23 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami dan Tanpa Catok

23 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami dan Tanpa Catok

Cara Meluruskan Rambut Alami - Bagi seorang wanita rambut itu adalah salah satu mahkota yang paling berharga. Tak heran jika banyak sekali wanita yag rela menghabiskan uang dan juga waktunya hanya untuk mendandani rambutnya agar selalu cantik dan sehat.

Mungkin karena ini jugalah hampir setiap hari, terutama di akhir pekan salon-salon kecantikan selalu penuh dengan wanita-wanita yang ingin mempercantik dan juga meluruskan rambutnya. Namun cara ini jelas memakan biaya yang tak sedikit. Apalagi jika rambut anda panjang, sudah jelas biayanya akan lebih mahal.

Tetapi jika anda berencana meluruskan rambut sendiri di rumah tanpa harus capek-capek ke salon. Berikut kami bagikan beberapa cara untuk meluruskan rambut secara alami dan sehat. Yuk simak 23 cara meluruskan rambut secara alami berikut ini.

1. Air Santan dan Buah Lemon

Salah satu cara alami untuk meluruskan rambut dengan harga terjangkau adalah dengan mengkombinasikan air santan dan juga air buah lemon. Seperti diketahui jika air santan memang memiliki kandungan yang sangat baik untuk meluruskan rambut.

Sedangkan buah lemon juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan pastinya juga sangat bagus untuk kesehatan rambut. Caranya, siapkan air santan kelapa segar secukupnya dan 1 sendok makan air jeruk lemon.

Kemudian campurkan kedua bahan ini sampai merata. Lalu oleskan ke rambut sampai merata. Diamkan selama setengah jam dan bilas dengan shampo. Lakukan cara ini secara rutin minimal 1 kali dalam seminggu.

2. Buah Pepaya

Pepaya juga merupakan buah-buahan yang sangat bagus untuk digunakan meluruskan rambut secara alami. Terlebih jika rambut anda sedikit keriting, bahan yang satu ini sangat disarankan. Caranya, tumbuk buah pepaya sampai halus. Kemudian campurkan 1 sendok makan madu dan simpan ke dalam kulkas.

Jika sudah dingin, selanjutnya oleskan ramuan tersebut ke seluruh rambut sampai merata. Setelah itu diamkan selama 1 jam sampai ramuan meresap sempurna ke dalam rambut. Terakhir, bilas rambut menggunakan shampoo dan air bersih. Lakukan cara ini minimal satu kali dalam seminggu dan anda pun akan langsung melihat perbedaannya.

3. Cuka Apel

Selain bisa digunakan untuk mengobati masalah kesehatan seperti sariawan. Cuka apel ternyata juga memiliki kandungan yang sangat baik bagi kesehatan rambut. Hal ini karena cuka apel memiliki khasiat untuk menstimulasi rambut. Sehingga rambut hitam anda pun akan semakin hitam dan lebat.

Cara menggunakan cuka apel untuk meluruskan rambut adalah dengan mencampurkannya ke masker pepaya yang sudah dijelaskan di poin no 2. Cara ini jelas bisa menjadi lebih maksimal, karena mencampurkan beberapa bahan yang sangat bagus untuk kesehatan rambut.

4. Air Santan Kelapa

Bahan lain yang terkenal sangat efektif untuk meluruskan rambut adalah air santan kelapa. Namun air santan kelapa ini bukanlah dari kelapa muda melainkan dari kelapa yang sudah tua. Sehingga kualitasnya pun bisa terjamin.

Caranya, siapkan daging kelapa yang sudah berumur. Lalu parut dan peras air santannya. Selanjutnya, siapkan wadah dan tambahkan jeruk nipis beserta madu ke dalamnya. Oleskan ramuan ini ke seluruh bagian rambut. Terakhir, bilas dengan shampo dan air bersih.

5. Minyak Jarak

Untuk anda yang memiliki rambut keriting namun ingin meluruskannya. Minyak jarak inilah yang sangat cocok untuk anda gunakan. Selain bisa untuk meluruskan, minyak jarak ini juga bisa membuat rambut anda menjadi lebih lembut dan berkilau.

Caranya, siapkan minyak kelapa secukupnya dan 1 sendok makan minyak jarak. Siapkan juga wadah, lalu campurkan keduanya hingga merata. Kemudian rebus beberapa menit sampai hangat. Setelah itu, oleskan ke seluruh permukaan rambut sampai merata.

Berikan pijatan lembut selama 15 menit dan diamkan selama setengah jam. Terakhir, bilas dengan menggunakan shampo yang tidak berbahan sulfat.

