Mengenal Tentang Penyakit Flu, Apa Gejala Flu, Penyebabnya dan Bagaimana Cara Mengobati Flu

Kesehatan 3 months ago
Mengenal Tentang Penyakit Flu, Apa Gejala Flu, Penyebabnya dan Bagaimana Cara Mengobati Flu

Penyakit flu biasa didefinisikan sebagai infeksi saluran pernapasan atas yang disebabkan oleh virus yang biasanya mempengaruhi hidung tetapi juga dapat mempengaruhi tenggorokan, sinus, tabung eustachio, trakea, laring, dan saluran bronkus – tetapi bukan paru-paru. Secara statistik, pilek adalah penyakit yang paling umum terjadi di seluruh dunia. Flu biasa adalah penyakit yang membatasi diri yang disebabkan oleh salah satu dari lebih dari 250 virus. Namun, penyebab paling umum dari pilek adalah rhinovirus. Flu juga bisa disebut coryza, nasopharyngitis, rhinopharyngitis, dan pilek. Semua orang rentan terhadap pilek.

Pilek biasa menghasilkan gejala ringan biasanya berlangsung hanya lima hingga 10 hari, meskipun beberapa gejala dapat berlangsung hingga tiga minggu. Sebaliknya, “flu” (influenza), yang disebabkan oleh kelas virus yang berbeda, dapat menyebabkan gejala yang parah tetapi pada awalnya mungkin menyerupai flu.

Apa Penyebab Flu?

Virus menyebabkan pilek. Sebagian besar virus penyebab-dingin sangat menular dan ditularkan dari orang ke orang. Beberapa fakta tentang masuk angin adalah sebagai berikut:

Meskipun pilek telah dengan manusia kemungkinan untuk ribuan tahun, virus flu biasa pertama diidentifikasi pada tahun 1956 di Inggris, sehingga sejarah penyebab masuk angin relatif baru.

Dari virus yang menyebabkan flu, subtipe yang paling sering terjadi adalah kelompok yang hidup di saluran hidung yang dikenal sebagai “rhinovirus.” Virus flu lainnya yang kurang umum termasuk coronavirus, adenovirus, dan virus pernapasan syncytial (RSV).

Virus dingin dapat menyebar melalui udara dan dapat ditularkan dari droplet udara yang dikeluarkan ketika seseorang dengan batuk pilek atau bersin. Hubungan dekat dengan orang yang terinfeksi dengan pilek merupakan faktor risiko utama.

Cara utama menyebarkan pilek adalah melalui kontak tangan atau wajah atau dari objek yang telah disentuh oleh seseorang yang terkena pilek, atau dengan menyentuh benda-benda tempat tetesan yang dihasilkan oleh batuk atau bersin baru-baru ini mendarat dan kemudian menyentuh wajah. atau mulut.

Penularan khas terjadi ketika seorang penderita pilek menggosok hidungnya dan kemudian, tak lama kemudian, menyentuh atau berjabat tangan dengan seseorang yang, pada gilirannya, menyentuh hidung, mulut, atau matanya sendiri.

Transmisi virus juga sering terjadi melalui benda-benda yang sering dibagi atau disentuh seperti gagang pintu dan permukaan keras lainnya, pegangan tangan, gerobak kelontong, telepon, dan keyboard komputer.

Apa Gejala dan Tanda Flu Biasa?

Keluhan paling umum yang terkait dengan pilek biasanya ringan. Tahapan dingin tidak terdefinisi dengan baik dan memiliki banyak nama tergantung pada penulis mana yang anda baca. Sebagai contoh, tahap-tahap pilek dapat menjadi masa inkubasi, periode simtomatik awal (sakit tenggorokan atau tenggorokan gatal), kemudian dengan cepat diikuti oleh beberapa gejala lain yang tercantum di bawah ini, diikuti dengan pengurangan gejala dan pemulihan dengan gejala berhenti. Tidak semua dokter setuju tentang tahap dingin dan menganggap pilek sebagai penyakit ringan yang berjalan dengan cepat tanpa “tahapan” formal. Gejala berikut biasanya terjadi dengan pilek:

  • Sakit tenggorokan, atau iritasi tenggorokan
  • Hidung berair (peningkatan produksi lendir) atau tetesan postnasal
  • Bersin
  • Sumbatan hidung dan sinus (lendir dan puing tebal) atau kemacetan dengan atau tanpa tekanan sinus
  • Sakit kepala
  • Batuk
  • Demam ringan
  • Mata berair atau kemerahan dan / atau gatal mata
  • Beberapa individu mungkin memiliki kelenjar getah bening yang agak bengkak di dekat leher dan telinga

Apa yang Spesialis Perawatan Flu?

