15 Dampak Buruk Susu Kambing Untuk Kesehatan

15 Dampak Buruk Susu Kambing Untuk Kesehatan

Beberapa dampak buruk susu kambing pada tubuh antara lain :

1) Mual

Perasaan mual pada perut dapat terjadi bila seseorang mengkonsumsi susu kambing dalam keadaan perut kosong.

Bagi mereka yang memang belum pernah mengkonsumsi susu kambing sebelumnya disarankan meminum susu kambing setelah makan, satu kali sehari dengan takaran sedikit untuk menghindari penolakan dari sistem pencernaan. Mengkonsumsi susu kambing dalam dosis sedikit juga berfungsi untuk mengetahui apakah tubuh kita mempunyai alergi pada susu kambing atau tidak.

Baik bagi yang sudah terbiasa minum susu kambing maupun yang belum pernah mengkonsumsi susu kambing sebelumnya. Disarankan selalu mengkonsumsi susu kambing setelah makan dan perut tidak dalam keadaan kosong untuk menghindari perasaan mual. Hindari minum susu kambing jika dirasa pencernaan sedang dalam kondisi buruk.

2) Muntah

Muntah adalah tahap lanjut dari perasaan mual. Jika pada awalnya orang yang mengkonsumsi susu kambing mengalamai rasa mual dan tetap memaksakan diri untku meminum susu kambing maka yang terjadi adalah muntah. Namun ada juga kondisi dimana seseorang memang tak bisa menerima susu kambing yang memang memiliki rasa dan bau yang khas. Sehingga begitu susu berada dalam kerongkongan, tubuh seakan - akan melakukan tidakan pencegahan dengan memuntahkan cairan susu tersebut karena pikiran sudah menolak keberadaan susu sehingga tubuh pun melakukan hal yang sama seperti yang dipikirkan.

Jika kondisi muntah tetap berlanjut setelah berhenti mengkonsumsi susu kambing, maka segeralah konsultasi ke dokter terdekat.

3) Sakit Kepala

Susu kambing ternyata dapat menyebabkan sakit kepala bagi mereka yang memiliki kadar gula rendah atau yang tengah melakukan diet penurunan berat badan. Untuk mengatasinya munculnya rasa sakit kepala, imbangi dengan asupan jus buah organik bebas pestisida serta perbanyak konsumsi air putih.

Sebenarnya rasa sakit kepala ini bukanlah masalah serius dan hanya merupakan efek ringan dari konsumsi susu kambing,namun jika mengalami rasa sakit kepala terus menerus disarankan untuk berhenti mengkonsumsi susu kambing dan segera berkonsultasi ke dokter.

4) Alergi

Ini adalah kondisi khusus yang mana tidak semua orang mengalaminya. Alergi hanya muncul pada seseorang yang memang memiliki “alegi” dan tidak bersifat menular. Dampak dari alergi yang diakibatkan oleh susu kambing beragam, mulai dari rasa gatal ringan pada kulit, gatal yang sangat menggangu hingga sesak napas. Dalam hal ini susu hanya bersifat sebagai trigger atau pemicu. Maka disarankan sebelum memberikan/mengkonsumsi asupan susu, baik susu kambing, sapi ataupun asupan lain disarankan dalam kondisi sehat dan takaran rendah untuk mengurangi dampak alergi yang mungkin akan berakibat fatal.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mereka yang memiliki alergi pada susu sapi juga memiliki kemungkinan besar memiliki alergi pada susu kambing.

Jika terjadi kondis aneh dan tak lazim pada seseorang yang baru pertama kali meminum susu kambing, sangat disarankan untuk segera menghubungi petugas kesehatan terdekat.

5) Gatal dan Bintik Merah

Bintik Merah Pada kulit adalah dampak negatif lain dari susu kambing. Memang tidak semua orang akan mengalami dampak negatif seperti ini. Rasa gatal dan bintik merah pada kulit hanya muncul pada mereka yang memiliki masalah pada organ hati.

Biasanya ini terjadi karena kurangnya informasi sehingga ketika orang yang tengah menderita penyakit tertentu menjadikan susu kambing sebagai alternatif pengobatannya, namun bukannya mengalami kemajuan dalam kondisi kesehatannya, malah hal - hal buruk yang didapatkannya.

Rasa gatal dan bintik merah ini beragam, mulai dari rasa gatal dan bintik merah yang sesekali muncul hingga tingkat sangat menggangu. Pengurangan takaran dan frekuensi konsumsi dapat menjadi salah satu yang dapat dilakukan.

Sebenarnya untuk menghindari hal yang demikian , konsultasi pada pakar kesehatan atau minimal pada dokter sangat disarankan, karena mungkin kita sendiri tidak mengetahui kondisi tubuh sendiri.

