6 Dampak Buruk Menggunakan Earphone Ketika Tidur

6 Dampak Buruk Menggunakan Earphone Ketika Tidur

Earphone saat ini menjadi sesuatu yang tidak terpisahkan dari aktifitas sehari - hari. Dengan menempelkan alat ini di telinga maka Anda dapat mendengarkan musik tanpa terganggu dengan suara lain. Namun terkadang ada kebiasan buruk saat menggunakan earphone yang ternyata juga memiliki dampak tidak baik bagi kesehatan penggunanya, yakni kebiasaan menggunakan eraphone ketika tidur.

Dampak buruk menggunakan earphone saat tidur

Kebiasan ini mungkin dilakukan oleh sebagian besar orang, mendengarkan lagu menggunakan earphone hingga tertidur dan bangun dengan kondisi earphone yang masih menempel ditelinga dan musik menyala. Kebiasan itu nyatanya berdampak buruk bagi tubuh terutama telinga.

Dampak buruk itu antara lain.

1) Menurunkan Kemampuan Pendengaran

6 Dampak Buruk Menggunakan Earphone Ketika Tidur
Menurunkan Kemampuan Pendengaran

Suara yang didengar dengan volume tinggi dan dalam waktu lama ketika sedang tidur yang berasal dari earphone dapat menyebabkan kerusakan pada sel rambut koklea telinga. Kerusakan tersebut akan membuat kemampuan mendengar menjadi menurun.

Menurunnya kemampuan pendengaran pada mulanya tak akan disadari oleh orang tersebut. Kondisi ini biasanya baru terdeteksi ketika dokter melakukan screening. Screening biasanya dilakukan pada pegawai dari perusahaan yang beraktifitas di tempat bising. Gangguan tersebut dipengaruhi oleh besarnya frekuensi, volume, dan lamanya paparan bising.

Penurunan pendengaran yang diakibatkan oleh penggunaan earphone saat tidur terbukti dari banyaknya kasus penurunan pendengaran dipertengahan usia 20an tahun. Jika kebiasaan menggunakan earphone ketika tidur terus dibiarkan, maka orang tersebut cepat atau lambat akan mengalami kehilangan kemampuan mendengar.

2) Merusak Otak

6 Dampak Buruk Menggunakan Earphone Ketika Tidur
Merusak Otak

Berdasarkan penelitian, gelombang elektromagnetik memiliki dampak merusak pada otak hewan uji coba. Menggunakan earphone pada telinga saat mendengarkan alunan musik juga memberikan dampak berupa hantaran gelombang elektromagnetik. Penggunaan earphone terus menerus dalam waktu jangka panjang lama kelamaan akan merusak sel-sel yang ada di otak.

3) Menurunkan Tingkat Kewaspadaan

6 Dampak Buruk Menggunakan Earphone Ketika Tidur
Menurunkan Tingkat kewaspadaan

Menggunakan earphone saat mendengarkan musik cenderung membuat pendengar merasa nyaman hingga tertidur. Semakin keras suara musik yang didengarkan membuat kewaspadaan pengguna earphone semakin menurun. Disaat kita tengah tertidur, sistem pendengaran berfungsi sebagai tanda peringatan jika ada bahaya atau sesuatu yang mencurigakan di dekat Anda.

Ketika Anda tertidur dengan earphone ditelinga yang mengeluarkan suara musik, Anda tidak akan dapat mendengar apabila ada keributan terjadi diluar kamar. Dan ini dapat membahayakan diri Anda. Anda tidak akan tahu jika terjadi kebakaran disekitar rumah Anda.

Kewaspadaan saat tidur sangat diperlukan untuk menghindari bahaya yang mungkin saja dapat datang tanpa diduga.

