22 Cara Menurunkan Kolesterol Paling Ampuh Dan Mudah

22 Cara Menurunkan Kolesterol Paling Ampuh Dan Mudah

Cara Menurunkan Kolesterol Paling Ampuh Dan Mudah - Berbagai gangguan kesehatan memang seringkali menghantui setiap orang jika tidak bisa menjaga kesehatan dengan baik. Salah satunya adalah kolesterol yang berlebihan. Gangguan kesehatan ini termasuk sangat menakutkan, mengingat potensinya bisa mengakibatkan penyakit jantung atau stroke.

Berbagai macam cara pengobatan pun seringkali ditempuh orang untuk menurunkan kolesterol. Mulai dari mengonsumsi obat - obatan herbal dan alami, sampai dengan konsultasi dan berobat ke dokter. Namun jika anda memilih berobat ke dokter, maka anda harus menyiapkan dana yang tentunya tidak sedikit. Hal ini bukan rahasia lagi, mengingat biaya berobat ke dokter memang menjadi masalah yang serius, dikarenakan biayanya yang mahal.

Daripada harus pergi ke dokter dan menghabiskan biaya yang banyak, ternyata masih banyak cara yang bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol. Salah satunya adalah dengan menggunakan obatan herbal. Sebelum melakukan pengobatan ke dokter, maka ada baiknya bagi anda agar mencoba 22 Cara Menurunkan Kolesterol Paling Ampuh Dan Mudah berikut ini.

1. Buah Dan Sayuran

Cara Menurunkan Kolesterol
Buah dan sayuran

Masalah kolesterol memang diakibatkan oleh banyak hal, salah satunya adalah pencernaan makanan yang tidak lancar. Maka untuk memperlancar pencernaan, maka anda bisa mencoba mengonsumsi buah - buahan dan sayuran dengan tujuan memperlancar pencernaan. Kelancaran pencernaan akan sangat membantu dalam menurunkan kolesterol yang anda alami.

2. Jeruk Nipis

Cara Menurunkan Kolesterol
Jeruk nipis

Tentu sudah semua yang tahu kalau jeruk nipis sangat ampuh dalam menurunkan kolesterol. Caranya pun sangat mudah dan jeruk nipisnya sendiri sangat mudah ditemukan. Untuk menurunkan kolesterol, anda harus meminum air perasan jeruk nipis setiap pagi dan malam. Kalau anda merasa air perasan jeruk nipis terlalu asam, maka anda bisa menambahkan sedikit air agar memberikan rasa yang lebih tawar.

3. Makanan Dengan Vitamin B3

Cara Menurunkan Kolesterol
Makanan dengan vitamin B3

Lemak jahat adalah termasuk lemak yang akan sangat berbahaya bagi kesehatan jika kadarnya sudah dalam level yang tinggi, Maka untuk mengatasi hal ini, anda bisa mengonsumsi makanan dengan vitamin B3 yang tinggi. Ada banyak makanan dengan vitamin B3 tinggi yang bisa anda konsumsi, diantaranya gandum, telur, jagung, dan jamur.

4. Makanan Dengan Kandungan Asam Lemak Omega-3

Cara Menurunkan Kolesterol
Makanan dengan kandungan asam lemak omega-3

Lemak memang tidak bagus untuk kesehatan, maka untuk menurunkanya anda bisa menggunakan makanan dengan kandungan lemak asam omega-3 yang tinggi. Makanan ini akan mampu mengurangi kadar lemak dalam darah dan meningkatkan jumlah kolesterol baik. Makanan dengan asam lemak omega-3, diantaranya adalah ikan salmon, ikan kembung, kacang almond, dan masih banyak lagi.

5. Memilih Lemak Yang Sehat

Cara Menurunkan Kolesterol
Makanan dengan lemak sehat

Tidak selamanya lemak itu jahat, dan ternyata memang ada lemak yang baik buat kesehatan. Lemak jenuh yang biasanya kita temukan pada daging merah dan susu termasuk ke dalam lemak yang jahat. Dan jika anda menginginkan kolesterol yang baik dan menurunkan kolesterol jahat, maka ada baiknya agar anda mencoba mengonsumsi susu dengan lemak yang rendah. Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung lemak baik, seperti minyak zaitun, kacang, canola, alpukat, dan daging ikan.

6. Biji - Bijian

Cara Menurunkan Kolesterol
Biji - bijian

Kesehatan jantung bisa dijaga dengan mengonsumsi makanan berupa biji - bijian. Kandungan nutrisi yang berada di dalamnya bisa dan berpotensi untuk menurunkan kadar kolesterol pada tubuh manusia. Untuk biji - bijiannya sendiri, anda bisa memilih mengonsumsi roti gandum, pasta gandum, tepung gandum, dan beras merah.