Kebanyakan pilek tidak memerlukan perawatan medis, namun, dokter perawatan primer, dokter anak, dokter perawatan darurat atau dokter darurat sering melihat pasien dengan gejala dingin. Kadang-kadang, alergi dan, untuk wanita hamil, dokter kandungan / ginekolog (OB / GYN) dapat berkonsultasi.

Apa Masa Inkubasi untuk Penyakit Flu?

Masa inkubasi bervariasi untuk flu (waktu dari paparan virus ke perkembangan gejala) dan tergantung pada genus virus dan strain tetapi kebanyakan berkisar dari sekitar satu hingga tiga hari; misalnya, infeksi rhinovirus dapat memiliki periode inkubasi yang sangat singkat antara delapan hingga 10 jam.

Berapa Lama Flu Menular?

Ketika gejala pertama kali berkembang, seseorang sangat menular, tetapi setelah sekitar enam hingga tujuh hari gejala yang berangsur menurun, sebagian besar individu tidak lagi menular. Beberapa pilek berlangsung sekitar dua minggu, dan beberapa pilek menular selama bagian akhir periode inkubasi sebelum gejala berkembang.

Kapan Seseorang Harus Mencari Perawatan Medis untuk Flu?

Untuk gejala flu ringan hingga sedang, individu biasanya tidak perlu ke dokter. Hampir semua dokter dapat meresepkan untuk meredakan gejala dapat dibeli tanpa resep.

Namun, jika gejala menjadi berat atau orang-orang mengembangkan gejala atau tanda berikut, pasien mungkin memiliki virus “flu”, pneumonia bakteri, atau penyakit lain yang harus dilaporkan ke dokter:

  • Gemetar
  • Panas dingin
  • Menghasilkan banyak berkeringat
  • Nyeri otot atau nyeri tubuh dengan atau tanpa rasa lelah atau kelelahan
  • Mual
  • Muntah
  • Diare
  • Demam tinggi (lebih dari 102 F / 38,8 C)
  • Batuk secara konsisten menghasilkan dahak
  • Sakit dada

Untuk gejala flu yang lebih parah atau durasi gejala dan / atau tanda yang berkepanjangan, orang harus mengunjungi dokternya. Kunjungan kantor biasanya akan cukup, tetapi jika orang tersebut sakit parah dan tampaknya semakin memburuk, pergilah ke unit gawat darurat.

Cara Mengobati Flu

Jika pilek terjadi selama kehamilan, wanita harus memeriksa dengan dokter OB / GYN mereka sebelum mereka mencoba perawatan sendiri di rumah yang melibatkan obat-obatan OTC.

Sampai saat ini, tidak ada obat khusus yang ditemukan untuk kelompok virus yang menyebabkan pilek biasa.

Antibiotik membunuh bakteri, bukan virus, dan tidak berguna dalam mengobati flu.

Tampaknya tidak mungkin obat antivirus tunggal akan ditemukan dalam waktu dekat yang dapat menargetkan lebih dari 200 virus flu yang berbeda. Itu benar sebagian karena virus secara genetik berubah (bermutasi) setiap musim hanya cukup untuk mencegah pengembangan pengobatan khusus untuk virus itu.

Kabar baiknya adalah bahwa orang dapat mengambil beberapa langkah untuk mengurangi gejala setelah mereka terjangkit virus:

  • Kemacetan: Minum banyak cairan untuk membantu memecah kemacetan dan membantu menjaga lendir menjadi terlalu tebal. Minum air putih akan mencegah dehidrasi dan menjaga tenggorokan tetap lembap. Beberapa dokter menyarankan orang dengan pilek minum setidaknya delapan hingga 10 (8 ons) cangkir air setiap hari.
  • Cairan mungkin termasuk air, minuman olahraga, teh herbal, minuman buah, ginger ale, dan sup.
  • Cola, kopi, dan minuman lain dengan kafein sering bekerja untuk meningkatkan output urin ketika tujuannya adalah untuk meningkatkan cairan dalam sistem tubuh; akibatnya, cairan tersebut dapat menjadi kontraproduktif.
  • Uap yang dihirup (dari jarak aman agar kulit atau selaput lendir dihalangi) dapat meredakan hidung tersumbat dan menetes. Saran tentang cara melakukan ini dengan aman:
  • Taruh panci atau teko di atas tatakan kaki tiga di atas meja dan lapikan handuk di atas kepala dan di sekitar uap.
  • Humidifier dapat meningkatkan kelembaban di ruangan dan berguna untuk digunakan selama musim dingin ketika pemanasan mengeringkan udara dan selaput lendir seseorang.
  • Kelembaban dari pancuran air panas dengan pintu tertutup, semprotan hidung salin, atau duduk dekat dengan pelembab ruangan mungkin sama bergunanya dengan salah satu di atas.
  • Demam dan nyeri: Obat-obatan seperti

acetaminophen (Tylenol), ibuprofen (Advil,

Motrin), atau naproxen (Aleve) atau obat anti-inflamasi lainnya sering membantu menurunkan demam, mengurangi sakit tenggorokan, dan meredakan nyeri tubuh.

