Epsom Salt, Si Garam Ajaib Serbaguna

Epsom Salt, Si Garam Ajaib Serbaguna

Epsom Salt atau Garam Inggris adalah mineral yang secara alami ditemukan dalam air. Garam Inggris dianggap sebagai bahan serbaguna yang berperan penting dalam berbagai pengobatan tradisional. Apa saja manfaat garam Inggris tersebut? Berikut manfaatnya:

1. Menurunkan Tingkat Stress Tubuh


Larutkan garam Inggris ke dalam air hangat dan gunakan air tersebut untuk berendam. Terapi rendaman garam Inggris sudah banyak digunakan oleh orang karena garam Inggris dipercaya dapat bekerja ke dalam tubuh kita dan berperan menurunkan kadar hormon kortisol yang merupakan penyebab stress tersebut.

Ion magnesium yang terkandung dalam garam Inggris menghilangkan stress dengan cara membantu tubuh memproduksi serotonin dan mengurangi efek dari produksi adrenalin yang berlebihan. Magnesium juga memainkan peran penting dalam memproduksi energi dalam sel yang membantu kita merasa segar kembali.

2. Detoksifikasi Tubuh


Kandungan yang ada dalam garam Inggris dapat membantu tubuh dalam proses detoksifikasi. Kandungan magnesium di dalamnya membantu sel-sel dalam mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Caranya adalah dengan berendam dalam campuran garam Inggris selama 10-15 menit sebanyak 2 atau 3 kali dalam seminggu.

3. Meredakan Kram Otot


Garam Inggris dipercaya meredakan nyeri dari kram otot yaang dialami setelah berolahraga. Magnesiumnya secara efektif terserap dalam kulit dan meredakan nyeri dan tegang otot, serta mengurangi bengkak di persendian. Selain dengan cara berendam dengan garam Inggris, dapat juga dilakukan dengan mengaplikasikannya secara langsung pada area yang sakit. Caranya adalah buat campuran kental yang terdiri dari garam Inggris dan air panas.

Buat menjadi semacam pasta kental dan aplikasikan langsung ke bagian yang sakit untuk mendapatkan efek menenangkan. Apabila kram masih berlanjut, ulangi kembali pada keesokan harinya. Namun umumnya kram akan sembuh setelah sekali penggunaan.

4. Eksfoliasi Kulit Secara Lembut


Menurut Andrew C. Krakowski, seorang dermatologis dari Pennsylvania, orang-orang kebanyakan menggunakan garam Inggris sebagai agen eksfoliasi yang dapat mengurangi adanya komedo dan sebagai pembersih wajah standar harian. Karena tidak seperti agen eksfoliasi pada umumnya yang bereda di pasaran, garam Inggris tidak terbuat dari plastik dan akan menghasilkan eksfoliasi yang lembut dan lalu akan larut dalam air.

Garam Inggris juga diyakini dapat menghilangkan tumpukan sel kulit mati dan minyak berlebih yang menyumbat pori-pori wajah. Anda dapat dengan mudah mencampurkan 1 sendok makan garam Inggris dan 1 sendok makan minyak zaitun lalu pijat secara perlahan pada kulit yang sudah dibasahi. Bilas dengan bersih.

5. Memberikan Volume Pada Rambut dan Merawat Kulit Kepala


Timbunan sisa shampoo dan debu-debu dapat membuat rambut menjadi lepek. Selain shampoo, sisa-sisa produk rambut seperti hairspray dapat menumpuk di kulit kepala dan menyebabkan berbagai masalah, mulai dari kulit kepala gatal hingga ketombe. Kandungan mineral di dalamnya juga membantu memperbaiki dan menguatkan rambut yang rusak. Untuk menggunakannya, dapat dengan diaplikasikan seperti masker rambut. Campurkan garam Inggris dengan conditioner yang biasa Anda gunakan.

Aplikasikan pada rambut yang basah. Biarkan 15-20 menit dan bilas dengan air dingin. Lakukan perawatan ini seminggu sekali. Apabila Anda memiliki rambut berminyak, campurkan garam Inggris dengan shampoo yang biasa Anda gunakan dan bersihkan rambut Anda seperti biasa. Gunakan 2 kali seminggu.

