Hanya dengan Perasan Lemon dan 1 Sendok Makan Minyak Zaitun, Maka Inilah yang Akan Didapatkan

Hanya dengan Perasan Lemon dan 1 Sendok Makan Minyak Zaitun, Maka Inilah yang Akan Didapatkan

Nutrisi pada Lemon

Lemon adalah buah yang dikemas dengan banyak nutrisi untuk kesehatan. Walaupun lemon termasuk buah yang kurang kalori serta tidak mengandung asam lemak jenuh, namun lemon adalah sumber serat makanan yang sangat baik. Adapun nutrisi yang terkandung pada lemon, antara lain:

  1. Vitamin C berupa asam askorbat yang menyediakan sekitar 88% kebutuhan vitamin C yang direkomendasikan setiap hari. Asam askorbat adalah antioksidan alami yang bisa larut dalam air serta memilki sifat anti infeksi dan anti inflamasi dengan mengikis berbagai radikal bebas berbahaya dalam darah. Lalu, asam sitrat pada lemon merupakan pengawet alami yang dapat menjaga sistem pencernaan dan membantu melarutkan batu ginjal.
  2. Vitamin A berupa antioksidan flavonoid seperti α, ß-carotenes, ß-cryptoxanthin, zeaxanthin, dan lutein. Senyawa-senyawa ini dibutuhkan untuk menjaga mukosa dan kulit sehat, menjaga kesehatan mata, serta membantu tubuh terlindung dari penyakit kanker rongga paru dan mulut.
  3. Vitamin B kompleks seperti asam pantotenat, piridoksin, dan folat yang penting dalam mengembalikan stamina tubuh setelah beraktivitas.
  4. Fitokimia berupa Hesperetin, naringin, dan naringenin merupakan sejenis flavonoid glikosida yang biasa ditemukan pada jenis buah berasa asam. Naringenin memiliki efek bioaktif pada kesehatan manusia, yaitu sebagai antioksidan, penangkal radikal bebas, anti inflamasi, dan modulator sistem kekebalan tubuh. Zat ini juga telah terbukti dapat mengurangi kerusakan oksidan DNA.
  5. Mineral berupa zat besi, tembaga, kalium, dan kalsium. Kalium menjadi komponen penting untuk cairan sel dalam tubuh dengan membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah.

Nutrisi pada Minyak Zaitun

Minyak zaitun diperoleh dari buah zaitun yang dipetik ketika sudah matang dan warnanya hijau muda dengan tekstur yang lembut. Pada titik ini, buah zaitun mengandung antioksidan berupa polifenol dalam jumlah banyak dan dipercaya paling baik untuk mengekstrak minyaknya.

Untuk mendapatkan ekstrak minyak zaitun yang super bagus, maka dilakukan dengan metode cold pressed. Metode ini akan menghasilkan minyak zaitun ekstra murni atau extra virgin olive oil (evoo), dimana minyak zaitun ini harus memenuhi standar asam lemak bebas yang sangat rendah (FFA) sekitar kurang dari 0,8%. Prosesnya pun dilakukan secara mekanik tanpa menggunakan bahan kimia atau kelebihan panas. 

Karena prosesnya dilakukan tanpa melibatkan penggunaan bahan kimia, maka minyak zaitun ekstra murni ini kaya akan nutrisi penting, seperti:

  1. Kalori yang berasal dari asam lemak tak jenuh tunggal seperti asam oleat dan asam palmitoleat bisa membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam darah. Hal ini bisa membantu mencegah penyakit arteri koroner dan stroke dengan memilih profil lipid darah yang sehat.
  2. Vitamin E adalah antioksidan lipid yang kuat, yang diperlukan untuk menjaga integritas membran sel mukosa dan kulit dengan melindunginya dari radikal bebas berupa oksigen yang berbahaya.
  3. Senyawa fenolik tyrosol seperti oleuropein dan oleocanthal. Senyawa ini merupakan antioksidan alami yang paling kuat. Bersama dengan vitamin E dan karotenoid, mereka berperan vital dalam melawan kanker, peradangan, penyakit arteri koroner, penyakit saraf degeneratif, diabetes, dan lain-lain.
  4. Phytosterol yang secara kompetitif menghambat penyerapan kolesterol dalam usus dan dapat mengurangi kadar kolesterol total hingga 10%-15%.
  5. Vitamin K berperan potensial dalam peningkatan massa tulang dengan mempromosikan aktivitas osteotropik pada tulang. Vitamin K juga berperan dalam pengobatan pasien penyakit Alzheimer dengan membatasi kerusakan neuron pada otak.

Lalu Bagaimana Jika Lemon dan Minyak Zaitun Dipadukan?

Ternyata hanya dengan rutin mengkonsumsi perasan lemon dan 1 sendok makan minyak zaitun setiap hari, bisa membuat Anda mendapatkan sejumlah manfaat kesehatan, seperti:

  1. Menjaga jantung sehat, dimana mineral pada lemon dan asam lemak tak jenuh tunggal pada minyak zaitun dapat meningkatkan sirkulasi dan mengatur kadar kolesterol jahat. Hal ini akan menghasilkan aliran darah yang lebih baik dan melindungi jantung dan sistem kardiovaskular secara keseluruhan.
  2. Mengatasi sembelit, dimana perpaduan antara lemon dan minyak zaitun akan bekerja efektif sebagai pelumas untuk sistem pencernaan dan mengurangi sembelit serta masalah pencernaan lainnya. Perpaduan ini juga akan mendetoksifikasi usus dan memperbaiki penyerapan nutrisi.
  3. Perpaduan lemon dan minyak zaitun menghasilkan sifat anti inflamasi yang hebat dalam melawan arthritis, asam urat, dan penyakit serupa.
  4. Menyeimbangkan fungsi hati dan kantong empedu, dimana lemon dan minyak zaitun memiliki sifat detoksifikasi yang kuat sehingga perpaduannya dapat mengeluarkan racun dari tubuh dan menyeimbangkan fungsi hati dan kantong empedu.
  5. Menjaga kesehatan kulit, dimana lemon memiliki sifat antiseptik yang dapat melindungi terhadap gangguan kulit, sedangkan minyak zaitun dapat menghidrasi kulit dan membuatnya tetap sehat.

Tags: Minyak Zaitun, Lemon, Khasiat Minyak Zaitun, Manfaat Minyak Zaitun, Khasiat Lemon, Manfaat Lemon, Minyak Zaitun Untuk Kesehatan, Lemon Untuk Kesehatan

Kesehatan 1 year ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com