7 Obat Rumahan Penghilang Rasa Sakit Gigi Sensitif Tanpa Ribet!

7 Obat Rumahan Penghilang Rasa Sakit Gigi Sensitif Tanpa Ribet!

7 Obat Rumahan Penghilang Rasa Sakit Gigi Sensitif  - Rasa sakit dari gigi sensitif memang sulit diungkapkan. Banyak orang membiarkan saja rasa sakitnya karena dianggap hanya terjadi saat mereka mengkonsumsi makanan panas dan dingin. Padahal, membiarkan rasa sakit hanya akan mengakibatkan peradangan dan infeksi di dalam gusi dan gigi, sehingga menimbulkan efek yang semakin besar dan parah. Selain mengadu sakit pada dokter gigi secara langsung, beberapa orang juga memilih mengobati rasa sakit di rumah mereka sendiri dengan bahan rumahan yang ada disekitar mereka.

Memeriksa gigi secara teratur ke tempat dokter gigi sama pentingnya dengan pemeriksaan kesehatan lainnya, terutama jika kita mulai mengalami sakit gigi setelah mengkonsumsi makanan atau minuman dingin. Selain pergi ke dokter gigi, ternyata ada beberapa pengobatan rumahan yang bisa dicoba.

Berikut 7 daftar obat rumahan untuk menghilangkan rasa sakit gigi: 

1. Pasta gigi desensitisasi

Pasta gigi desensitisasi mengandung senyawa yang membantu melindungi ujung saraf dari iritasi. Bahan yang paling aktif dalam pasta ini adalah kalium nitrat, senyawa yang menghalangi sinyal rasa sakit yang berpindah dari saraf di gigi ke otak kita.

Setelah beberapa kali digunakan, rasa sakit senditif kita akan berkurang. Dokter gigi juga merekomendasikan penggunaan sikat gigi dengan bulu yang halus dan obat kumur rendah asam atau fluoride.

2. Air garam

Garam adalah antiseptik efektif yang dapat membantu mengurangi peradangan di daerah gusi dan gigi. Untuk mengurangi gejala sakit dari gigi sensitif, berkumurlah dengan air garam dengan cara membilas sebanyak dua kali sehari. 

3. Obat hidrogen peroksida

Obat yang satu ini mudah ditemukan di apotik-apotik terdekat, tanpa harus menjumpai dokter gigi. Hidrogen peroksida adalah obat antiseptik ringan yang bertugas menghentikan infeksi. Obat ini biasanya digunakan untuk membantu mensterilkan luka agar mencegah infeksi. Kita juga dapat menggunakan peroksida sebagai obat kumur untuk menyembuhkan gusi dan mencegah peradangan. 

4. Madu dan air hangat

Selain lezat dan manis, ternyata madu juga mengandung antibakteri yang dapat digunakan sebagai pengontrol luka. Madu dapat membantu mempercepat penyembuhan, mengurangi rasa sakit, pembengkakan, dan peradangan. Semuanya diperoleh dengan cara membilas mulut dengan air hangat yang dicampur dengan sesendok madu.

5. Kunyit

Kunyit mengandung senyawa yang disebut curcumin, dikenal memiliki efek anti peradangan. Selain bagus dalam perawatan untuk pencernaan, kunyit juga berperan sebagai bahan yang membantu mempercepat penyembuhan luka. Untuk kesehatan mulut dan mengurangi rasa sakit dari gigi sensitif, kita bisa langsung menempelkan kunyit yang telah ditumbuk cukup sekali dan diganjal di gigi.

6. Teh hijau

Teh hijau adalah produk yang sudah lama dikenal karena manfaatnya bagi kesehatan. Daun beraroma ini telah digunakan sebagai obat pencegah kanker, menyehatkan jantung, antioksi an dan pencegah peradangan. Teh hijau juga dapat membantu kesehatan mulut. Untuk gigi sensitif, gunakan teh hijau tanpa pemanis sebagai obat kumur dua kali sehari untuk memperkuat gigi dan mengurangi peradangan.

7. Ekstrak vanila

Ekstrak vanila mengandung antiseptik yang dapat menghilangkan rasa sakit. Vanila banyak digunakan untuk mengobati rasa sakit saat bayi mulai tumbuh gigi.

Untuk merawat gigi sensitif, tuangkan ekstrak vanila ke dalam bola kapas. Selanjutnya, oleskan bola kapas ke gusi selama beberapa menit. Ulangi proses sesering yang diperlukan.

Bagaimana sahabat Vebma?, mudah dan murah solusinya kan?.

Tags: Kesehatan, Gigi, Sakit Gigi, Kesehatan Gigi, Obat Sakit Gigi Ampuh, Obat Sakit Gigi Alami

Kesehatan 3 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

0
Followers

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com