15 Bahaya Melakukan Sauna Bagi Kesehatan

15 Bahaya Melakukan Sauna Bagi Kesehatan

Sauna adalah terapi yang dilakukan di ruangan penuh uap bertujuan untuk mengeluarkan keringat. Terapi sauna sudah dilakukan selama ratusan tahun di Skandinavia, sauna dipercaya dapat memberikan efek baik pada kesehatan, yakni mengeluarkan racun dalam tubuh. Sauna juga dipercaya dapat membantu melangsingkan tubuh, dan bermanfaat meningkatkan sirkulasi darah.

Namun di balik dampak positif yang selama ini dipercaya banyak orang, sauna memiliki bahaya tersembuyi bagi kesehatan.

Berikut ini adalah bahaya sauna bagi kesehatan

1) Luka Bakar

15 Bahaya Melakukan Sauna Bagi Kesehatan
Luka bakar

Pada beberapa kasus kecelakaan yang melibatkan sauna, beberapa orang mengalami luka bakar pada tubuhny danmemerlukan rawat inap karena tidak kuat dengan uap panas yang dihasilkan dalam kamar sauna. Luka bakar juga dapat terjadi jika kulit bersentuhan langsung dengan alat pemanas yang digunakan untuk membuat uap panas pada kamar sauna.Tingkat luka bakar yang terjadi akibat bersentuhan dengan pemanas penghasil uap berkisar ringan hingga berat tergantung seberapa besar paparan panas yang didapatkan oleh kulit. Dalam kasus terburuk panasnya paparan uap dapat menembus semua lapisan kulit dan dapat menimbulkan pingsan.

2) Memicu Bulimia

15 Bahaya Melakukan Sauna Bagi Kesehatan
Memicu bulimia

Kebiasaan berdiam diri dalam ruang bersuhu tinggi dapat menyebabkan gangguan pada pola makan. Saat melakukan sauna, frekuensi air dalam tubuh akan berkurang dengan signifikan karena banyaknya keringat yang keluar dari tubuh. Berdasar laporan yang dirilis Departemen Psikiatri University of Minnesota Medical School pada 1991, empat belas pasien penderita bulimia yang mereka analisa diketahui secara teratur menghabiskan waktu yang lama di sauna dalam suhu tinggi. Bulimia adalah gangguan pola makan berupa memuntahkan kembali makanan yang sudah di telan.

3) Gangguan Pada Organ Reproduksi

15 Bahaya Melakukan Sauna Bagi Kesehatan
Gangguan pada organ reproduksi

Melakukan sauna ternyata dapat mengganggu dan mempengaruhi organ reproduksi, terutama pada pria, produksi sperma akan terganggu karena suhu tinggi dalam kamar sauna. Terganggunya produksi sperma terkait denganpeningkatan suhu pada testis. Peningkatan suhu pada testis akan memberikan dampak berkurangnya produksi sperma.

Sebuah studi melaporkan bahwa sauna dapat menurunkan tingkat produksi sperma dalam waktu seminggu setelah melakukan terapi sauna dan penurunan produksi soperma itu tidak kembali normal hingga lima minggu setelahnya.

4) Demam

15 Bahaya Melakukan Sauna Bagi Kesehatan
Demam

Kondisi ruangan sauna yang lembab dan memiliki suhu hangat bisa menjadi habitat yang sempurna untuk perkembangan organisme berbahaya. Pengguna sauna dalam kondisi tidak sehat dapat denagn mudah tertular organisme ini. The Journal of American Medical Association menyatakan bahwa melakukan terapi sauna secara teratur dapat menyebabkan mengigil, demam, kelelahan dan bisa berkembang menjadi sesak napas.

5) Dehidrasi

15 Bahaya Melakukan Sauna Bagi Kesehatan
Dehidrasi

Suhu panas dalam ruangan sauna dapat menyebabkan massivnya pengeluaran keringat dari dalam tubuh. Berlebihannya pengeluaran keringat dapat menyebabkan kehausan, dehidrasi dan rasa pusing.

6) Sakit kepala

15 Bahaya Melakukan Sauna Bagi Kesehatan
Sakit Kepala

Tekanan panas dalam kamar sauna yang perlahan meningkat dapat menyebabkan rasa sakit pada kepala. Jika ini terjadi, maka disarankan untuk segera keluar dari kamar sauna.

