Permasalahan Jamur Kaki Bukan Masalah Lagi !! Berikut Tips Untuk Mencegah Jamur Kaki

Kesehatan 1 year ago
Permasalahan Jamur Kaki Bukan Masalah Lagi !! Berikut Tips Untuk Mencegah Jamur Kaki

Vebma.com- pemakaian sepatu setiap hari sudah menjadi kebiasaan dikarenakan pemakaian sepatu membuat kaki merasa nyaman dan bebas, namun pemakaian sepatu setiap hari terlebih sepatu yang berbentuk tertutup sepenuhnya dapat menciptakan lingkungan kaki yang lembab dan  memicu bermukim sarang kuman sehingga penyebab dari infeksi jamur kaki terlebih lagi pemakaian sepatu yang digunakan terbuat dari bahan plastik dan tidak mengunakan kaus kaki ketika pemakaian sepatu. 

Infeksi jamur di kaki disebabkan oleh organisme dermatofita. Organisme ini mengonsumsi keratin, protein yang terdapat pada kuku dan rambut, sebagai sumber Infeksi jamur di kaki dapat menyebabkan perubahan warna pada kuku kaki, penebalan kuku, kuku membelah, kulit bersisik dan kaki berbau. Selain itu, infeksi jamur di kaki juga dapat menyebabkan iritasi dan timbulnya rasa nyeri.

Ketika terjadi infeksi jamur terhadap kulit kaki akan sulit untuk mengatasinya dan proses penyembuhan membutuhkan waktu yang lama hingga berbulan-bulan, dan apabila jamur telah menyerang area kuku, maka akan lebih  sulit lagi untuk mengatasinya. Oleh karena itu sangat penting sekali untuk mencegah timbulnya terserang infeksi jamur di kaki, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah infeksi jamur kaki:

1. Memperkuat system kekebalan tubuh 

Orang yang memiliki system kekebalan tubuh yang baik akan sulit untuk di serang oleh jamur, sebab itu sangat penting sekali menjaga system kekebalan tubuh dengan makan-makanan yang bernutrisi, untuk memenuhi nutrisi yang ada dalam tubuh, selain makan yang bernutrisi juga dibutuhkan olaharaga untuk menjaga kebugaran tubuh.

2. Gunakan kaus kaki Berbahan Katun 

Apabila Anda memakai sepatu yang tertutup, terlebih jika terbuat dari bahan plastik, jangan lupa untuk memakai kaus kaki yang berbahan katun, dikarenakan bahan katun dapat menyerap keringat yang ada di dalam kulit dan dapat melindungi dari goresan yang menyebabkan kaki terluka akibat dari pemakaian sepatu.

3. Pemakaian Kaos Kaki Yang tidak  terlalu Ketat

Pengunaan kaos kaki yang terlalu ketat juga penyebab dari infeksi jamur kaki, sehingga lebih baik carilah bahan yang aman dan nyaman dan tidak terlalu ketat untuk di pakai sehingga dapat meminimalisirkan infesi jamur kaki

4. Potong kuku Anda dengan benar

Kuku kaki yang panjang akan menjadi sarang dari bakteri sehingga kemungkinan besar infeksi jamur disebabkan oleh kuku kaki maka potonglah kuku kaki Anda dengan benar, dan hindarilah agar jangan sampai terdapat luka pada kuku atau kulit kaki Anda. Hal ini untuk menghindari terjadinya infeksi.

5. Pilihlah sepatu yang tepat

Carilah jenis sepatu yang dapat memberikan sirkulasi udara terhadap kaki anda, sehingga kaki terhindar dari kondisi lembab dan memperkecil kemungkinan terjadinya infeksi jamur,  dapat pula membeli sepatu dari jenis bahan kulit dan kanvas, dikarenakan jenis bahan kulit dan kanvas memiliki sirkulasi udara yang baik. 

