapa kandungan penting seperti flavonoid, alkoloid, dan tanin yang sangat bermanfaat untuk mengobati bisul. Caranya, siapkan 1 kentang segar yang sudah diparut dan peras airnya. Kemudian, oleskan ke bagian bisul dengan menggunakan kapas. Lakukan cara ini minimal 3 kali dalam sehari sampai bisul sembuh.

18. Kunyit

Seperti bahan-bahan alami lainnya, tanaman rimpang yang satu ini juga memiliki sifat anti peradangan yang sangat baik untuk mengobati bisul. Cara menggunakan kunyit sebagai obat bisul. Siapkan 1 sendok makan kunyit bubuk dan 1 gelas air hangat.

Kemudian, campurkan dan aduk-aduk sampai merata. Minum ramuan ini secara rutin setiap hari. Cara lain yang juga bisa digunakan adalah dengan mengoleskan bubuk kunyit pada bagian bisul. Lakukan keduanya agar mendapatkan hasil yang maksimal.

19. Daun Sosor Bebek

Obat Bisul Alami dengan Daun Sosor Bebek
Daun Sosor Bebek

Tanaman hias yang bisa tumbuh di mana saja ini juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai masalah kesehatan. Dan salah satunya adalah untuk obat bisul. Caranya, siapkan beberapa lembar daun sosor bebek yang sudah dicuci bersih. Kemudian tumbuk halus dan tambahkan sedikit garam. Oleskan daun sosor bebek ini sebanyak 2 kali sehari sampai bisul sembuh.

20. Daun Ciplukan

Obat Bisul Alami dengan Daun Ciplukan
Daun Ciplukan

Mungkin anda yang kecilnya tinggal di pedesaan tak akan asing dengan tanaman yang satu ini. Hal ini karena buahnya yang manis dan sangat enak untuk dimakan. Namun tahukah anda, jika daun ciplukan ini juga berkhasiat untuk menyembuhkan bisul secara alami.

Siapkan beberapa lembar daun ciplukan dan tumbuk sampai halus. Kemudian, tempelkan daun ciplukan yang sudah dihaluskan tersebut ke area bisul. Gunakan cara ini sebanyak 2 kali sehari sampai bisul sempuh.

21. Air Hangat dan Garam

Cara terakhir yang bisa anda coba adalah dengan menggunakan air hangat dan garam. Cara ini termasuk yang paling praktis untuk anda coba. Caranya, siapkan 1 gelas air hangat yang sudah ditambahkan garam secukupnya. Kemudian, oleskan ke bagian bisul dengan kapas secara berulang-ulang. Cara ini efektif untuk mengeluarkan nanah dari dalam bisul.

Tags: Bisul, Obat Bisul Alami

Kesehatan 3 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com