7. Hindari Lemak Trans

Cara Menurunkan Kolesterol
Makanan mengandung lemak trans

Lemak trans sudah menjadi bahan konsumsi bagi sebagian orang setiap harinya. Namun jika anda ingin terbebas dari masalah kolesterol yang tinggi, maka anda harus berusaha untuk menghindari konsumsi makanan yang satu ini. Lemak trans biasanya dapat kita temukan pada beberapa makanan yang dijual dalam bentuk kemasan, seperti kerupuk, kue ringan, dan gorengan.

8. Jus Anggur

Cara Menurunkan Kolesterol
Jus anggur

Berdasarkan penelitian, anggur ternyata memiliki beberapa zat anti mikroba dengan kandungan anti-oksidan yang tinggi. Kandungan anti-oksidan ini adalah zat flavonoid yang ada di dalam anggur. Jika anda bermasalah dengan kolesterol tinggi, maka anda bisa memilih jus anggur sebagai minuman sehari - hari dan harus dikonsumsi dengan rutin.

9. Jus Jambu Merah

Cara Menurunkan Kolesterol
Jus jambu merah

Kita sudah sering mendengar kalau jambu merah bisa dipergunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan secara herbal, salah satunya adalah untuk mengatasi kolesterol. Selain mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B3, dan kalium, ternyata jambu merah juga mengandung anti-oksidan yang tinggi. Zat ini akan bekerja untuk menurunkan kolesterol anda jika mengonsumsinya secara rutin.

10. Memilih Makanan Laut

Cara Menurunkan Kolesterol
Makanan laut

Memang harus diakui kalau tidak semua makanan laut berguna untuk kesehatan, termasuk dalam hal pengangan masalah kolesterol. Namun ikan - ikan dengan lemak omega-3 akan sangat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, karena lemak jenuh yang dikandungnya hanyalah sedikit. Agar lebih maksimal, anda bisa mengonsumsi ikan yang dipanggang dan bukan ikan yang digoreng.

11. Mengonsumsi Cemilan Kacang - Kacangan

Cara Menurunkan Kolesterol
Kacang walnut

Perkara ngemil atau mengonsumsi cemilan memang sangat mudah dipisahkan dengan manusia. Namun jika anda ingin mengatasi masalah kolesterol anda, maka ada baiknya agar anda mengonsumsi kacang - kacangan sebagai bahan cemilan anda. Salah satu kacang yang baik untuk penderita kolesterol tinggi adalah kacang walnut. Anda bisa mengonsumsinya sebanyak 8 butir setiap hari.

Baca Juga : 23 Cara Menghilangkan Komedo Dengan Mudah Dan Alami

12. Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

Cara Menurunkan Kolesterol
Makanan berserat tinggi

Tidak bsia dipungkiri kalau banyak orang yang tidak bisa memenuhi kadar serat yang ditentukan untuk dikonsumsi tubuh. Setiap manusia sebaiknya harus mengonsumsi serat sebanyak 25-35 gram setiap harinya. Untuk memenuhi kadar serat yang dibutuhkan, maka ada baiknya anda mengonsumsi makanan, seperti pepaya, rasberi, jagung, beras merah, brokoli, apel, tomat, mangga, dan masih banyak lagi. Kebutuhan serat yang terpenuhi akan memperlancar pencernaan, dan membuang kolesterol yang tidak berguna di dalam tubuh anda.

13. Mengonsumsi Protein Whey

Cara Menurunkan Kolesterol
Sumber protein whey

Kadar protein akan banyak anda temukan dalam beberapa produk susu. Maka untuk memperbanyak konsumsi protein whey, anda bisa memilih susu, namun dengan catatan adalah susu yang rendah lemak. Misalkan anda hanya mengonsumsi keju, maka anda hanya akan mendapatkan proten casein saja, dan tidak dengan protein wehy, karena protein hey sendiri akan terbuang.

14. Minyak Ikan

Cara Menurunkan Kolesterol
Minyak ikan

Kita tentu sudah sering mendengar minyak ikan, yang sering diberikan untuk dikonsumsi oleh anak - anak. Namun ternyata minyak ikan ini juga bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol, karena mengandung lemak omega-3 yang tinggi. Kadar omega-3 ini akan bekerja untuk menurunkan kadar lemak jahat di dalam tubuh anda.

15. Kurangi Makanan Berminyak

Cara Menurunkan Kolesterol
Makanan berminyak

Tidak bisa dipungkiri kalau makanan berminyak adalah salah satu penyebab meningkatnya kadar kolesterol di dalam tubuh. Maka jangan heran kalau orang yang keseringan mengonsumsi makanan berminyak seringkali mengalami masalah kolesterol tinggi. Untuk mengatasinya, anda bisa mengonsumsi makan yang lebih sehat, seperti sayuran, buah, susu, daging, dan yang masih banyak makanan sehat lainnya.