5. Gunakan sepatu dengan ukuran yang tepat

Sepatu yang baik adalah sepatu yang tidak menyentuh ujung kuku kaki, atau terlalu sempit. Namun, Anda juga harus menghindari untuk memakai sepatu yang berukuran terlalu besar. Karenanya, pilihlah ukuran sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki Anda sehingga sepatu yang Anda gunakan tidak terlalu besar dan tidak terlalu sempit.

6. Rutinlah mengganti sepatu yang Anda pakai

Memakai sepatu yang sama setiap hari, terlebih jika Anda sebelumnya memakai sepatu tersebut untuk berolahraga dan melakukan aktivitas yang membuat kaki berkeringat, dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi jamur di kaki. Untuk itu perlu menghindari pemakaian sepatu selama 3 hari berturut-turut, dan selalu harus memperhatikan sepatu anda dalam keadaan kering sebelum di pakai kembali. 

7. Hindari bertelanjang kaki di area yang lembab

Hindari bertelanjang kaki di area yang lembap, seperti di kolam renang atau pemandian umum, karena rentan untuk terjangkit infeksi jamur. Oleh karena itu, selalu gunakan sandal atau alas kaki ketika Anda hendak berjalan, khususnya di area-area umum seperti kolam renang, ataupun pemandian umum.

8. Bersihkan kaki hingga sela-sela jari kaki 

Usahakan ketika mandi jangan lupa untuk membersihkan sela-sela jari kaki mengunakan air yang melangalir dan sabun, setelah selesai keringkan sela-sela dengan handuk hingga kering.

9. Dalam keadaan basah sebaiknya hindari pengunaan kaus kaki dan sepatu 

Bakteri mudah bersarang di tempat yang lembab dan basah, untuk menghindari dari jamur terhadap kaki maka hindarilah pemakaian kaus kaki dan sepatu dalam keadaan basah

10. Ganti kaus kaki lebih sering apabila kaki mudah keringat

Bila kaki mengeluarkan keringat dalam jumlah yang cukup banyak maka cepat gantilah pemakaian kaos kaki, supaya untuk menghindari jamur bertumbuh dengan baik  di daerah kaki

11. Hindari peminjaman kaus kaki kepada orang lain

Untuk menghindari penyakit jamur yang menular dari orang lain maka jangan pinjamkan kaos kaki kepaad orang lain.

12. Usahakan untuk selalu mencuci kaos kaki

Untuk menghindari dari bakteri yang berkumpul dalam jumlah yang semakin banyak maka langkah yang harus diambil adalah cepat membersihkan kaos kaki dan segera mengeringkannya.

13. Gunakan bedak anti jamur

untuk mencegah proliferasi spora jamur di area kaki makan gunakan obat anti jamur pada sepatu dan kaos kaki 

14. Pertahankan kaki dalam keadaan tetap kering

Selalu menjaga kebersihan kaki sangatlah penting, apabila kaki sudah merasa lembab maka segeralah untuk mencuci kaki hingga bersih dan keringkan dengan handuk setelah itu gantilah kaos kaki anda setiap kali kaos kaki sudah kotor, maka dari itu sediakan cadangan kaos kaki ketika berpergian untuk bisa menganti kaos kaki yang sudah kotor, dan apabila berada di dalam rumah hindari pengunaan sepatu dan gunakan sandal yang terbuka

15. Untuk pengidap diabetes jaga agar gula tetap dalam batas normal

Penyakit diabetes adalah tubuh tidak bisa menghasilkan hormone insulin sehingga insulin tidak bekerja dengan baik dan gula darah meningkat, infeksi jamur adalah komplikasi diabetes yang sering ditemui dikarenakan jamur dapat berkembang biak dengan kadar gula yang tinggi, maka dari itu bagi penderita diabetes jaga selalu kadar gula supaya tidak terinfeksi jamur kaki. 

Namun apabila infeksi jamur di kaki sudah terlanjur terjadi, Anda dapat menggunakan krim anti jamur yang mengandung clotrimazole untuk membantu menghilangkan masalah jamur yang Anda derita. 

Tags: Jamur Kaki, Tips Mencegah, Pemakaian Sepatu Secara Rutin

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com