Baca Juga : 15 Bahaya Menelan Dahak bagi Kesehatan

7) Memicu Kelelahan Otot

15 Bahaya Melakukan Sauna Bagi Kesehatan
Memicu kelelahan otot

Terlalu lama dalam ruangan sauna dapat menimbulkan efek panas pada tubuh. Efek ini akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh salah satunya rasa lelah. Hal ini disebabkan oleh udara lembab di dalam ruangan sauna yang dapat mengurangi kemampuan kulit untuk mendinginkan tubuh. Kondisi tubuh yang panas karena tidak dapat didinginkan oleh keringat membuat asupan oksigen dalam darah terganggu sehingga pasokan oksigen ke seluruh tubuh terhambat. Hal ini akhirnya memicu munculnya rasa lelah karena kurangnya asupan oksigen, biasanya kondisi ini disebut dengan kelelahan otot.

8) Memicu Stroke

15 Bahaya Melakukan Sauna Bagi Kesehatan
Memicu Stroke

Berdiam diri dalam ruang sauna bersuhu tinggi terlalu lama dapat menyebabkan stroke panas, gejala awal yang muncul adalah mual, pusing dan rasa tak nyaman pada bagian dada. Jika gejala ini muncul disarankan untuk segera keluar dari ruang sauna.

9) Alergi

15 Bahaya Melakukan Sauna Bagi Kesehatan
Alergi

Kondisi ini tidak muncul pada semua orang, alergi dapat terjadi disebabkan beberapa hal, terutama sentuhan atau kontak langsung kulit dengan peralatan sauna di dalam kamar sauna.

10) Gangguan Pada Jantung

15 Bahaya Melakukan Sauna Bagi Kesehatan
Gangguan pada jantung

Penelitian yang dilakukan Harvard Health Publications, menyatakan bahwa sauna dapat menyebabkan peningkatan denyut nadi, memaksa organ jantung untuk memompa lebih banyak darah, yang sebagian besarnya dikirim ke bagian kulit. Hal tersebut dapat berpotensi mempengaruhi tekanan darah dalam tubuh. Kinerja jantung juga akan ikut terpengaruh sehingga dapat menimbulkan potensi gangguan pada jantung.

11) Peningkatan Suhu Tubuh

15 Bahaya Melakukan Sauna Bagi Kesehatan
Peningkatan suhu tubuh

Tubuh sebenarnya memiliki sistem pendingin internal untuk menjaga suhu tubuh agar tetap pada tingkat yang aman. Saat tubuh mendapatkan suhu panas yang ekstrim seperti di dalam sauna, akan menyebabkan sistem pendingin tubuh kelebihan beban. Peningkatan suhu tubuh yang melebihi batas aman akan menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan.

12) Kesulitan Bernapas

15 Bahaya Melakukan Sauna Bagi Kesehatan
Kesulitan bernapas

Udara panas dalam sauna dapat menyebabkan timbulnya rasa kesulitan bernapas bagi penderita asma. Jika kondisi ini diteruskan dapat menyebabkan masalah sesak napas yang akut dan parah.

13) Pemicu Syok Hipovolemik

15 Bahaya Melakukan Sauna Bagi Kesehatan
Pemicu syok hipovolemik

Syok Hupovolemik merupakan kombinasi dari penurunan tekanan darah dan dehidrasi. Kondisi ini terjadi saat volume darah dan tekanan darah menjadi sangat rendah sehingga jaringan tubuh tidak bisa mendapatkan oksigen yang dibutuhkan. Pusing dan mual menjadi gejala awal syok ini. Disarankan untuk tidak berlama lama di dalam sauna dan konsultasikan terlebih dahulu kondisi tubuh pada dokter sebelum melakukan sauna.

14) Penurunan Tekanan Darah

15 Bahaya Melakukan Sauna Bagi Kesehatan
Penurunan tekanan darah

Suhu tinggi di dalam ruangan sauna dapat melebarkan pembuluh darah pada bagian kulit. Pelebaran pembuluh darah ini menyebabkan efek penarikan darah ke permukaan tubuh. Saat terjadi pelebaran pembuluh darah, tekanan darah otomatis akan mengalami penurunan. Bagi penderita hipertensi hal ini sangat berbahaya dan dapat menimbulkan efek seperti pusing dan pingsan karena terlalu rendahnya tekanan darah.

15) Gangguan Janin Dalam kandungan

15 Bahaya Melakukan Sauna Bagi Kesehatan
Gangguan janin dalam kandungan

Wanita hamil disarankan untuk tidak melakukan sauna, karena suhu tinggi di dalam ruang sauna dapat memicu hipertermia atau meningkatnya suhu tubuh secara tiba-tiba. Hal tersebut dapat beresiko mengganggu janin di dalam kandungan. Hipertemia dapat menyebabkan bayi lahir dalam keadaan cacat.

Demikianlah ulasan mengenai 15 bahaya melakukan sauna untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Tags: Bahaya Sauna, Sauna

Kesehatan 3 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com