5 Cara Alami Menghilangkan Batu Ginjal

5 Cara Alami Menghilangkan Batu Ginjal

Ginjal adalah organ ekresi yang bentuknya seperti kacang. Sebagian dari sistem urin Ginjal berfungsi untuk menyaring kotoran dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Letaknya berada di kanan dan kiri tulang belakang, di bawah hati, dan limpa. 

Sedangkan batu ginjal adalah suatu kondisi ketika material keras yang berbentuk/menyerupai batu terbentuk di dalam ginjal. Biasanya material tersebut berasal dari sisa zat-zat limbah di dalam darah yang disaring oleh ginjal dan kemudian mengalami pengendapan dan mengkristal seiring berjalannya waktu.

Pada sebagian kasus penyakit batu ginjal dialami oleh orang pada usia sekitar 30-60 tahun. Diperkirankan 10 persen wanita dan 15 persen pria pernah mengalami penyakit ini selama mereka hidup.

Endapan batu di dalam Ginjal bisa disebabkan oleh makanan atau minuman atau masalah kesehatan lain yang mendasari. Selain itu dehidrasi tubuh pun menjadi salah satu faktor utama penyakit ini.

Untuk menyembuhkan batu ginjal salah satu jalan keluarnya adalah dengan cara operasi. Namun operasi untuk mengeluarkan batu ginjal biasanya beresiko dan butuh waktu lama untuk peneyembuhannya. Itulah alasan pendorong orang-orang mencari pengobatan yang lebih kecil resikonya.  Salah satu resiko penyembuhan batu ginjal ini yaitu dengan cara alami. Berikut beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah penyakit batu Ginjal:

1. Minum Banyak Air

Kebutuhan air harian pada orang normal pada umunya hanya sekitar 3,7 liter air untuk laki-laki dan 2,7 liter air untuk perempuan dan ini sudah termasuk kandungan air dari makanan dan minuman. Selain itu, cara yang paling mudah dan aman untuk memnuhi kecukupan air minum adalah dengan cara segera meminum air sekupnya setiap kali merasa haus. Dengan air yang cukup maka endapan yang terdapat dalam Ginjal akan larut dan ikut trbuang bersama urin.

2. Cuka Apel

Cuka Apel memiliki kandungan asam yang cukup kuat karena kandungan asam  di dalamnya adalah asam sitrat. Asam sitrat yang bersifat keras dapat melarutkan batu ginjal. Bisanya cuka apel selalu dikombinasikan dengan air untuk mengurangi kekerasannnya. Biasanya untuk mengatasi batu ginjal dapat dengan mencampurkan 2 sendok cuka apel dalam segelas air hangat yang diminum setiap hari.

3. Baking Soda

Selain cuka apel kandungan asam lainnya yang dapat mengatasi masalah bau ginjal adalah asam yang terkandung dalam baking soda. Karena asam yang terkandung dalam baking soda dapat mentralkan asam urat dari batu ginjal dan mengurangi ukurannya. Asam yang terkandung di dalam baking soda pun dapat  mengurangi perdangan ginjal dan saluran kemih. Campuran setengan sendok baking soda dapat membantu mengeluarkan batu ginjal secara alami.

4. Daun Semangi

Bisanya daun kemangi ini dimakan sebagai lalap. Aroma daunya yang khas, kuat namun lembut dengan sentuhan limau siapa sangka dapat menyembukan penyakit batu ginjal. Karena, diketahui bahwa daun kemangi mampu mendorong ginjal untuk mengeluarkan batu ginjal secara alami yang bertindak sebagai detoxifier dan mengurangi kadar asam urat di ginjal. Bisanya cara yang dilakukan untuk mengatasi masalah batu ginjal dengan daun kemanggi ini adalah dengan cara mencampukan daun kemanggi ini dengan satu sendok teh madu yang telah dihaluskan.

 


Tags: Mengobai Batu Ginjal, Mengatasi Batu Ginjal

Kesehatan 1 year ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com