9 Dampak Buruk Makan Buah Sukun Bagi Kesehatan

Kesehatan 2 months ago
9 Dampak Buruk Makan Buah Sukun Bagi Kesehatan

Rasanya yang gurih membuat buah sukun menjadi olahan khas di beberapa daerah. Buah sukun memiliki rasa legit dan terkstur padat saat dimakan. Biasanya diolah dengan cara digoreng maupun dikukus.

Ciri Khas Buah Sukun

- Buah sukun cenderung memiliki bentuk membulat sedikit lonjong

- Kulit buah sukun memiliki warna hijau kecoklatan

- Diameter buah berkisar antara 20 sampai 30 cm

- Bentuk luar mirip dengan buah nangka

- Memiliki kulit buah yang kasar, tebal, kasar dan berduri namun tidak setajam buah nangka.

- Daging buahnya memiliki tekstur lembab dan lembut dengan warna pucat kuning keputihan.

- Mempunyai kandungan getah berwarna putih pekat

Kandungan Gizi buah sukun antara lain :

- Dalam setiap 10 gr buah sukun mengandung 27 kalori

- Lemak jenuh

- Kandungan sodium 2 mg

- Protein nabati

- Vitamin B1, B2, B3, B5, B6, C

- Mengandung beberapa asam amino terdiri dari senyawa Valin, Treonin, Velilalanin, Metionin, Triptofen, dan zat Lisin

- Mengandung zat mineral berupa Kalium, Besi,, Mangan, Magnesium, Tembaga Fosfor dan zinc

Namun nyatanya mengkonsumsi buah sukun berlebihan dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.

Dampak Buruk Buah Sukun Bagi Kesehatan

1) Gangguan Pada Ginjal

9 Dampak Buruk Buah Sukun Bagi Kesehatan
Gangguan Pada Ginjal

Buah sukun memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi, kandungan kalium dalam dosisi tinggi meskipun berasal dari buah dapat menyebabkan gangguan pada ginjal bagi penderita ginjal yang belum sembuh maupun penderita ginjal yang sembuh pasca operasi. Dampak kalium dari buah sukun ini tidak akan begitu terasa bagi mereka yang tidak pernah menderita penyakit ginjal sebelumnya.

2) Kehilangan Selera Makan

9 Dampak Buruk Buah Sukun Bagi Kesehatan
Kehilangan Selera Makan

Meski buah sukun mempunyai kandungan karbohidrat tinggi namun terlalu banyak mengkonsumsi buah sukun dapat membuat hilangnya selera makan, hal ini terjadi karena pencernaan dalam tubuh terus mengolah buah sukun yang memang memiliki tekstur padat dan susah diolah pencernaan sehingga tubuh akan merespon untuk menghindari memasukan makanan sebelum buah sukun selesai diolah. Respon ini lalu diolah otak dengan memunculkan perasaan kehilangan selera makan.

3) Gatal – Gatal

9 Dampak Buruk Buah Sukun Bagi Kesehatan
Gatal - gatal

Mereka yang memiliki kulit sensitif disarankan tidak ikut mengolah buah sukun karena getah pada buah sukun yang berwarna putih pekat dapat memicu timbulnya rasa gatal pada kulit. Jika getah pada buah sukun ini terkena pada anak anak dapat menimbulkan iritasi ringan hingga berat pada kulit. Disarankan saat mengolah buah ini gunakanlah sarung tangan karet. Cuci bersih buah sukun hingga tidak menyisakan getah.

4) Sariawan

9 Dampak Buruk Buah Sukun Bagi Kesehatan
Sariawan

Pengolahan buah sukun yang tidak sempurna seperti dikukus kurang matang akan menimbulkan sariawan pada bibir dan sudut mulut. Tak hanya bibir dan mulut, lidah juga akan mengalami rasa tidak nyaman seperti terluka. Disarankan saat mengkonsumsi buah sukun yang sudah dalam keadaan matang setelah diolah baik dikukus mauoun di goreng, diimbangi dengan asupan air putih yang banyak.

