​20 Obat Penumbuh Rambut Alami yang Ampuh dan Cepat

​20 Obat Penumbuh Rambut Alami yang Ampuh dan Cepat

Rambut adalah salah satu aset yang paling berharga dan juga yang paling diperhatikan oleh hampir semua orang setiap harinya. Salah bukti nyata jika rambut merupakan bagian tubuh yang paling penting adalah saat akan jalan-jalan.

Boleh saja pakaian bagus atau kendaraan bagus. Namun tak akan lengkap bila tak memiliki rambut yang indah dan sempurna. Kasus ini berlaku untuk wanita atau pun pria. Karena keduanya sama-sama memiliki perawatan rambut tersendiri setiap bulannya.

Untuk yang wanita biasanya akan lebih suka menghabiskan waktunya ke salon untuk merawat rambut. Sedangkan untuk pria akan memilih barbershop untuk mendapatkan gaya rambut idamannya.

Namun bagaimana jadinya, jika rambut kesayangan tersebut justru mengalami penipisan atau bahkan kebotakan? Sudah pasti akan mengalami penurunan percaya diri karena merasa berbeda dengan yang lain. Apalagi jika umur masih muda, sedangkan pendamping hidup juga belum ada.

Jelas tidak ada pilihan lain, selain memilih untuk menumbuhkan rambut secepat mungkin. Namun yang harus anda ingat, menumbuhkan rambut dengan produk-produk yang mengandung zat kimia tentu bukanlah sesuatu yang baik untuk jangka panjang.

Maka dari itu, akan jauh lebih baik jika memilih bahan-bahan yang benar-benar alami dan tanpa efek samping berbahaya dalam penggunaannya. Ingin tahu? Yuk simak, 20 obat penumbuh rambut alami yang ampuh dan cepat berikut ini.

1. Jus Bayam

Bayam merupakan tanaman yang hampir setiap hari digunakan sebagai sayuran oleh masyarakat Indonesia. Selain harganya yang murah, sayur bayam juga memiliki beberapa kandungan yang sangat baik bagi kesehatan. Namun tahukah anda, jika sayur bayam ini juga cukup ampuh untuk digunakan sebagai obat alami penumbuh rambut.

Caranya, cukup siapkan sayur bayam segar yang sudah diblender halus. Kemudian oleskan jus bayam tersebut dengan menggunakan kapas ke seluruh permukaan rambut sampai merata. Setelah itu, pijat-pijat kepala dengan lembut dan diamkan selama 30 menit. Terakhir, bilas dengan air dan keringkan dengan handuk bersih.

2. Teh hijau

Teh yang satu ini juga sudah cukup terkenal memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Namun selain itu, ternyata teh hijau juga memiliki kelebihan yang tak dimiliki oleh teh biasa. Yakni kandungan antioksidannya yang sangat tinggi dan ampuh untuk menyuburkan rambut kepala.

Cara menggunakan teh hijau sebagai obat penumbuh rambut. Siapkan teh hijau dan air hangat secukupnya. Kemudian seduh teh hijau tersebut dengan air panas dan diamkan sampai dingin. Setelah itu, usapkan teh hijau yang sudah dingin ke seluruh rambut dan biarkan selama 30 menit. Terakhir, bilas dengan air dingin.

3. Bawang merah

Jika biasanya anda menggunakan bawang merah hanya sebagai bumbu pada masakan. Namun kali ini, anda akan menggunakannya untuk menumbuhkan rambut idaman anda. Caranya, cukup siapkan beberapa siung bawang merah yang sudah diiris tipis.

Lalu peras sedikit untuk mendapatkan airnya. Setelah itu, usapkan ke bagian kulit kepala dengan sambil dipijat lembut dan diamkan selama 1 jam. Terakhir, anda bisa membilasnya dengan shampo sampai bersih.

