Diet Sehat Bulan Ramadan? Bisa Dong! Lakukan 5 Cara Berikut Ini

Diet Sehat Bulan Ramadan? Bisa Dong! Lakukan 5 Cara Berikut Ini

Welcome back guys di artikelku yang ditunggu-tunggu, hehe. Diet dibulan puasa, bisa? Bisa dong! Kamu mungkin salah satu pemburu tips diet, entah dengan cara yang sehat atau pun instan. Tapi dengan tips klasik yang biasa muncul dan sudah kamu hafal banget, meski gak tahu persis cara kerjanya, dan malah membuat badanmu gagal untuk langsing. Jangan takut guys, kali ini aku bakal share tips sehat untuk diet dibulan yang penuh berkah ini.

Insyaallah dilebaran nanti badanmu akan langsing secara sehat. Bener, gak sih? Bener dong! Kamu harus paham dulu bagaimana cara kerja tubuhmu, nih. Jika kamu dalam keadaan berpuasa, kemudian berat diminggu pertama turun namun ketika hari selanjutnya berat badanmu malah tidak turun lagi atau malah naik. Itu berarti tubuhmu sedang memperlambat metabolismenya, karena tubuh beradaptasi dengan keadaan ‘lapar’ yang terus menerus, otomatis tubuh akan menyimpan segala makanan yang masuk menjadi cadangan makanan sebagai energi agar tubuhmu tetap bisa bekerja meski lambat.

Tanpa kamu sadari, tubuhmu pasti akan lebih gendut. Nah, berarti untuk melakukan diet yang berhasil kamu perlu menyiasati bagaimana agar tubuhmu tidak kelaparan, eits tapi ini diet dibulan puasa, gimana dong? Tenang, cara untuk menyiasati tubuhmu agar tidak dalam keadaan lapar terus adalah dengan mengatur pola makan. Fungsinya untuk meningkatkan metabolisme yang melambat tadi. Terus gimana caranya? Ok guys, berikut adalah tips ampuhnya! :)

1. Olahrga

    Setiap tips sehat apapun, ini wajib dicantumkan, why? Karena saat kamu berolahraga, kalori yang ada dalam tubuh akan dibakar, sehiggga terjadi peningkatan metabolisme. Dan energi yang ada tadi menjadi habis, sehingga kamu dalam 30 menit ke depan membutuhkan cairan yang masuk berupa air putih agar tidak dehidrasi. Dan dalam waktu 1 atau 2 jam kamu harus mengkonsumsi makanan.

    Jika tidak melakukannya, apa yang akan terjadi? Kemungkinan dehidrasi, pingsan karena turunnya kadar gula darah, dan sebagainya. Tapi, jika dibulan puasa kapan waktu yang tepat untuk berolahraga? So, waktu yang tepat untuk berolahraga adalah sore hari menjelang berbuka puasa. Disini, kalori yang ada langsung terbakar karena metabolismenya kembali meningkat, secara bahwa untuk mengunyah saja pasti membutuhkan energi.

    2. Tidur yang cukup

      Tidur disini selain sebagai pahala pada bulan Ramadan, juga bisa memaksimalkan diet kita. Lho, kok bisa? Bisalah, karena tidur bisa mengoptimalkan metabolisme, dan sangat membantu untuk menyiasati tubuh yang sedang dalam keadaan lapar. Selain itu, masih banyak lagi manfaat tidur yang cukup, guys.

      3. Konsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah

        Jangan dibawa pusing bahasanya, guys hehe. Maksudnya, gini lho, kamu jangan kalap makan waktu berbuka. Jadi, setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh pasti mengandung glukosa (gula darah) yang akan masuk ke dalam darah untuk menjadi energi. Nah, supaya gula ini bisa digunakan sebagai energi, maka butuh yang namanya hormon insulin.

        Jika makanan yang kamu konsumsi itu banyak, otomatis hormon insulin yang kamu butuhkan tinggi untuk merespon si gula tadi. Ketika kadar gula darah turun dengan cepat sekali, maka itu yang menyebabkan kamu cepat lapar. Itu tadi yang dinamakan makanan dengan indeks glikemik tinggi.

        Lalu, bagaimana dengan makanan indeks glikemik rendah? Begitu kamu makan makanan yang banyak mengandung serat, atau makanan sehat yang terjadi pada tubuh adalah kenaikan gula darahmu justru akan stabil dan akan bertahan lama dalam darah, dan gak buat cepat lapar. That’s why aku saranin kamu jangan kalap dan makan junk food.

        4. Hindari dehidrasi

          Kebutuhan cairan dalam tubuh perhari minimal 8 gelas, artinya kamu tidak boleh kekurangan cairan karena akan berdampak tidak baik untuk tubuh, apalagi selama berpuasa. Aku sarankan kamu bisa memaksimalkan cairan yang masuk, dan yang paling bagus adalah air putih. Ingat metode 2-4-2; saat sahur 2 gelas, berbuka 2 gelas, dan malamnya 4 gelas. Lebih juga boleh kok.

          5. Sering bershadaqah

            Mungkin terdengar sepele, tapi ini salah satu hal dengan dua manfaat. Selain mendapatkan pahala, uangmu juga tidak akan mubazir apalagi akan sangat membantumu untuk usaha diet. Daripada jajan sembarangan, gak sehat, lho!

            Itu tadi 5 tips untuk diet sehatmu dibulan puasa ini, guys! Semoga ibadah puasa ini mendapatkan berkah dan kelancaran ya, bonusnya juga untuk dietmu. Dan semoga kamu dalam keadaan sehat selalu, aamiin. Tunggu artikelku selanjutnya ya, guys! See you, bye-bye! :D

            Tags: Kesehatan Alami, Kesehatan, Gaya, Gaya Hidup Sehat, Tubuh Sehat, Tips Kesehatan, Tips Hidup Sehat

            Kesehatan 1 month ago
            Loading...
            10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

            10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

            Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

            close

            0
            Followers

            Mengenal Vebma

            Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

            Apa yang anda dapat?

            Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

            Apa saja yang bisa kamu tulis?
            Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

            Advertiser
            hello@vebma.com