22 Cara Mengobati Sariawan Secara Alami dan Cepat Sembuh

22 Cara Mengobati Sariawan Secara Alami dan Cepat Sembuh

'Kata.co.id | Cara Mengobati Sariawan- Sariawan merupakan sebuah peradangan yang terjadi di dalam rongga mulut. Dan biasanya sariawan ini ditandai dengan beberapa gejala seperti pecah-pecah pada bagian bibir dan juga panas dalam.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang bisa terkena sariawan diantaranya seperti virus, bakteri, dan juga jamur. Orang yang sedang mengalami sariawan juga cenderung sangat kesulitan saat mengkonsumsi makanan terutama makanan yang pedas.

Hal ini karena, sariawan bisa menyebabkan rasa nyeri saat tersentuh makanan. Karena ini jugalah, terkadang seseorang yang mengalami sariawan akan mengalami penurunan nafsu makan. Dan jika tidak segera ditangani ini jelas akan sangat menyiksa. Untuk anda yang saat ini sedang mengalaminya. Berikut kami bagikan 22 cara mengobati sariawan secara alami.

1. Ekstrak Biji Anggur

Salah satu cara alami untuk mengobati sariawan adalah dengan mengkonsumi ekstrak biji anggur. Ini karena di dalam ekstrak biji anggur mengandung beberapa senyawa penting yang bisa membunuh virus dan juga bakteri berbahaya dalam tubuh.

Caranya, cukup siapkan 10 tetes ekstrak biji dan 30 ml air destilasi. Setelah itu campurkan keduanya sampai merata. Selanjutnya anda cukup mengoleskannya pada bagian mulut yang sedang terkena sariawan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal anda bisa menambahkan hingga 20 tetes ekstrak biji anggur.

2. Asam Jawa

Asam jawa ini biasanya sering sekali dipakai sebagai bumbu pelengkap pada masakan. Namun selain itu, asam jawa ini ternyata cukup ampuh untuk mengatasi sariawan. Caranya, rebus asam jawa secukupnya beserta 4 gelas air hingga hanya tersisa 2 gelas saja. Jika sudah dingin, anda bisa meminumnya secara rutin setiap 2 kali sehari.

3. Baking Soda

Cara yang satu ini juga merupakan salah satu bahan penting untuk membuat kue. Namun kali baking soda bukan dipakai untuk mengembangkan kue. Melainkan untuk mengobati sariawan secara alami. Mungkin anda merasa heran, apakah benar baking soda ini ampuh untuk mengobati sariawan?

Jawabannya, jelas sangat ampuh. Ini karena baking soda memiliki beberapa kandungan yang berfungsi untuk membunuh mikroorganisme dan bakteri berbahaya dalam tubuh. Caranya, cukup siapkan 1 sendok baking soda beserta 10 ml air bersih. Setelah itu aduk keduanya sampai merata dan berbentuk pasta.

Terakhir, anda bisa mengoleskannya ke seluruh bagian mulut sampai mengering. Setelah itu, berkumurlah sampai baking soda tak tersisa lagi.

4.Tanaman Adas

Tanaman khas Nusantara yang memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan salah satunya ya tanaman adas. Selain bisa digunakan untuk mengobati amandel, tanaman adas ini juga bisa untuk digunakan sebagai obat alami sariawan.

Caranya, siapkan beberapa bahan seperti 1 sendok teh adas, 2 biji kapulaga, dan 1 cangkir daun beluntas. Kemudian hancurkan semua bahan tersebut sampai halus. Jangan lupa juga untuk menambahkan sedikit garam ke dalamnya.

Setelah itu, seduh bahan tersebut dengan air panas dan diamkan sampai dingin. Minum ramuan ini secara rutin setiap hari sampai sariawan hilang dan sembuh. Namun perlu diingat, dalam penggunaannya jangan langsung ditelan. Melainkan dikumur terlebih dahulu, setelah itu anda boleh menelannya.

5. Susu Hangat dan Minyak Jarak

Cara alami lainnya untuk mengobati sariawan adalah dengan menggunakan minyak susu hangat dan minyak jarak. Caranya cukup mudah, siapkan satu gelas susu hangat dan satu sendok makan minyak jarak. Lalu campurkan keduanya sampai merata. Minum ramuan tersebut scara rutin setiap akan tidur malam.