4. Telur Ayam Kampung

Bahan yang satu ini tentu tak sulit untuk anda dapatkan. Namun, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Disarankan untuk memakai telur ayam kampung bukan telur yang biasa anda beli di warung-warung.

Caranya, siapkan bagian kuning telur ayam kampung segar dan minyak zaitun secukupnya. Kemudian, campurkan kedua bahan tersebut merata. Dan oleskan ke bagian kulit kepala yang mengalami kebotakan. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini secara rutin, agar hasilnya bisa lebih maksimal.

5. Urang Aring

Tanaman yang satu ini juga salah satu bahan alami penumbuh rambut yang sudah sangat dikenal. Bahkan, sudah dijadikan sebagai salah satu bahan alami pada shampo. Untuk anda yang kesulitan menemukan urang aring. Anda bisa membeli minyak urang-aring di pasar-pasar tradisional.

Cara menggunakannya juga sangat mudah. Anda cukup menggunakan minyak urang aring ini secara rutin saat akan tidur malam dan juga sesaat setelah anda mandi pada pagi dan sore hari.

6. Buah Lemon

Buah dengan rasa kecut yang sangat kuat ini juga diklaim sebagai salah satu obat penumbuh rambut alami yang efektif. Selain bisa menumbuhkan, air perasan buah lemon ini juga berkhasiat untuk melembabkan kulit kepala dan juga menghilangkan ketombe.

Caranya, siapkan dua buah lemon segar dan 1 gelas air matang. Kemudian, campurkan kedua bahan tersebut hingga merata. Lalu oleskan ke bagian kulit kepala yang mengalami kebotakan. Tunggu 15 menit dan bilas dengan air sampai bersih.

Ingat! Untuk cara ini, anda hanya disarankan menggunakannya 1 kali dalam seminggu. Karena penggunaan yang berlebihan dapat membuat rambut berubah warna.

7. Madu

Salah satu obat alami dan aman untuk digunakan lainnya adalah madu. Selain bisa digunakan untuk meluruskan rambut secara alami. Madu juga berkhasiat untuk menumbuhkan rambut secara alami dan ampuh.

Caranya, siapkan 2 sendok makan madu, 2 sendok makan minyak zaitun, 1 sendok makan bubuk kayu manis. Kemudian, campurkan semua bahan tersebut hingga merata. Usapkan ramuan ini ke kulit kepala anda dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, anda bisa membilasnya dengan air bersih.

8. Lidah buaya

Tanaman yang satu ini juga sudah lama dikenal sebagai salah satu obat penumbuh rambut alami. Ini jelas sangat benar, sebab lidah buaya memiliki banyak kandungan bermanfaat yang sangat baik bagi pertumbuhan rambut. Selain itu, lidah buaya ini juga berkhasiat untuk mengatasi rambut rontok dan berketombe.

Caranya, siapkan 1 batang lidah buaya segar dan kupas bagian kulitnya. Setelah itu, ambil gelnya dan oleskan ke bagian kulit kepala yang mengalami penipisan atau kebotakan. Terakhir, bilas dengan menggunakan air hangat.

9. Lada Hitam

Selain bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Lada hitam ternyata juga berkhasiat untuk menyuburkan rambut secara alami. Caranya, siapkan beberapa biji lada hitam yang sudah ditumbuk halus dan beberapa tetes perasan buah lemon.

Kemudian, campur kedua bahan tersebut sampai merata. Jika sudah berbentuk menyerupai pasta, anda bisa langsung mengoleskannya pada bagian kulit kepala yang mengalami kebotakan. Tunggu beberapa menit dan bilas dengan air bersih.

10. Santan

Jika biasanya anda menggunakan santan sebagai bahan untuk membuat makanan. Kali ini agak sedikit berbeda. Sebab santan akan digunakan untuk menumbuhkan rambut anda. Caranya, siapkan setengah gelas air santan segar, 1 sendok makan madu, dan 1 sendok makan yogurt.

