Pertolongan Pertama Mengatasi Mimisan Pada Anak

Kesehatan 5 months ago
Pertolongan Pertama Mengatasi Mimisan Pada Anak

Sebagai orang tua, tentu kita merasa panik ketika si kecil mengalami mimisan. Padahal menurut ilmu dari kedokteran hal ini merupakan kodisi yang bisa di alami anak pada usia 3-10 tahun. Hal ini dikarenakan pembuluh darah pada anak masih rapuh dan gampang pecah.

Penyebabnya bisa bermacam-macam, bisa karena adanya infeksi dan alergi pada hidung sampai efek samping dari obat-obatan yang sedang di konsumsi anak.

Untuk itu sebagai orang tua, bila si buah hati mengalami mimisan, kita harus tetap tenang dalam menghadapinya.

Berikut langkah-langkah pertolongan pertama bila terjadi mimisan pada anak:

- Dudukan anak dan minta agar posisi kepala sedikit menunduk. Hal ini diperlukan agar darah tidak mengalir ke tenggorokan.

- Kompres dengan air dingin. Ayah/Bunda dapat mengompreskan air dingin tersebut pada bagian dahi dan leher. Hal ini dilakukan agar pembuluh darah mengkerut serta mengurangi darah mengucur.

- Tutup hidung dengan menggunakan tissue atau jika ada daun siri yang segar lalu sedikit di remas-remas agar daun sedikit lemas agar mudah di masukan ke lubang hidung.

- Berikutnya dengan menekan hidung. Ayah/Bunda dapat menekan perlahan hidung menggunakan jari jempol dan telunjuk selama 10-15 menit. Perlu Ayah/Bunda ingatkan agar si kecil membuka mulutnya, supaya diwaktu kita menekan hidung si kecil dapat bernapas melalui mulut.

Dalam hal ini jika Ayah/Bunda sudah melakukan langkah-langkah diatas, tetapi darah belum berhenti mengalir bahkan bertambah banyak, si kecil tampak pucat dan denyut jantung anak tambah cepat, disarankan agar Ayah/Bunda membawanya kerumah sakit untuk penanganan yang lebih lanjut. Mudah-mudahan artikel ini dapat berguna ya Bun.

Tags: Keluarga

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com