22 Cara Memutihkan Gigi Dengan Mudah Dan Alami

Kesehatan 2 months ago
22 Cara Memutihkan Gigi Dengan Mudah Dan Alami

Cara Memutihkan Gigi Dengan Mudah Dan Alami - Banyak permasalahan gigi yang bisa saja dialami oleh seseorang. Hal ini seringkali diakibatkan oleh pola menjaga kesehatan gigi yang tidak teratur, salah satunya adalah malas menyikat gigi dengan rutin atau tidak menyikat gigi di pagi hari dan malam sehabis makan.

Akibatnya gigi kekuningan dan terlihat kotor pun bisa jadi ancaman yang serius bagi diri anda. Bukan hanya kotor, namun gigi kekuningan juga akan menurunkan rasa percaya diri anda ketika berada di depan orang lain. Belum lagi kalau gigi kuning anda mengeluarkan bau yang tidak sedap, tentu akan sangat menjengkelkan dan akan berusaha untuk mengobatinya.

Berbagai macam cara akan ditempuh oleh seseorang untuk memutihkan gigi, termasuk pergi konsultasi dan berobat ke dokter khusus kesehatan gigi. Saat pergi ke dokter, tentu akan diberikan obat - obatan kimia yang bisa saja kurang cocok untuk gigi anda, atau memberikan efek samping. Nah, untuk itu ada baiknya agar anda mencoba 22 Cara Memutihkan Gigi Dengan Mudan Dan Alami berikut ini.

1. Menyikat Gigi Dengan Rutin

Cara Memutihkan Gigi
Menyikat Gigi

Menyikat gigi sebaiknya dilakukan minimal 2 kali dalam sehari secara rutin dan teratur. Hal ini bertujuan untuk mencegah gigi menguning dan berbagai macam penyakit gigi lainnya. Ada baiknya bagi anda agar menyikat gigi setiap pagi sehabis sarapan dan malam sebelum tidur. Namun apabila gigi sudah sempat menguning, maka harus dibutuhkan pasta gigi khusus untuk menyikat gigi.

2. Menggunakan Siwak

Cara Memutihkan Gigi
Siwak

Siwak telah lama digunakan untuk keperluan membersihkan gigi agar terlihat lebih alami dan putih. Caranya adlah dengan mengambil bagian batang atau akar tanaman siwak, lalu menghaluskanya sampai menjadi bubuk. Bubuk ini keudian bisa anda campurkan dengan sedikit air dan mengoleskannya pada gigi yang sudah menguning. Lakukan perawatan ini dengan rutin setidaknya 2 kali dalam seminggu untuk memberikan hasil yang maksimal.

3. Menggunakan Kulit Jeruk

Cara Memutihkan Gigi
Kulit jeruk

Ternyata kulit juga sangat ampuh untuk memutihkan gigi dengan alami. Hal ini disebabkan jeruk memiliki kandungan kimiawi yang baik untuk gigi. Caranya adalah dengan bagian dalam kulit jeruk dan menggosokkannya pada bagian gigi yang menguning. Lakukan setiap hari dengan rutin dan gigi anda akan perlahan - lahan memutih tanpa efek samping.

4. Menggunakan Baking Soda

Cara Memutihkan Gigi
Baking soda

Walaupun bahan yang satu ini merupakan bahan untuk membuat kue, namun ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk memutihkan gigi dengan cara alami dan aman. Caranya adalah dengan mencampurkan sedikit baking soda pada pasta gigi, dan menggunakanya untuk sikat gigi. Anda juga bisa menggunakan baking soda untuk menyikat gigi secara langsung, namun setelah menyikat gigi dengan pasta gigi terlebih dahulu.

5. Menggunakan Garam

Cara Memutihkan Gigi
Garam

Cara memutihkan gigi selanjutnya adalah dengan menggunakan garam dapur yang tentu saja akan sangat mudah kita temui dan murah. Caranya adalah denan mengoleskan garam pada gigi yang menguning. Walaupun tentu akan merasa sangat asin, namun sebaiknya tahankan sebentar untuk memberikan efek yang lebih maksimal. Setelah itu, anda bisa membersihkan gigi dengan menggunakan air dingin.

6. Menggunakan Arang Kayu

Cara Memutihkan Gigi
Arang kayu

Sebagian orang mungkin merasa aneh dengan cara memutihkan gigi yang menggunakan arang kayu. Namun ternyata khasiatnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Caranya adalah dengan menghaluskan arang kayu secukupnya, lalu gunakan untuk menggosok gigi dengan perlahan. Setelah itu, gunakan air untuk berkumur dan membersihkan sisa arang kayu dari mulut.