Demam tinggi biasanya tidak berhubungan dengan pilek biasa dan mungkin menandakan “flu” – penyakit yang lebih parah yang disebabkan oleh virus influenza. Laporkan ke dokter Anda setiap suhu lebih besar dari 102 F / 38,8 C.

Jangan berikan aspirin atau obat yang mengandung aspirin pada anak. Pada anak-anak yang lebih muda dari 12 tahun, aspirin telah dikaitkan dengan sindrom Reye, gangguan hati yang berpotensi fatal.

Batuk: Batuk adalah refleks yang terjadi ketika

saluran napas bagian teriritasi. Persiapan batuk biasanya dibagi menjadi dua kategori utama:

Suppressants: Ini bertindak dengan menghalangi refleks batuk Anda. Sebagai aturan umum, gunakan penekan untuk batuk kering dan meretas. Agen yang biasanya ditemukan di penekan batuk yang dijual bebas adalah

dextromethorphan (Benylin, Pertussin CS atau DM,

Robitussin Kekuatan Maksimum, Vicks 44 Cough Relief).

Ekspektoran: Batuk yang berhubungan dengan produksi lendir berlebihan, atau dahak, membutuhkan penggunaan

ekspektoran. Guaifenesin (Mucinex, Organidin) adalah bahan aktif yang paling umum di ekspektoran over-the-counter (seperti Anti-Tuss, Fenesin,

Robitussin, Sinumist-SR, Mucinex). Ini juga digunakan untuk dekongestion hidung.

Sakit tenggorokan

Lozenges dan semprotan topikal dapat memberikan bantuan dari sakit tenggorokan sakit. Secara khusus, lozenges yang mengandung seng dapat meredakan banyak gejala dingin lebih baik daripada jenis hisap tenggorokan lainnya. Namun, manfaat seng tidak terbukti, dan dapat menyebabkan sakit perut. Ini juga telah dikaitkan dengan hilangnya indra penciuman. Lozenges tidak dianjurkan untuk anak-anak karena mereka bisa menjadi bahaya tersedak.

Kumur air asin yang hangat dapat meredakan tenggorokan yang gatal.

Hidung tersumbat dan gatal

Dekongestan hidung membantu meredakan hidung tersumbat dan saluran sinus yang disebabkan oleh sekresi lendir yang berlebihan dan menebal. Ada beberapa jenis dekongestan umum dan obat lain yang tersedia; beberapa obat dapat menggabungkan beberapa obat ini:

Obat-obatan oral datang dalam bentuk pil atau cairan dan bertindak dengan mengecilkan pembuluh darah yang membesar di saluran hidung dan sinus. Mereka bekerja dengan baik karena obat didistribusikan dalam aliran darah. Dekongestan oral sering dikaitkan dengan efek samping stimulan seperti peningkatan denyut jantung, peningkatan tekanan darah , dan insomnia. Dekongestan oral yang umum digunakan adalah pseudoephedrine (Actifed,

Sudafed, Triaminic), tetapi orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu seperti penyakit Parkinson, tekanan darah tinggi, atau penyakit prostat harus menghindari penggunaannya.

Dekongestan semprot hidung bekerja sama dengan dekongestan oral tetapi memiliki keuntungan hanya bertindak di area yang diaplikasikan, biasanya tanpa efek samping stimulan. Bahan aktif yang paling umum dalam semprotan hidung adalah oxymetazoline (Afrin, Dristan nasal spray, Neo-Synephrine, Vicks Sinex).

Efek samping penggunaan berlebihan dekongestan hidung adalah ketergantungan (rhinitis medicamentosa). Selain itu, efek “rebound” dapat terjadi di mana gejala nasal muncul kembali setelah seseorang menghentikan pengobatannya secara tiba-tiba. Gunakan dekongestan hidung tidak lebih lama dari yang ditunjukkan instruksi paket – biasanya tiga hari.

Sebuah ekspektoran, guaifenesin, digunakan untuk mengencerkan sekresi bronkus, termasuk lendir. Hal ini memungkinkan pasien untuk lebih mudah membersihkan saluran udara mereka yang mungkin tersumbat dengan sekresi dan lendir sehingga membuat meniup hidung lebih efektif dalam membersihkan sekresi. Ini juga berfungsi sebagai penekan batuk.

Antihistamin seperti diphenhydramine (Benadryl) dapat membantu meredakan gatal.

Tags: Flu, Penyakit, Penyakit Flu

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com