6) Dehidrasi Pada Bayi

Hal ini patut diwaspadai orang tua agar tidak secara sembarangan memberikan bayi mereka konsumsi susu kambing. Protein di dalam susu kambing sangat tinggi bahkan lebih tinggi dari susu sapi. Bila diberikan pada bayi dapat menyebabkan bayi mengalami dehidrasi. Dalam beberapa resep yang menggunakan susu kambing sebagai bahan, biasanya susu kambing di encerkan 2/3 dari kondisi awalnya untuk mengurangi kekuatannya.

7) Susah Tidur

Susu kambing juga memiliki efek kuat yang dapat membuat orang yang mengkonsumsinya dapat terjaga hingga malam hari karena tidak mengalami rasa kantuk.

Bagi mereka yang memang cocok dengan susu kambing. Efek bersemangat dan berenergi akan tetap dirasakan hingga menjelang malam yang tentu saja ini akan mengurangi jatah tubuh untuk dapat tidur dan istirahat, jika kondisi ini dibiarkan dalam waktu yang lama, maka tubuh lambat lau akan menurun juga.

Saat meminum susu kambing, otomatis sistem metabolisme tubuh mengalami peningkatan dan menghasilkan energi yang seperti tidak ada habisnya. Disarankan untuk meminum susu kambing jauh jauh dari waktu tidur.

Rasa kantuk sebenarnya adalah tanda bahwa tubuh membutuhkan waktu untuk istirahat.

8) Penambahan Berat Badan

Susu kambing memiliki kandungan lemak jenuh yang termasuk tinggi, sehingga mereka yang mengkonsumsi susu kambing cenderung mengalami peningkatan berat badan. Mengkonsumsi susu kambing secara berlebihan tentunya dapat memberikan efek peningkatan berat badan yang drastis.

Maka bagi mereka yang tengah melakukan diet rutin penurunan berat badan maka disarankan menghindari susu kambing, namun jika tetap ingin meminum susu kambing dapat mengurangi takaran dan frekuensi konsumsinya. Pembatasan atau pengurangan takaran dan frekuensi konsumsi susu kambing dilakukan untuk menghindari kenaikan berat badan secara drastis.

9) Asidosis

Dampak buruk konsumsi susu kambing apalagi dengan takaran berlebih adalah Asidosis, Asidosis adalah kelainan pada tubuh yang menyebabkan tubuh memiliki kadar pH di bawah kondisi normal tubuh daripada biasanya dengan kata lain tubuh menjadi lebih asam .

10) Sering Buang air Besar

Hal ini terjadi karena terjadi detoksifikasi pada tubuh yang dilakukan oleh susu kambing. Asupan susu kambing membuat tubuh membuang sisa racun pada usus dan mengeluarkannya dalam bentuk feces. Meskipun menggangu namun hal ini adalah gejala baik, disarankan untuk memperbanyak minum air putih.

11) Pertumbuhan Anak menjadi Terganggu

Konsumsi susu kambing yang berlebihan dapat menyebabkan pertumbuhan anak menjadi terganggu. Disarankan untuk tetap menggunakan asupan susu yang sebelumnya digunakan dan tidak menggantinya dengan asupan susu kambing meski susu kambing memiliki harga yang jauh lebih murah.

12) Badan Terasa Lemas

Meski pada awalnya akan membuat tubuh terkejut dengan kondisi yang tiba tiba lemas, namun ini adlah reksi umum sebagai bentuk “adaptasi” tubuh dengan keberadaan kandungan susu kambing dalam tubuh.

13) Perut Mulas

Setelah beberapa saat mengkonsumsi susu kambing, terutama bagi mereka yang belum pernah minum sebelumnya, perut akan mengalami mulas, ini terjadi karena susu kambing memicu peningkatan gas dalam tubuh. Dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih.

14) Sering Buang Angin

Kandungan susu kambing dapat memicu peningkatan gas dalam perut yang menyebabkan tubuh sering buang angin. Memperbanyak minum air putih adalah solusi bagi anda yang mengalami kondisi sering buang angin setelah minum susu kambing.

15) Darah Menstruasi Pada Wanita Bertambah Banyak

Bertambahnya darah saat menstruasi terjadi karena di dalam tubuh sedang terjadi detoksifikasi yang dipicu oleh kandungan di dalam susu kambing. Dan hal ini adalah gejala baik menandakan tubuh sedang mengeluarkan zat zat yang bersifat racun.

Itulah beberapa informasi yang dapat disajikan dari dampak buruk susu kambing untuk kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tags: Susu Kambing, Dampak Susu Kambing

Kesehatan 4 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com