7. Menggunakan Stroberi

Cara Memutihkan Gigi
Stroberi

Selain enak, ternyata stroberi juga dapat memutihkan gigi dan memudarkan warna kuning dari gigi. Caranya adalah haluskan buah stroberi terlebih dahulu, kemudian gosokkan pada gigi dengan rutin setiap harinya. Efek whitening pada buah stroberi akan bekerja untuk memutihkan gigi kuning anda.

8. Menggunakan Biji Pinang

Cara Memutihkan Gigi
Biji pinang

Biji Pinang ternyata bisa digunakan untuk memutihkan gigi dengan cara yang sangat mudah dan murah tentunya. Caranya adalah dengan membakar buah pinang hingga hangsu, kemudian menghaluskannya sampai lembut. Ramuan biji pinang ini kemudian bisa anda gunakan dan gosokkan pada gigi yang  menguning dengan menggunakan sabut pinang atau kain halus yang bersih.

9. Menggunakan Minyak Kelapa

Cara Memutihkan Gigi
Minyak kelapa

Minyak kelapa seringkali digunakan untuk menghitamkan rambut, namun ternyata bisa juga digunakan untuk memutihkan gigi. Caranya adalah dengan menyiapkan 1 sendok minyak kelapa, kemudian mengoleskannya pada gigi yang sudah menguning dan meratakanya. Biarkan selama 10-15 menit, lalu kemudian bilas menggunakan air bersih. Selanjutnya anda bisa menggosok gigi seperti biasanya.

10. Menggunakan Daun Salam

Cara Memutihkan Gigi
Daun salam

Daun salam juga bisa digunakan sebagai cara memutihkan gigi yang alami dan ampuh. Daun salam yang memiliki banyak kandungan berpotensi untuk memutihkan gigi. Caranya adalah dengan menjemur daun salam sampai kering, lalu kemudian menumbuknya hingga halus, lalu diayak. Campurkan hasil ayakan daun salam dengan sedikit air, lalu gunakan untuk menggosok gigi seperti menggosok gigi seperti biasanya.

11. Menggunakan Lemon

Cara Memutihkan Gigi
Lemon

Lemon memang bisa digunakan untuk memutihkan gigi secara alami, namun usahakan dengan porsi yang pas dan jangan sampai berlebihan. Caranya adalah dengan mengambil air perasan lemon, kemudian mencampurkannya dengan garam. Aduk kedua bahan ini hingga membentuk adonan, lalgu gunakan untuk mengosok gigi sebagaimana biasanya. Setelah selesai, anda bisa membersihkan mulut dengan menggunakan air dingin.

Baca Juga : 23 Cara Menghilangkan Komedo Dengan Mudah Dan Alami

12. Menggunakan Kulit Pisang

Cara Memutihkan Gigi
Kulit pisang

Anda hanya membutuhkan kulit pisang saja untuk memutihkan gigi, tidak dengan pisangnya. Caranya adalah dengan menggosok - gosokkan kulit pisang pada gigi selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu, biarkan selama 5 menit dan barulah kemudian anda bisa menggosok gigi seperti biasanya menggunakan pasta gigi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, usahakan melakukan dengan rutin dan minimal 2 minggu.

13. Cuka Apel

Cara Memutihkan Gigi
Cuka apel

Cuka apel berfungsi untuk membunuh bakteri yang berada di mulut. Bakteri inilah yang dapat menyebabkan karies pada gigi dan menyebabkan gigi menguning. Caranya adalah dengan melarutkan cuka apel dengan setengah gelas air bersih, lalu menggunakanya untuk berkumur selama kurang lebih 1 menit saja. Setelah selesai, pakai air untuk berkumur dan membersihkan gigi dan sikatlah gigi anda menggunakan pasta gigi biasa.

14. Menggunakan Susu

Cara Memutihkan Gigi
Susu

Selain berguna untuk kesehatan yang baik untuk tulang, ternyata susu juga memiliki manfaat penting untuk memutihkan gigi. Kandungan mineral dan kalsium pada susu akan berguna untuk proses pembentukan gigi yang kuat. Caranya juga sangat mudah, anda hanya perlu mengonsumsi susu dengan rutin setiap harinya, maka secara perlahan gigi menguning akan berubah dengan gigi putih.

15. Menggunakan Daun Mimba

Cara Memutihkan Gigi
Daun mimba

Mungkin masih banyak orang yang tidak kenal dengan tanaman yang satu ini. Namun ternyata daun mimba yang berbentuk spiral bisa anda gunakan untuk memutihkan gigi kuning anda. Caranya adalah dean mengekstrak daun mimba hingga menghasilkan minyak mimba. Minyak mimba ini kemudian bisa anda campurkan dengan pasta gigi dan mennggunakanya untuk menggosok gigi seperti biasanya. Lakukan perawatan ini setidaknya 2 kali dalam sehari untuk memberikan hasil yang maksimal.

