Lidah anda putih? Bisa jadi itu karena Maag, Berikut Penjelasannya

Lidah anda putih? Bisa jadi itu karena Maag, Berikut Penjelasannya

Coba anda cek lidah anda. Apa warnanya? Apakah merah muda? Merah terang? Kotor dan tampak putih pekat atau bahkan kekuningan?

Lidah putih biasanya identik dengan penyakit tifus atau karena kurang menjaga kebersihan rongga mulut, akan tetapi berdasarkan penelitian dari Medical Oncology Shanghai University, kondisi lidah yang berwarna putih bisa jadi terkait dengan gastritis/ radang lambung/ maag. Cara menguranginya meliputi jaga pola makan dan kelola stres.

Kondisi lidah dapat mengindikasikan kesehatan fungsi tubuh anda, terutama organ pencernaan. Normalnya, lidah berwarna merah muda dan tampak bersih, akan tetapi kondisi tertentu dapat memicu perubahan warna lidah anda. Yuk kita simak beberapa sebab lidah memiliki warna yang tidak normal.

  • Jamur pada lidah

Bila oral hygiene atau kebersihan rongga mulut tidak terjaga, sangat mungkin akan tumbuh jamur (Candida albican) pada lidah anda. Jamur ini membuat lidah tampak putih keabu abuan dan tampak kotor. Biasanya disertai dengan bau mulut yang kurang sedap atau biasa disebut dengan halitosis. 

Cara mengatasinya dengan merawat kebersihan rongga mulut secara rutin, mulai dari sikat gigi, flossing gigi (membersihkan sela sela gigi dengan benang gigi/dental floss) serta membersihkan lidah dengan sikat lidah. Bila jamur sudah sangat tebal, anda perlu menemui dokter untuk mendapatkan resep antijamur.

  • Kekurangan Vitamin B dan Zat Besi

    Ciri ciri kurangnya konsumsi vitamin B dan Zat Besi salah satunya dapat terlihat di lidah. Lidah yang berwarna merah terang menunjukkan anda sedang butuh tambahan zat besi dan vitamin B. Segeralah tingkatkan konsumsi sayur sayuran hijau, daging merah dan kacang kacangan.

    Baca juga : Melihat Kesehatan Tubuh kita dari warna lidah

    • Penyakit Tifus

    Demam tifoid atau tifus dicirikan dengan panas tinggi, terutama pada malam hari, nyeri perut, mual dan muntah. Pada penderita tifus, lidahnya berwarna putih pekat dan terasa pahit sehingga nafsu makan juga berkurang. Pengobatan tifus memerlukan antibiotik yang harus diresepkan oleh dokter.

    • Gastritis

    Nah ini yang jarang diketahui oleh masyarakat umum. Gastritis atau maag, yaitu peradangan pada lambung, biasanya dicirikan dengan rasa tidak enak di perut, kembung, mual dan muntah. Gastritis bisa disebabkan oleh banyak hal, bisa karena terlalu banyak konsumsi obat obatan antinyeri NSAID (misalnya ibuprofen), alkohol, stres berlebihan dan infeksi lambung oleh H.pylori.

    Baca juga : Waspada , Nyeri di Mulut Bisa Jadi Gejala Kanker Lidah, Berikut Ciri ciri nya

    Salah satu penelitian di Medical Oncology di Shanghai University merilis bahwa gastritis yang disebabkan oleh bakteri H.pylori dapat dicirikan oleh lidah yang berwarna putih pekat. Karena itu bila anda menderita maag dan ternyata lidahnya tampak putih, bisa jadi diakibatkan oleh infeksi bakteri sehingga perlu pengobatan antibiotik. Selain mendapatkan antibiotik, penderita harus menjaga pola makan, mengurangi konsumsi makanan asam pedas serta mengelola stres dengan baik agar tidak mudah kambuh.

    Hayoo, apa warna lidah anda?

    Selama ini lidah adalah organ kecil yang jarang mendapat perhatian kita, padahal perubahan warnanya dapat mengindikasikan banyak hal. Yuk lebih peduli, agar penyakit bisa dideteksi lebih cepat. Semoga kita selalu sehat ya... Stay fresh..!

    Tags: Penyakit Maag, Lidah Putih

    Kesehatan 1 month ago
    Loading...
    10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

    10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

    Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

    close

    Mengenal Vebma

    Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

    Apa yang anda dapat?

    Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

    Apa saja yang bisa kamu tulis?
    Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

    Advertiser
    hello@vebma.com