6. Minyak Zaitun

Selain bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti serangan jantung. Minyak zaitun ini juga memiliki banyak kandungan penting untuk meluruskan rambut. Dengan rutin memakai minyak zaitun ini rambut anda pun akan semakin lembut dan halus.

Caranya, siapkan minyak zaitun dan daun rosemary kering. Lalu rebus beberapa menit, tapi jangan sampai mendidih karena ini bisa merusak kualitasnya. Setelah itu, masukkan daun rosemary kering yang sudah dihaluskan ke dalamnya.

Jika sudah, kemudian oleskan ramuan ini ke seluruh permukaan rambut dengan sambil dipijat-pijat. Diamkan selama setengah jam dan bilas dengan shampo. Terakhir, balut dengan handuk yang sudah dihangatkan dan biarkan sampai mengering.

7. Lidah Buaya

Cara alami lainnya untuk meluruskan rambut dan mudah sekali untuk didapatkan adalah lidah buaya. Jika mungkin di tempat tinggal anda tidak memiliki lidah buaya ini. Kami sarankan untuk mencarinya di rumah kerabat atau teman anda. Karena lidah buaya ini banyak sekali peminatnya.

Cara untuk menggunakannya, yakni dengan mengambil lendir lidah buaya dan mencampurnya dengan masker rambut yang biasa anda gunakan. Kemudian oleskan ramuan lidah buaya ini dan diamkan selama hampir 1 jam. Terakhir, anda tinggal membilasnya dengan air bersih.

8. Minyak kedelai

Kedelai merupakan bahan utama dalam pembuatan kecap dan juga tempe. Namun selain itu, minyak kedelai juga memiliki kandungan omega-3 tinggi yang sangat bagus bagi kesehatan rambut. Caranya, siapkan minyak jarak dan minyak kedelai secukupnya.

Lalu campurkan kedua bahan tersebut sampai merata. Oleskan ke seluruh permukaan rambut dan pijat lembut selama beberapa menit. Diamkan beberapa menit dan bilas dengan air bersih.

9. Buah Pisang

Tak hanya cocok digunakan sebagai bahan untuk membuat makanan. Buah yang satu ini juga memiliki khasiat yang bagus untuk meluruskan rambut. Caranya, siapkan 1 buah pisang dan 1 buah pepaya. Kemudian hancurkan kedua bahan ini sampai halus hingga berbentuk pasta. Terakhir, anda tinggal mengoleskannya ke rambut dan membilasnya dengan air dingin.

10. Madu

Untuk bahan yang satu ini jelas tidak diragukan lagi kualitasnya. Karena madu ini memang sangat cocok sekali untuk digunakan terhadap berbagai macam masalah kesehatan. Dan tak terkecuali untuk meluruskan rambut yang keriting.

Caranya, cukup oleskan madu ke seluruh bagian rambut dan pijat halus sampai meresap. Diamkan beberapa jam dan bilas dengan menggunakan air hangat.

11. Minyak Almond

Bahan yang satu ini memang cukup sulit untuk didapatkan. Namun jika anda memilikinya tak ada salahnya untuk mencobanya untuk meluruskan rambut. Caranya, cukup teteskan minyak almond ini ke masker rambut buatan anda. Lalu usapkan ke seluruh bagian rambut. Selain meluruskan, minyak almond ini juga sangat efektif untuk membuat rambut anda semakin hitam dan berkilau.

12. Jeruk Nipis dan Santan

Salah satu kombinasi bahan alami yang paling efektif untuk meluruskan rambut adalah perpaduan antara jeruk nipis dan santan. Caranya juga sangat mudah, yakni dengan mencampurkan kedua bahan tersebut sampai merata dan menyapukanya ke seluruh permukaan rambut.

Lalu bilas dengan air dingin dan shampo. Namun perlu diingat, untuk ramuan ini tidak disarankan untuk sering-sering dilakukan. Karena pemakaian yang terlalu sering juga beresiko mengganggu produksi minyak dalam rambut.

13. Telur dan Yogurt

Kombinasi bahan alami lainnya yang tak kalah efektif adalah perpaduan telur dan yoghurt. Cara ini sengaja dilakukan demi mengurangi bau amis yang terdapat dalam telur. Cara menggunakannya, cukup campurkan kedua bahan tersebut sampai merata.

Jika sudah, lalu usapkan ke seluruh permukaan rambut dengan sambil dipijat lembut. Terakhir, bilas dengan air bersih dan shampo yang tidak mengandung bahan sulfat.

14. Daun Seledri

Bahan yang satu ini tentu tak asing untuk anda yang hobi memasak. Karena memang, daun seledri ini sangat sering sekali dipakai sebagai bahan campuran pada beberapa masakan. Daun seledri ini juga cocok sekali untuk anda yang tidak ingin repot dan ingin segera meluruskan rambut.