Lalu campurkan ketiga bahan tersebut hingga merata. Namun, sebelum menggunakan ramuan penumbuh rambut ini. Usahakan rambut anda sudah dicuci bersih dengan menggunakan air hangat. Jika sudah, anda bisa langsung mengaplikasikannya pada bagian kulit kepala. Diamkan selama 30 menit dan bersihkan dengan air dingin.

Baca Juga : 23 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami dan Tanpa Catok

11. Daun Jambu Biji

Obat Penumbuh Rambut Alami dengan Daun Jambu Biji
Daun Jambu Biji

Mungkin cara yang satu ini cukup asing bagi sebagian orang. Sebab, daun jambu ini terkenal sebagai obat untuk menyembuhkan diare. Namun kenyataannya, daun jambu memang berkhasiat untuk menumbuhkan rambut secara alami.

Caranya, siapkan beberapa lembar daun jambu biji dan air bersih secukupnya. Kemudian, rebus daun jambu tersebut hingga berwarna gelap. Jika sudah mendidih, lalu angkat dan dinginkan. Ambil airnya dan usapkan ke bagian kepala yang mengalami kebotakan. Terakhir, bersihkan dengan air.  Lakukan cara ini secara rutin agar anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

12. Baking Soda dan Bubuk Mustard

Obat Penumbuh Rambut Alami dengan Baking Soda
Baking Soda

Kombinasi kedua bahan ini ternyata juga diklaim ampuh untuk obat alami penumbuh rambut. Manfaatnya untuk rambut juga cukup beragam, yakni dapat mengatasi kerontokan dan menyuburkan rambut.

Caranya, anda hanya cukup mencampurkan kedua bahan ini dengan shampo yang biasa digunakan. Lalu gosokkan ke bagian kulit kepala dan pijat-pijat dengan lembut. Dengan rutin menggunakan bahan-bahan ini, rambut anda pun akan semakin sehat dan lebat.

13. Minyak kelapa

Obat Penumbuh Rambut Alami dengan Minyak Kelapa
Minyak Kelapa

Bahan alami untuk penumbuh rambut dan mudah didapatkan lainnya adalah minyak kelapa. Dengan rutin menggunakan minyak kelapa sebagai minyak rambut anda. Maka rambut pun akan semakin lebat dan hitam setiap harinya. Kebiasaan inilah yang harus anda lakukan setiap hari demi untuk mendapatkan rambut tebal idaman anda.

Cara menggunakan minyak kelapa untuk penumbuh rambut. Siapkan 20 ml minyak kelapa, 10 ml minyak gooseberry, dan 1 sendok makan air lemon. Kemudian campurkan ketiga bahan tersebut menjadi menjadi satu dan oleskan ke seluruh permukaan kepala. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

14. Minyak Zaitun

Obat Penumbuh Rambut Alami dengan Minyak Zaitun
Minyak Zaitun

Buah zaitun memang terkenal sebagai salah satu buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dan salah satunya adalah bisa digunakan untuk menyuburkan dan menumbuhkan rambut kepala secara alami. Caranya, siapkan 2 sendok makan minyak zaitun dan 2 sendok teh madu original.

Setelah itu, campurkan kedua bahan hingga merata. Lalu oleskan ke bagian kepala dan diamkan selama 30 menit. Terakhir, cukup bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini minimal 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

15. Kulit Apel

Obat Penumbuh Rambut Alami dengan Kulit Apel
Kulit Apel

Jika biasanya anda makan apel dan membuang kulitnya begitu saja. Sekarang jangan lagi, sebab kulit apel ini juga bermanfaat untuk menumbuhkan rambut. Hal ini karena kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada kulit apel yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah di kulit kepala.