6. Mengatasi Kulit Yang Terbakar Matahari


Garam Inggris memiliki kandungan yang dapat menenangkan kulit yang terbakar matahari. Kandungannya bersifat anti-inflammatory yang dapat mengurangi rasa gatal dan nyeri yang dirasakan akibat terbakar matahari ringan. Garam Inggris bahkan dapat berfungsi untuk menjaga warna kulit. Untuk mengobatinya, campurkan 2 sendok makan garam Inggris dengan 1 gelas air dan simpan dalam botol spray.

Semprotkan pada bagian yang terbakar matahari, biarkan hingga 10 menit lalu mandi seperti biasa. Lakukan beberapa kali seminggu untuk melihat perbedaannya. Cara lainnya adalah dengan berendam pada larutan garam Inggris dan essential oil selama 20 menit.

7. Mengobati Masalah Pada Kulit Kaki


Terkadang kaki adalah bagian tubuh yang jarang kita perhatikan. Namun sebenarnya kaki adalah bagian tubuh yang tergolong mudah untuk mengalami masalah kulit. Contohnya adalah athlete's foot, bau kaki, kulit kaki yang kering dan pecah-pecah, serta masalah lainnya. Garam Inggris dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini. Selain itu, agen eksfoliasi alaminya dapat membantu menghaluskan kaki dan mengikis kulit mati serta kalus yang ada.

Untuk menghilangkan bau kaki dan mengurangi gejala Athlete's foot, tambahkan 1/2 gelas Garam Inggris dalam ember dan isi dengan air hangat. Rendam kaki Anda selama 10 menit sekali sehari hingga keluhan sembuh. Untuk merawat kuku yang berjamur, rendam jari yang mengalami jamur kuku dengan campuran garam Inggris dan air hangat 3 kali sehari hingga masalah tersebut hilang.

8. Menjaga Kesehatan Jantung


Selain manfaat-manfaat tersebut, garam Inggris memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan magnesiumnya membantu menjaga detak jantung tetap normal dan menjaga kesehatan pembuluh arteri. Ketika pembuluh arteri dalam kondisi sehat, resiko terkenal penyumbatan pembuluh darah menurun. Selain itu, garam Inggris meningkatkan peredaran darah yang berefek menurunkan resiko terkena serangan jantung dan stroke.

Rendam tubuh Anda dengan campuran garam Inggris dan air hangat 3 kali seminggu untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi resiko terkena serangan jantung.

(Baca Juga: Ternyata Selama Ini Minuman Tebu Memiliki Banyak Manfaat)

9. Menjaga Pencernaan


Garam Inggris membantu dalam proses eliminasi racun berbahaya dan zat-zat sisa pencernaan dari dalam sistem pencernaan. Ia juga berperan sebagai pencuci perut alami yang dipercaya dapat melunakkan zat-zat sisa yang kemudian mempermudah proses pembuangan dan dapat digunakan untuk mengobati konstipasi. Larutkan 1-2 sdt garam Inggris dalam 1 gelas air hangat dan minum dalam kondisi perut kosong sehari sekali. Ketika dikonsumsi secara internal, garam Inggris dapat menimbulkan efek samping iritasi lambung, diare, dan muntah-muntah. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi garam Inggris secara langsung. Jangan mengkonsumsinya lebih dari 1 minggu. Dan berendam dalam garam Inggris dapat mengurangi perut kembung.

PERHATIAN: Garam Inggris tidak boleh dikonsumsi oleh wanita hamil dan menyusui serta mereka yang memiliki masalah ginjal dan diabetes. Serta penggunaan garam Inggris tidak dianjurkan untuk anak di bawah 6 tahun.

Bagaimana? Anda tertarik untuk mencobanya?

Tags: Garam Inggris, Epsom Salt, Manfaat Garam Inggris

Kesehatan 2 years ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

0
Followers

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com