Caranya juga mudah, anda hanya perlu membuat jus daun seledri. Setelah itu simpan ke dalam kulkas selama satu malam. Jika sudah, lalu usapkan ke seluruh rambut dan diamkan selama satu malam sampai meresap. Terakhir, anda hanya tinggal menyisirnya dan menutupnya kembali selama 1 hari.

15. Jeruk Nipis

Jika pada poin sebelumnya, jeruk nipis dipadukan dengan air santan. Namun cara kali ini, jeruk nipis akan digunakan dengan tidak mencampurkan bahan-bahan apapun. Caranya hampir sama, cukup peras air jeruk nipis. Lalu oleskan ke seluruh rambut hingga merata. Terakhir, bilas dengan menggunakan air bersih dan shampo.

16. Yogurt

Jika biasanya yogurt dipakai untuk konsumsi sehari-hari. Namun kali ini kita akan memakai yogurt untuk meluruskan rambut secara alami. Caranya, anda cukup menggunakan yogurt sebagai masker pada rambut. Dengan rutin memakai yogurt ini, rambut anda akan semakin sehat dan berkilau.

17. Telur dan Susu

Satu lagi perpaduan bahan alami yang tidak boleh anda lewatkan untuk meluruskan rambut yakni dengan menggunakan telur dan susu. Caranya hampir sama, anda hanya perlu membuat masker dari kedua bahan tersebut dan mengaplikasikannya langsung ke rambut. Cara ini terbilang cukup efektif dan tidak memakan banyak waktu.

18. Minyak Kemiri

Minyak yang satu ini merupakan salah satu minyak favorit penulis saat masih kecil. Wanginya yang khas membuat minyak kemiri ini sangat cocok untuk digunakan ke rambut. Dengan rutin memakai minyak kemiri, maka rambut anda pun akan semakin lurus. Selain itu, rambut anda pun akan semakin hitam dan lebat.

19. Air Dingin

Mungkin anda tidak mengira jika air dingin juga cukup ampuh untuk digunakan meluruskan rambut. Namun jangan salah, sebab salah satu keberhasilan anda untuk meluruskan rambut ini juga tak lepas dari penggunaan air dingin.

Karena jika tidak menggunakan air dingin, maka hasil pelurusan rambut anda pun tidak akan maksimal. Hal ini karena air dingin bisa membantu membekukan kondisioner yang anda gunakan. Sehingga rambut pun bisa menjadi lurus dan sehat.

20.  Tepung Beras

Jika anda sedang berniat untuk meluruskan rambut. Bahan yang satu ini tentu jangan sampai dilupakan. Karena untuk bahan yang satu ini hasilnya bisa dibilang sudah terbukti dan mampu meluruskan rambut secara permanen.

Caranya, siapkan tepung beras dan putih telur. Kemudian siapkan wadah dan campurkan kedua bahan tersebut hingga menjadi masker. Selanjutnya, usapkan ke seluruh rambut dengan menggunakan sisir. Setelah itu, diamkan beberapa jam dan bilas dengan air dingin.

21. Minyak Argan

Mungkin anda masih asing pada minyak yang satu ini. Namun jika di daerah anda terdapat minyak argan. Tak ada salahnya untuk menggunakannya sebagai obat alami meluruskan rambut. Caranya, usapkan minyak argan ke seluruh permukaan rambut dengan sambil dipijat lembut.

Lalu bilas dengan menggunakan air bersih. Saran, lakukan cara ini sesaat sebelum anda tidur malam untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

22. Susu Murni

Jika biasanya susu digunakan sebagai konsumsi sehat setiap hari. Namun kali ini anda bisa juga menggunakannya sebagai obat alami untuk meluruskan rambut. Caranya, siapkan satu gelas susu segar dan air bersih secukupnya.

Lalu campurkan kedua bahan sampai merata dan usapkan ke seluruh permukaan rambut. Selanjutnya, diamkan selama beberapa jam dan bilas dengan shampo. Terakhir, diamkan dan keringkan handuk.

23. Jangan Mengikat Rambut

Terakhir, dari semua cara yang sudah dijelaskan di atas tak ada artinya jika anda masih memiliki kebiasaan untuk mengikat rambut. Hal ini memang terdengar sepele, namun dampaknya jelas akan membuat anda kecewa. Terlebih jika anda sedang dalam program untuk meluruskan rambut. Mengikat rambut merupakan pantangan yang sangat tidak boleh untuk dilakukan.

Demikian artikel tentang 23 cara meluruskan rambut secara alami dan benar. Semoga cara-cara di atas dapat bermanfaat untuk semua orang yang sedang dalam program meluruskan rambut. Selamat mencoba!

Tags: Rambut, Meluruskan Rambut

Kesehatan 3 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com