Penyebab Pengkerutan Pada Kulit Tangan Saat Terkena Air

Kesehatan 8 months ago
Penyebab Pengkerutan Pada Kulit Tangan Saat Terkena Air

Yang mempengaruhi proses pengerutan permukaan tangan dan kaki, pada dasarnya ketika tangan dan kaki terpapar cairan maka secara perlahan cairan tersebut akan diserap oleh keratin yang ada dipermukaan telapak tangan dan kaki, sehingga secara perlahan permukaan kulit tangan dan kaki menjadi membengkak dan akhirnya mengkerut. Mekanisme tersebut terjadi alami pada tubuh yang berfungsi sebagai suatu adapatasi tubuh di lingkungan atau kondisi basah, dalam kondisi telapak tangan dan kaki yang berkerut maka akan membantu meningkatkan kemampuan menggengam atau memegang suatu objek dalam kondisi basah. 

                   

1. Lapisan epidermis

Para peneliti mengatakan kalau lapisan luar kulit, epidermis, menyerap air. Tapi karena terikan dengan lapisan bawahnya, ia tidak bisa mengembang sempurna, sehingga mengakibatkan keriput.

2. Berhubungan dengan system syaraf

Para ahli syaraf pun berkesimpulan kalau alasan kenapa jari tangan dan kaki keriput apabila terlalu lama di air adalah reaksi syaraf manusia. Dan merupakan hasil evolusi. Jari tangan dan kaki menjadi keriput supaya bisa menapak dan menempel di permukaan yang basah dan licin. Supaya kita nggak mudah terpeleset dan jatuh.

3. Tidak ada aliran darah

Bahwa keadaan kulit yang keriput ternyata tidak ada darah pada bagian tersebut. Sebab darah tidak bisa masuk kebagian tersebut. Maka, saraf simpatik akan mengontrol darah tersebut ke bagian otot–otot utama. Kulit yang berkerut ini adalah tanda–tanda yang menunjukkan bahwa sudah tidak ada darah di dalam tangan.

4. Bagian pembuluh darah menegang                                                      

Ketika tangan anda berada di dalam air, maka ada bagian yang menegang. Bagian itu adalah pembuluh darah. Saat berada di dalam air terlalu lama, pembuluh darah harus menyempit. Tekanan pada saat pembuluh ini menyempit haruslah tinggi. Itulah mengapa pembuluh darah menegang. Tegangan ini karena ada  penyempitan pembuluh darah. 

                   

Berbagai orang mengatakan bahwa kulit tangan dan kaki kita membengkak sebab menyerap air dan sebab menyerap air itulah maka kulit menjadi keriput. Orang lain juga mempunyai alasan lain, mereka percaya bahwa kulit jari tangan dan juga kaki menjadi keriput sebab “osmosis”. Tapi seluruh fakta tersebut nyatanya tidak benar, sebab apabila jari-jari tangan dan kaki keriput karena “osmosis”, maka bagian badan lain juga seharusnya mengalami osmosis juga & tidak hanya bagian jari saja.

                      

Tags: Kesehatan Tubuh, Kesehatan, Fakta

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com