16. Mengonsumsi Bekatul

Cara Menurunkan Kolesterol
Bekatul

Mungkin banyak di antara kita yang tidak mengetahui apa itu bekatul. Saat padi masuk dalam proses penggilingan, maka padi dan kulitnya akan terpisah, dan bekatul adalah bagian dalam dari kulit padi itu sendiri. Bekatul ini memiliki kandungan tokotrienol yahng berfungsi mengurangi penimbunan kolesterol. Untuk mengonsumsinya, anda bisa mengukus bekatul selama 30 menit, kemudian mengeringkan, dan mengonsumsinya.

17. Brokoli

Cara Menurunkan Kolesterol
Brokoli

Sayuran yang satu ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kolesterol tinggi. Brokoli dapat membantu proses detoksifikasi di dalam tubuh secara alami, yang akan membasmi berbagai penyakit. Untuk menggunakanya dalam mengatasi masalah kolesterol tinggi, anda bisa mengonsumsi sayuran yang satu ini dalam berbagai menu. Namun tetap disarankan untuk memakai minyak dalam memasaknya, ada baiknya agar anda cukup merebus dan mengonsumsinya.

18. Kulit Manggis

Cara Menurunkan Kolesterol
Kulit manggis

Buah manggis bisa dimakan, kalau disuruh mengonsumsi kulit manggis? mungkin akan banyak orang yang berpikir dua kali. Namun jika anda ingin mengatasi masalah kolesterol, bahan yang satu ini akan sangat berguna. Anda cukup memblender kulit manggis, lalu meminumnya dengan rutin setiap hari. Zat anti-oksidan yang terkandung di dalamnya, akan sangat berguna dalam mengatasi masalah kolesterol.

19. Olahraga

Cara Menurunkan Kolesterol
Olahraga

Untuk menurunkan berat bada, banyak orang mencoba cara yang satu ini. Namun manfaatnya bukan hanya untuk mengatasi masalah berat badan yang berlebih saja, karena cara ini juga bisa untuk menurunkan kolesterol. Jika anda termasuk orang yang memiliki masalah dengan kolesterol tinggi, maka berolahraga dengan rutin, seperti jogging, bersepeda, dan berenang akan berguna besar dalam mengatasi masalah kolesterol.

20. Berhenti Merokok

Berhenti merokok

Tidak bisa dipungkiri jika banyak sekali perokok yang sangat sulit terbebas dari rokok. Selain bermanfaat menurunkan kolesterol, sudah bukan rahasia lagi kalau berhenti merokok akan memberikan manfaat yang sangat banyak. Berhenti merokok akan menurunkan tekanan darah dan detak jantung, dan itu akan sangat berguna dalam menurunkan kolesterol tinggi.

21. Turunkan Berat Badan

Cara Menurunkan Kolesterol
Turunkan berat badan

Semakin tinggi berat badan anda, maka kemungkinan besar lemak jahat yang tertimbun di dalam tubuh anda juga semakin tinggi. Dan hal sebaliknya juga akan berlaku ketika anda berusaha untuk menurunkan berat badan, namun dengan cara yang sehat, seperti diet sehat misalnya. Penurunan berat badan akan sangat bagus dalam usaha menurunkan kolesterol anda.

22. Beralih Menjadi Vegetarian

Cara Menurunkan Kolesterol
Vegetarian

Tidak bisa dipungkiri kalau masalah kolesterol tinggi seringkali datang dari makanan dengan lemak tinggi, seperti daging berlemak. Nah, mengonsumsi makanan ini terus menerus tentu akan semakin menaikkan kolesterol anda. Jika anda berniat untuk mengurangi, maka anda bisa beralih menjadi vegetarian dan mengonsumsi sayuran, juga buah - buahan setiap harinya. Namun perlu diketahui, kalau sayuran yang dimasak dengan tumisan dan digoreng tetap saja akan menghasilkan lemak yang tinggi. Jadi ada baiknya anda agar anda lebih mengonsumsi sayuran yang direbus saja.

Siapa saja tentu akan menginginkan tubuh yang sehat. Maka untuk menghindari kolesterol tinggi, banyak orang berusaha semaksimal mungkin untuk jangan sampai terkena gangguan kesehatan yang satu ini. Namun apabila anda sudah terlanjur memiliki kolesterol yang tinggi, maka mau tidak mau harus melakukan atau menjalani pengobatan. Sebelum anda mencoba pengobatan ke dokter yang tentunya akan menghabiskan dana yang tidak sedikit, ada baiknya agar anda mencoba 22 Cara Menurunkan Kolesterol Paling Ampuh Dan Mudah diatas tadi, karena pengobatan alami biasanya akan lebih hemat dan lebih minim akan efek samping, semoga bermanfaat.

Tags: Menurunkan Kolesterol, Kolesterol Jahat, Kolesterol Tinggi

Kesehatan 3 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com