5) Sembelit

9 Dampak Buruk Buah Sukun Bagi Kesehatan
Sembelit

Buah sukun yang sudah diolah dengan proses digoreng garing atau yang diolah dengan cara dijadikan keripik akan menghilangkan serat yang terkandung dalam buah sukun. Jika anda mengkonsumsi olahan buah sukun ini secara berlebihan maka feses akan sulit keluar dari saluran pembuangan karena kandungan serat yang dibutuhkan tubuh sudah tidak lagi dimiliki oleh buah sukun.

6) Radang Lambung

9 Dampak Buruk Buah Sukun Bagi Kesehatan
Radang Lambung

Mengkonsumsi buah sukun berlebihan dapat memicu munculnya peradangan di bagian lambung dan juga usus. Jika lambung mengalami peradangan, maka sistem pencernaan pun akan menjadi tidak lancar. Jika terus berlanjut hal ini akanmenyebabkan munculnya masalah pencernaan lainnya.

7) Kekurangan Gizi Seimbang

9 Dampak Buruk Buah Sukun Bagi Kesehatan
Kekurangan Gizi Seimbang

Mengkonsumsi buah sukun terus menerus pada orang yang bertubuh sangat kurus dapat menimbulkan dampak buruk bagi tubuh yakni kekurangan gizi seimbang. Kurangnya gizi seimbang dalam tubuh dapat menjadikan seseorang menjadi lebih kurus dan berpotensi mengalami tubuh lemas. Hal ini terjadi karena buah sukun memiliki tekstur yang padat dan termasuk buah yang lama diolah oleh pencernaan sehingga perut akan terus bekerja dan membuat pikiran merasa tidak lapar, karena perut masih terisi oleh buah sukun yang belum selesai dioleh oleh pencernaan.

8) Perut Kembung

9 Dampak Buruk Buah Sukun Bagi Kesehatan
Perut Kembung

Pengolahan buah sukun yang kurang baik, seperti menggunakan minyak goreng yang sudah berulangkali digunakan akan mengurangi nutrisi dalam buah tersebut. Tak hanya nutrisi yang hilang buah sukun yang diolah dengan buruk akan menyebabkan munculnya gejala penyakit konstipasi seperti perut kembung, Perut Terasa penuh, Mual, Nyeri, Mual dan oiot perut bagian bawah terasa seperti tertekan.

9) Sakit Perut

9 Dampak Buruk Buah Sukun Bagi Kesehatan
Sakit Perut

Mengkonsumsi buah sukun berlebihan dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Buah ini memiliki tekstur padat sehingga butuh waktu agak lama bagi pencernaan untuk mengolahnya. Makan buah sukun terus menerus akan menyebabkan terjadinya penumpukan dalam sistem pencernaan yang membuat perut terasa sakit.

Tips Mengolah Buah Sukun

9 Dampak Buruk Buah Sukun Bagi Kesehatan
Hasil Olahan Buah Sukun

Untuk mengurangi dampak buruk buah sukun, buah tersebut dapat diolah dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini.

- Jangan Disimpan di Dalam Lemari Pendingin

Penyimpanan buah sukun di dalam lemari pendingin akan mempercepat daging buah menjadi busuk dan memudahkan kontiminasi bakteri saat dikeluarkan dari sistem udara yang dingin.

- Goreng Dengan Minyak Berbahan Dasar Zaitun

Menggunakan minyak berbahan dasar zaitun dapat menjaga nutrisi dalam buah sukun tidak hilang. Penggunaan minyak sehat ini juga dapat menghindari munculnya kandungan lemak jahat.

- Hindari Masak Setengah Matang

Jangan memasak buah sukun dalam keadaan setengah matang karena getahnya dapat melukai dan menimbulkan rasa gatal disekitar mulut.

Demikianlah ulasan mengenai 9 dampak buruk buah sukun bagi kesehatan.

Tags: Buah Sukun, Dampak Buruk

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com