Khasiat Bunga kenop salah satunya mengobati penyakit Asthma bronchial

Khasiat Bunga kenop salah satunya mengobati penyakit Asthma bronchial

Bunga kenop atau nama ilmiahnya adalah Gomphrena globosa L, merupakan Tanaman yang berasal dari Amerika dan Asia.

Seringkali ditanam di halaman sebagai tanaman hias atau tumbuh liar di ladang-ladang yang cukup mendapat sinar matahari hingga ketinggian kurang lebih 1400 m dpl. Batangnya hijau, kemerahan, berambut, dan membesar pada ruas percabangan. Daun berbentuk bulat telur sungsang sampai memanjang dengan ujung meruncing, panjang 5-10 cm dan lebar 2-5 cm, berwarna hijau dengan rambut berwarna putih, kasar di bagian atas dan halus di bagian bawah, duduk berhadapan, dan bertangkai. Bunganya berbentuk bonggol seperti bola dengan warna merah tua keungu-unguan, ada juga yang berwarna putih.

Bunga kenop memiliki sifat kimiawi berupa rasa manis dan netral, dapat digunakan untuk mengobati batuk, menghilangkan sesak (antiasthmatic), dan mengobati radang mata. Mengandung gomphresin I, II, III, V, VI. Bunga atau seluruh bagiannya bisa digunakan sebagai obat baik dalam kondisi segar maupun kering.

Berikut beberapa ulasan khasiat dan manfaat dari tanaman bunga kenop bagi kesehatan beserta cara pengolahannya menjadi obat.

1. Mengobati penyakit Asthma bronchial.

Cara memanfaatkannya adalah dengan merebus 10 kuntum bunga kenop bersama tiga gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Tambahkan sari perasan tape ketan atau arak kuning sebanyak satu sloki. Minum ramuan tradisional ini sehari tiga kali, masing-masing 1/3 gelas. Lakukan setiap hari sampai sembuh.

2. Mengobati luka atau koreng.

Tanaman segar dilumatkan, kemudian dibalurkan pada bagian yang sakit. Atau bisa juga direbus dan airnya dipakai untuk mencuci bagian yang luka.

3. Mengobati kencing tidak lancar.

Rebuslah 3-10 gram bunga kenop dalam tiga gelas air bersih samapai tersisa satu gelas. Setelah dingin saring dan air saringannya diminum dua kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

4. Mengobati disentri.

Rebus 10 kuntum bunga kenop segar dalam 100 cc sari perasan rasa tape ketan sampai mendidih (selama 15 menit). Setelah dingin, saring dan minum sekaligus. Lakukan 2-3 kali sehari.

5. Menambah selera makan.

Cuci 20 gram tanaman bunga kenop segar sampai bersih, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa dua gelas. Setelah dingin saring dan air saringannya diminum. Sehari dua kalu, masing-masing 1 gelas.

Setiap pengobatan dilakukan secara teratur. Namun perlu diperhatikan untuk penyakit yang serius atau berat tetap konsultasikan ke dokter.Konsumsilah herbal tanaman bunga kenop dengan bijak dan sesuai takaran.

Tags: Tanaman Herbal, Khasiat

Kesehatan 1 year ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

0
Followers

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com