16. Menggunakan Sayuran Mentah

Cara Memutihkan Gigi
Wortel

Memang harus diakui kalau tidak semua sayuran bisa dimakan dan dikunyah dalam keadaan mentah. Namun anda bisa memilih mengunyah tomat dan wortel untuk memutihkan gigi anda. Hanya dengan mengunyahnya selama beberapa menit setiap harinya, maka anda akan mendapatkan gigi putih yang bersih. Ingat, anda hanya perlu mengunyahnya tanpa memakanya. Namun kalau anda juga ingin memakanya, maka hal tersebut tidak akan jadi masalah.

17. Menggunakan Jahe

Cara Memutihkan Gigi
Apel

Jahe memang merupakan bahan yang sering digunakan sebagai bumbu makanan, namun ternyata juga memiliki manfaat untuk memutihkan gigi yang menguning. Caranya adalah anda hanya perlu memarut jahe, lalu kemudian menggosokkannya pada gigi yang sudah menguning. Ada baiknya agar anda menahan waktu selama 3 menit untuk menggosok gigi menggunakan jahe tersebut. Sesudahnya, anda bisa membersihkan gigi dengan menggunakan air dingin.

18. Menggunakan Apel

Cara Memutihkan Gigi
Apel

Banyak sayuran yang bisa digunakan untuk memutihkan gigi, namun apel bukan hanya memutihkan, tetapi juga dapat membunuh bakteri yang menyebabkan bau pada mulut. Selain itu, ternyata apel juga dapat menyehatkan gusi dan membersihkannya. Caranya adalah anda hanya perlu mengonsumsi apel dengan rutin setiap harinya, dan gigi anda akan memutih secara perlahan.

19. Menggunakan Permen Karet

Cara Memutihkan Gigi
Permen karet

Permen karet memang mengandung gula yang tentunya tidak akan baik buat kesehatan gigi. Untuk itu, anda harus menggunakan permen karet yang tidak menggunakan atau tidak mengandung gula untuk memutihkan gigi anda. Caranya, anda cukup dengan mengunyah permen karetnya saja dalam waktu yang cukup lama. Anda juga bisa mengunyah permen karet di sela - sela aktivitas anda dan tidak akan mengganggu. Namun ingat, hanya permen karet yang tidak mengandung gula.

20. Menggunakan Minyak Cengkeh

Cara Memutihkan Gigi
Minyak cengkeh

Cengkeh banyak mengandung zat, diantaranya adalah minyak atsiri, eugenin, asam oleanolat, asam galatanat, dan vanilin. Semua unsur zat ini sangat berguna untuk memutihkan gigi, khusunya gigi yang sudah menguning. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak cengkeh secara merata pada gigi sesaat sebelum anda menggosok gigi seperti biasanya. Setelah dirasa merata, maka anda bisa menggosok gigi dengan menggunakan pasta gigi biasa.

21. Menggunakan Air Hangat

Cara Memutihkan Gigi
Air hangat

Memutihkan gigi dengan menggunakan air hangat sangatlah mudah. Anda hanya perlu menambahkan garam pada air hangat, lantas rendam sikat gigi anda selama kurang lebih 5 menit pada cairan tersebut. Selanjutnya anda bisa menggunakan sikat gigi tadi untuk menggosok gigi seperti biasanya dengan menggunakan pasta gigi biasa. Sisa campuran air garam tadi bisa anda gunakan untuk berkumur selama kurang lebih 5 menit, lalu bilas mulut dengan menggunakan air bersih.

22. Menggunakan Coklat Hitam

Cara Memutihkan Gigi
Coklat hitam

Mungkin selama ini kita berpikir kalau coklat memang banyak menyebabkan gigi sakit dan menguning, serta berlubang. Hal itu memang benar adanya, dan memang bisa menyebabkan gigi rusak. Maka dari itu, untuk memutihkan gigi, anda harus memerlukan coklat hitam dan rendah gula. Anda bisa mengunyah coklat hitam atau menggosokkanya pada mulut sesaat sebelum sikat gigi seperti biasanya. Anda tidak percaya? silahkan buktikan sendiri khasiatnya.

Gigi menguning memang sangat menyebalkan dan membuat kita tidak percaya diri. Untuk itu jangan  biarkan sampai gigi anda menguning, dan lakukan pencegahan agar gigi anda tidak sampai menguning. Ada pepatah yang mengatakan kalau "mencegah lebih mudah daripada mengobati". Namun kalau gigi sudah terlanjur menguning, maka ada baiknya bagi anda agar mencoba 22 Cara Memutihkan Gigi Dengan Mudah Dan Alami diatas tadi, semoga bermanfaat.

Tags: Sehat, Tips Kesehatan, Memutihkan Gigi, Cara Memutihkan Gigi, Gigi, Obat Alami, Obat Herbal

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com