Caranya, siapkan kulit apel yang masih segar dan minyak zaitun secukupnya. Kemudian campurkan kedua bahan tersebut sampai encer. Jika sudah, lalu oleskan ke seluruh permukaan kulit kepala dengan sambil dipijat-pijat. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air dingin. Saran, lakukan cara ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

16. Kemiri

Obat Penumbuh Rambut Alami dengan Minyak Kemiri
Minyak Kemiri

Kemiri juga merupakan bahan alami yang sudah terbukti untuk menyuburkan rambut kepala. Dengan membiasakan memakai minyak kemiri. Maka rambut anda pun akan selalu lebat dan berkilau. Caranya, anda cukup mengoleskan minyak kemiri ini ke seluruh bagian kepala dengan sambil dipijat lembut. Diamkan selama 1 malam dan pagi harinya langsung bilas dengan air dingin.

17. Daun Seledri

Obat Penumbuh Rambut Alami dengan Daun Seledri
Daun Seledri

Jika biasanya daun seledri digunakan sebagai bumbu pada masakan. Namun ternyata, daun seledri ini juga efektif untuk menumbuhkan rambut secara alami. Selain itu, daun seledri ini juga dapat menghilangkan ketombe dan membantu anda meluruskan rambut secara alami.

Cara menggunakan daun seledri sebagai obat penumbuh rambut. Siapkan daun seledri segar secukupnya yang sudah dipotong-potong. Lalu haluskan dengan blender sampai menjadi jus. Ambil seledri yang sudah halus tersebut dan oleskan ke seluruh bagian rambut. Diamkan selama setengah jam dan bilas dengan air sampai bersih.

18. Air Kelapa Muda

Obat Penumbuh Rambut Alami dengan Air Kelapa Muda
Air Kelapa Muda

Cara yang satu ini mungkin agak jarang didengar. Namun jangan salah, karena air kelapa muda juga memiliki banyak kandungan bermanfaat yang sangat dibutuhkan untuk menyuburkan rambut kepala.

Caranya, anda cukup menyediakan air kelapa muda segar. Dan gunakan air tersebut untuk keramas setiap hari. Dengan rutin menggunakan air kelapa sebagai bahan keramas. Maka rambut anda pun akan semakin subur dan juga lebat.

19. Jeruk Nipis

Obat Penumbuh Rambut Alami dengan Jeruk Nipis
Jeruk Nipis

Jika sebelumnya kita telah membahas buah lemon sebagai obat penumbuh rambut. Nah, buah yang satu ini juga tak kalah efektif yakni buah jeruk nipis. Hal ini karena, jeruk nipis mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga sangat bagus bagi pertumbuhan rambut kepala.

Caranya, siapkan 1 buah jeruk nipis segar dan peras airnya sampai habis. Kemudian sapukan air perasan tersebut ke kulit kepala sampai merata dan diamkan selama 15 menit. Terakhir, bilas dengan air bersih. Untuk hasil maksimal, anda bisa menggunakan cara ini paling sedikit 2 kali seminggu.

20. Buah Pisang

Obat Penumbuh Rambut Alami dengan Buah Pisang
Buah Pisang

Cara terakhir dan paling aman adalah dengan menggunakan buah pisang. Tak perlu heran, karena di dalam buah pisang juga terdapat beberapa kandungan yang sangat baik bagi kesehatan rambut.

Caranya, siapkan 1 buah pisang segar yang sudah dihaluskan. Lalu usapkan secara merata ke seluruh permukaan rambut. Pijat lembut dan diamkan selama beberapa menit. Kemudian, bilas dengan air dingin.

Nah, cukup mudahkan menggunakan bahan-bahan alami di atas untuk menumbuhkan rambut. Cara ini bisa anda lakukan dan menjadi sesuatu yang wajib dicoba sebelum anda menggunakan obat penumbuh rambut buatan pabrik. Jika ada yang aman, kenapa harus yang lain kan? Selamat mencoba!

Tags: Rambut, Obat Penumbuh Rambut Alami

Kesehatan 3 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com