6. Mentimun

Jika biasanya mentimun dipakai sebagai lalapan pada makanan atau masker pada wajah. Namun kali ini cukup berbeda, karena mentimun juga bisa digunakan untuk menyembuhkan sariawan. Caranya sangat mudah, siapkan 2 mentimun segar yang sudah dicuci bersih. Lalu iris-iris dan makan sampai habis. Lakukan cara ini setiap hari sampai sariawan tersebut sembuh total.

7. Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga termasuk bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati sariawan. Hal ini karena minyak kelapa memiliki kandungan yang sangat baik untuk membasmi virus dan bakteri. Caranya, siapkan minyak kelapa dan air hangat secukupnya. Setelah itu, berkumurlah dengan air hangat beberapa kali.

Terakhir, oleskan minyak kelapa ke bagian mulut yang terkena sariawan. Diamkan beberapa menit dan kumur kembali dengan air hangat. Lakukan cara ini setiap hari sampai sariawan sembuh total.

8.Daun Jambu Biji

Jika biasanya daun jambu biji ini digunakan sebagai obat alami pada amandel dan juga diare. Kali ini daun jambu biji juga bisa digunakan untuk mengobati sariawan. Caranya, cukup sediakan satu genggam daun jambu biji dan satu potong kulit pada bagian batangnya. Setelah itu rebus dengan air bersih sampai hanya tersisa sedikit air. Jika sudah dingin, minumlah dan ulangi lagi besoknya sampai sariawan sembuh.

9. Cuka Apel

Bahan yang satu ini juga diklaim juga cukup ampuh dalam mengatasi masalah sariawan. Hal ini karena cuka apel memiliki kandungan yang mampu untuk membunuh bakteri dan juga virus. Namun, untuk menggunakan cuka apel ini hanya dibolehkan untuk orang yang sudah dewasa.

Caranya, siapkan satu sendok makan cuka apel dan air hangat secukupnya. Kemudian campurkan sampai merata. Selanjutnya minum ramuan ini sampai habis. Selain bisa mengobati sariawan, cuka apel ini juga sangat ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

10.Daun sirih hijau

Daun sirih ini biasanya sangat sering sekali dipakai untuk memutihkan gigi secara alami. Bahkan sudah sejak zaman dahulu nenek moyang kita menggunakannya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Cara menggunakan daun sirih hijau untuk sariawan juga sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan dua lembar daun sirih hijau yang sudah dibersihkan. Setelah itu, kunyah halus dan diamkan beberapa saat. Terakhir, anda bisa membuangnya.

11. Temu kunci

Cara Mengobati Sariawan dengan Temu Kunci
Temu Kunci

Bahan yang satu ini juga merupakan bahan alami yang sering sekali kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Temu kunci ini sebenarnya juga masih merupakan keluarga dari jahe, lengkuas, temulawak, kunyit, dan lainnya.

Cara menggunakan temu kunci untuk obat sariawan adalah dengan mengunyahnya sampai halus dan langsung menelannya. Namun sebelum anda melakukannya, pastikan dulu temu kunci yang anda konsumsi sudah dikupas dan dibersihkan.

12. Kembang sepatu

Cara Mengobati Sariawan dengan Kembang Sepatu
Kembang Sepatu

Bahan yang satu ini sebenarnya juga cukup akrab untuk orang-orang Indonesia pada umumnya. Namun sekarang kembang sepatu semakin jarang ditemui keberadaannya. Hanya orang-orang tertentu saja yang kadang masih menanam tanaman yang satu ini dipekarangan rumahnya.

Cara menggunakan kembang sepatu ini untuk mengobati sariawan adalah dengan merebusnya dengan air sampai mendidih. Kemudian saring dan minum airnya secara rutin setiap hari.

13. Delima putih

Cara Mengobati Sariawan dengan Delima Putih
Delima Putih

Buah delima juga cukup mampu untuk mengobati sariawan. Namun jangan salah memilih, karena buah delima yang akan kita gunakan untuk mengobati sariawan adalah buah delima yang berwarna putih bukan yang berwarna merah.

Caranya, siapkan biji-biji buah delima putih yang sudah ditumbuk halus. Kemudian rendam biji-biji yang sudah halus tersebut dengan air selama kurang lebih 2 hari. Untuk penggunaannya cukup lakukan dengan berkumur bukan meminumnya.

14. Temulawak

Cara Mengobati Sariawan dengan Temulawak
Temulawak

Temulawak ini juga merupakan bahan herbal alami yang banyak sekali terdapat disekitar kita. Khususnya untuk orang-orang yang tinggal dipedesaaan. Caranya, siapkan 1 buah rimpang temulawak yang sudah di iris-iris, gula aren secukupnya, dan 1 buah asam jawa.

