Pentingkah Mengonsumsi Suplemen Makanan ?

Pentingkah Mengonsumsi Suplemen Makanan ?

Tidak ada orang yang dapat memungkiri bahwa kesehatan sangatlah penting. Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Anda. Diantaranya lewat olahraga, menjaga asupan makanan yang kita konsumsi, sampai mengonsumsi obat maupun suplemen.

Pernahkah Anda mengonsumsi suplemen?. Apa sebenarnya suplemen itu?. Apa saja komposisi dari suatu suplemen?. Apakah suplemen memang dibutuhkan tubuh Anda setiap hari?. Kapan waktu paling tepat untuk mengonsumsi suplemen. Pertanyaan-pertanyaan dalam benak Anda terkait suplemen akan dibahas dalam artikel ini. Hal ini penting untuk diketahui sebelum Anda mengonsumsi suplemen.

Apa itu suplemen makanan?

Suplemen makanan merupakan bahan makanan tambahan yang dapat berupa vitamin, mineral, herbal atau tumbuhan, asam amino, dan sebagainya. Suplemen makanan berupa vitamin yang banyak dikonsumsi masyarakat yaitu vitamin C, D dan E. Mineral yang populer sebagai suplemen makanan yaitu kalsium dan zat besi.

Produk herbal dapat berupa bubuk protein yang dibuat dari tanaman seperti sayuran hijau, kacang-kacangan dan biji-bijian. Sedangkan produk asam amino yang populer yaitu minyak ikan yang mengandung asam lemak omega-3. Produk-produk suplemen makanan pada umumnya dijual dalam bentuk pil, kapsul, tablet, bubuk dan bentuk cair yang banyak beredar di apotik dan toko-toko dengan berbagai macam merk.

Perlukah mengonsumsi suplemen makanan?

Kebanyakan orang mengonsumsi suplemen dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sehingga kesehatan mereka dapat terjaga. Akan tetapi Kita tidak selalu membutuhkan suplemen. Seluruh nutrisi untuk tubuh Anda dapat terpenuhi dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat tanpa perlu mengonsumsi suplemen.

Jika Anda ingin mengonsumsi suplemen makanan ada baiknya Anda mendiskusikannya dulu dengan dokter Anda untuk mengetahui keefektifan produk suplemen yang akan Anda konsumsi dan untuk menghindari resiko yang mungkin dapat timbul dari konsumsi suplemen. Karena terdapat beberapa kasus terkait efek samping dari konsumsi suplemen. Beberapa suplemen dapat menimbulkan resiko perdarahan jika dikonsumsi sebelum atau sesudah operasi.

Perlu diingat bahwa suplemen makanan bukanlah makanan pengganti karena suplemen tidak dapat menggantikan berbagai makanan sehat untuk tubuh Anda. Jadi berhati-hatilah sebelum Anda memutuskan untuk mengonsumsi suplemen terutama ketika Anda mengidap penyakit tertentu, atau ketika Anda sedang hamil maupun menyusui.

Efektifkah suplemen makanan yang telah Anda konsumsi?

Studi menunjukkan bahwa beberapa suplemen terbukti bermanfaat bagi kesehatan. Misalnya, kalsium dan vitamin D terbukti dapat menjaga tulang tetap kuat dan mencegah pengeroposan tulang. Asam folat mengurangi resiko cacat lahir, dan asam lemak omega-3 dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (AS) telah mengatur bahwa produk suplemen makanan tidak diuji hingga tingkat keamanan dan keefektifannya sebelum dijual dipasaran.

Anda perlu hati-hati dalam memilih suplemen makanan yang Anda butuhkan. Jangan tertipu dengan label “alami” dalam kemasan suplemen, karena tidak berarti suplemen tersebut aman dan efektif untuk Anda konsumsi. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda mengenai suplemen dan membawa manfaat bagi para pembaca.

Tags: Suplemen, Kesehatan, Obat

Kesehatan 1 month ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com