4) Mengganggu Metabolisme tubuh

6 Dampak Buruk Menggunakan Earphone Ketika Tidur
Menggangu Metabolisme Tubuh

Tidur adalah momen penting bagi tubuh untuk beristirahat dan mengembalikan energi yang telah digunakan selama aktifitas. Suara yang berasal dari earphone akan merusak dan mengganggu tubuh untuk mendapatkan momen istirahat sehingga metabolisme tubuh menjadi terganggu yang menyebabkan rasa tak nyaman dan lemas saat bangun tidur. Mood pun akan ikut berubah dan menjadi buruk jika tubuh dalam kondisi yang tak nyaman.

5) Melukai kulit Telinga

6 Dampak Buruk Menggunakan Earphone Ketika Tidur
Melukai Kulit Telinga

Earphone pada umumnya dibuat senyaman mungkin untuk dipakai. Pemasangan perangkat silikon di ujung earphone berfungsi agar terasa nyaman ditelinga saat digunakan.

Namun ternyata tidak semua ujung earphone dilapisi oleh silikon. Earphone dengan harga murah biasanya tidak memiliki pelindung telinga atau silikon pada ujung earphone. Jika terus menerus menggunakan eraphone jenis ini maka kulit telinga akan mengalami lecet dan terluka yang dapat menyebabkan infeksi jika tidak segera diobati. Kemungkinan terburuk yang terjadi adalah terjadinya radang pada kulit telinga bagian dalam liang yang mengalami lecet.

Jika tak segera diatasi lama kelamaan, kulit liang telinga akan menjadi bengkak sehingga membuat liang telinga menyempit. Kondisi ini jika dibiarkan terus menerus akan menyebabkan rasa tak nyaman pada telinga dan menimbulkan gangguan pada pendengaran.

Radang pada liang telinga juga dapat mengeluarkan cairan nanah bila terinfeksi. Kejadian infeksi ini disebut dengan Otitis Eksterna. Ciri -cirinya adalah rasa nyeri pada telinga, disertai keluarnya cairan, dan timbulnya bengkak pada kulit liang telinga.

6) Menurunkan Kualitas Tidur

6 Dampak Buruk Menggunakan Earphone Ketika Tidur
Menurunkan Kualitas Tidur

Mendengarkan musik dengan menggunakan earphone sambil tidur dapat membuat otak kita tidak benar-benar istrahat. Suara yang dihasilkan oleh earphone akan masuk ke indera pendengaran dan membuat otak mau tak mau akan mengolahnya, sehingga kondisi tersebut dapat mengurangi istrahat otak. Otak yang terus bekerja pada saat kita tidur otomatis membuat kualitas tidur yang seharusnya kita dapatkan saat malam hari tidak dapat kita penuhi.

Tips Menggunakan Earphone

Earphone Dengan Pengaman Silikon

- Gunakanlah earphone yang memiliki ukuran yang sesuai dengan liang telinga, jangan terlalu besar atau terlalu kecil. Ukuran earphone yang terlalu besar dapat membuat liang telinga terasa tak nyaman.

- Gunakanlah earphone yang memiliki pelindung karet atau silikon di ujung earphone untuk meghidari luka pada kulit liang telinga. Biasanya earphone tanpa karet pelindung kerap ditemukan pada earphone yang memiliki harga murah.

- Saat mendengarkan musik melalui earphone sebaiknya tetap dalam batas volume dan frekuensi yang normal, jangan terlalu besar. Jika volume terlalu besar dapat membuat kemampuan mendengar menjadi turun.

- Gunakanlah Earphone hanya disaat saat tertentu dan hindari penggunaan earphone saat sedang mengantuk karena Anda dapat tertidur tanpa sengaja ketika masih menggunakan earphone dengan musik menyala.

- Bersihkan earphone sehari sekali dengan menggunakan tissu untuk membersihkan debu - debu yang menempel pada earphone. Masuknya debu pada liang telinga yang beraqsal dari earphone juga dapat menyebabkan gangguan pada liang telinga.

Demikianlah ulasan mengenai dampak buruk penggunaan earphone saat tidur.

Tags: Headset, Dampak Buruk

Kesehatan 3 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com