4 Manfaat Ampuh Jamur Lingzhi untuk Kesehatan

4 Manfaat Ampuh Jamur Lingzhi untuk Kesehatan

Jamur Lingzhi merupakan jamur yang dikenal sulit untuk dimasak, memiliki tekstur keras dan rasanya yang pahit. Namun tahukah kamu ? meskipun sulit dimasak dan berasa pahit, jamur ini memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh kita. Jamur ini memiliki dua bagian, bagian pertama yaitu bagian buah yang terletak di atas tanah dan abgian yang kedua adalah bagian miselium. Nah bagian miselium inilah yang biasanya digunakan untuk obat herbal.
 
Jamur Lingzhi sudah sejak lama digunakan sebagai obat tradisional, biasanya negara – negara di Asia Timur lah yang menggunakan jamur jenis ini. Dan ternyata, pemanfaatan jamur ini untuk kesehatan sudah di lakukan sejak 2000 tahun lalu. Jamur Lingzhi juga tercatat sebagai jamur tertua didunia yang digunakan untuk obat herbal.

Kandungan Jamur Lingzhi

Dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa jamur ii memiliki kandungan karbohidrat sebanyak 26 – 28 persen, lemak 3-5 persen, serat 59 persen dan yang terakhir adalah kandungan protein sebanyaj 1-8 persen. Jamur Lingzhi juga memiliki molekul bioaktif seperti  polisakarida, peptidoglikan, dan triterpenoid.

Manfaat Jamur Lingzhi Untuk Kesehatan

Obat Anti kanker



Jamur Lingzhi dipercaya dapat membantu meningkatkan taraf hidup penderita kanker dengan membantu meningkatkan imunitasnya.

Dapat Menurunkan Kadar Lemak



Jamur Lingzhi memiliki kandungan triterpenoid yaitu merupakan senyawa pemicu rasa pahit dari jamur ini. Nah zat triterpenoid ini sangat bermanfaat untuk menurunkan lipid ( lemak ) serta memiliki efek anti oksidan  yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dapat Membantu Mengatasi Tekanan darah tinggi



Pada jaman dahulu jamur lingzhi juga dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Walaupun sampai saat ini belum ada bukti secara medis, namun penggunaan jamur lingzhi untuk media pengobatan herbal sudah sejak lama digunakan. Jadi tidak ada salahnya kita mencoba.

Walaupun dipercaya dapat mengurangi tekanan darah tinggi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Untuk para penderita penyakit yang sedang mengkonsumsi obat – obatan seperti penstabil tekanan darah, antikoagulan serta anti platelets sangat disarankan untuk menghindari mengkonsumsi jamur lingzhi. Mengapa demikian? Karena ternyata jamur ini jika dikonsumsi dapat menyebabkan pengenceran darah.

Menjaga kesehatan usus dan pelindung saraf


Selain untuk mengatasi kanker dan tekanan darah tinggi, jamur lingzhi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus dan pelindung saraf. Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dilakukan pada mencit (tikus kecil) menunjukkan bahwa dengan jamur ini mungkin berdampak positif bagi mikoflora yang ada di usus sehingga bisa mengurangi resiko metabolik.

Dengan menurunkan resiko metabolik, berarti juga bisa mengurangi resiko obesitas.Selain itu dalam penelitian tersebut juga dikatakan, jamur lingzhi dapat membantu melindungi sel – sel saraf yang menghasilkan dopamin. Jika sel – sel saraf penghasil dopamin ini rusak dapat mengakibatkan penyakit parkinson.

Nah itulah beberapa manfaat jamur lingzhi untuk kesehatan tubuh kita. Meskipun memiliki beragam manfaat kesehatan, Anda harus tetap mengkonsultasikannya dengan dokter ika ingin mengkonsumsi jamur ini. Ingat kesehatan itu memang penting, namun menjaga kesehatan bukan berarti boleh mengkonsumsi segala jenis obat.

Tags: Kesehatan, Gaya Hidup, Hidup Sehat, Keluarga, Manfaat Jamur Lingzhi

Kesehatan 2 years ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com