Jika sudah, kemudian rebus bahan-bahan tersebut dengan 2 gelas air bersih hingga hanya tersisa setengahnya saja. Terakhir, saring ramuan ini dan minum secara rutin.

15. Daun Pegagan

Cara Mengobati Sariawan dengan Daun Pegagan
Daun Pegagan

Tanaman yang satu ini biasanya sangat banyak sekali ditemui di sawah-sawah dan orang-orang biasanya menggunakan tanaman ini sebagai sayuran yang memiliki khasiat tinggi.

Cara menggunakan pegagan sebagai obat sariawan adalah dengan merebusnya dengan air sampai mendidih. Jika sudah cukup dingin anda bisa langsung meminumnya.

16.  Buah Tomat

Cara Mengobati Sariawan dengan Buah Tomat
Buah Tomat

Bahan alami lainnya untuk mengobati sariawan adalah buah tomat. Caranya juga sangat mudah, anda hanya perlu memakan mentah buah tomat ini secara rutin sampai sariawan anda menghilang. Atau bisa juga dengan membuat jus buah tomat untuk mengobati sariawan.

17. Daun Kemangi

Cara Mengobati Sariawan dengan Daun Kemangi
Daun Kemangi

Daun kemangi yang memiliki aroma sangat khas ini biasanya dipakai sebagai bahan pelengkap pada masakan. Namun selain bisa digunakan pada masakan, daun kemangi ini juga berkhasiat untuk mengobati sariawan.

Caranya, cukup siapkan beberapa lembar daun kemangi dan kunyah sampai halus. Cara yang satu ini terbilang cukup efektif untuk menghilangkan rasa nyeri pada sariawan.

18. Air Garam

Cara Mengobati Sariawan dengan Air Garam
Air Garam

Bahan yang mudah didapatkan lainnya untuk mengobati sariawan adalah dengan menggunakan air garam. Berkumurlah dengan air garam sebanyak 3 kali sehari agar sariawan yang sedang anda derita segera menghilang dan sembuh.

19. Yoghurt

Cara Mengobati Sariawan dengan Yoghurt
Yoghurt

Yoghurt juga diklaim mampu untuk mengobati sariawan. Hal ini karena yoghurt memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan bakteri yang ada di dalam mulut. Caranya, cukup konsumsi yoghurt secara rutin sebanyak dua kali sehari.

20. Buah Pepaya Mentah

Cara Mengobati Sariawan dengan Buah Pepaya
Buah Pepaya

Buah pepaya juga dinilai sangat efektif untuk mengobati sakit sariawan. Ini karena buah pepaya memiliki kandungan antiseptik yang sangat tinggi sehingga mampu membunuh kuman-kuman yang menjadi penyebab timbulnya sariawan.

Caranya, siapkan buah pepaya mentah yang sudah dikupas dan dibersihkan. Setelah itu, iris kecil buah pepaya tersebut dan tempelkan pada bagian yang sedang terkena sariawan. Jika sudah, lalu diamkan beberapa menit. Terakhir, berkumurlah dengan menggunakan air hangat. Lakukan cara ini sampai sariawan anda sembuh total.

21. Kopi Bubuk

Jika biasanya kopi digunakan sebagai minuman untuk menghangatkan tubuh. Namun kali ini cukup berbeda, karena kopi bubuk juga bisa digunakan untuk menyembuhkan sariawan. Caranya, siapkan sedikit bubuk kopi. Lalu tempelkan pada bagian mulut yang sedang terkena sariawan.

Kemudian diamkan beberapa menit dan kumur dengan menggunakan air bersih. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari. Tidak sampai seminggu, kemungkinan sariawan anda sudah sembuh.

22. Air Kelapa Muda

Cara terakhir dan paling enak untuk dilakukan adalah dengan menggunakan air kelapa muda. Caranya, anda hanya perlu menyiapkan 1 buah kelapa muda segar. Kemudian ambil air dan gunakan untuk berkumur. Setelah berkumur, anda bisa juga langsung menelannya. Sangat mudahkan?

Demikian artikel tentang 22 cara mengobati sariawan secara alami dan cepat sembuh. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk semua orang yang sedang membutuhkanya. Selamat mencoba!

Tags: Sariawan, Obat Sariawan, Alami

Kesehatan 3 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com