Sering Terbangun Saat Tengah Malam? Cek Disini Normal atau Tidaknya

Kesehatan 8 months ago
Sering Terbangun Saat Tengah Malam? Cek Disini Normal atau Tidaknya

Tidur merupakan kebutuhan wajib untuk mengistirahatkan sistem-sistem yang ada dalam tubuh, singkatnya, untuk me-restart sistem dalam tubuh yang seharian telah dipakai. Tidur berkualitas sangat dibutuhkan bagi tubuh supaya ketika bangun badan terasa fresh kembali dan siap melakukan aktivitas kembali dengan semnagat. Namun, ada berbagai jenis gangguan tidur, salah satu yang cukup populer adalah terbangun dari tidur yang nyenyak di tengah malam. Meskipun mengganggu, ternyata para ahli berpendapat bahwa hal itu adalah normal, kecuali kita tidak bisa cepat tidur kembali setelah terbangun.

Menurut pakar kesehatan tidur di Mattress Firm, Dr. Sujay Kansagra mengatakan bahwa terbangun di tengah malam tak perlu dikhawatirkan. Mungkin tubuh kita melakukannya untuk menerima lebih banyak sirkulasi agar kembali lancar. Dikutil dari kompas.com, "Terbangun bukanlah bagian tidur yang tidak normal. Pada tahap tertentu, ketika kita mulai gelisah dan bergeser posisi, kita sebenarnya melindungi diri kita sendiri," katanya.


Baca Juga:



Selain meningkatkan sirkulasi, alasan umum lain kenapa terbangun dari tidur kemungkinan karena kita harus ke kamar mandi. Menurut seorang pelatih ilmu tidur bersertifikat, Bill Fish, orang dewasa hampir 50 persen bangun untuk menggunakan kamar kecil setidaknya sekali dalam semalam. Hal ini terjadi karena dibutuhkan sekitar 90 hingga 120 menit agar tubuh kita menjalani satu siklus tidur penuh.. Jika saat itu kita terganggu, kita pada dasarnya dipaksa untuk memulai dari awal siklus tersebut.

Chris Bratner, selaku konsultan tidur berlisensi mengatakam bahwa kesalahan umum yang menganggu tidur adalah mengonsumsi camilan, terutama yang mengandung karbohidrat, seperti sereal atau biskuit. Ia merekomendasikan supaya kita mengonsumsi camilan yang kaya akan protein, agar tidak merasa lapar di malam hari.

Cara memancing rasa kantuk yaitu dengan meminum segelas susu hangat agar tidur kita menjadi lebih nyenyak. Akan lebih baik kita tidak tidur dalam kondisi lapar. Salah satu penyebab laim saat kita terbangun tengah malam yaitu penurunan gula darah, bahkan dapat menyebabkan keluarnya keringat di malam. 

Perlu khawatir Tidak?

Menurut Martin Reed selaku spesialis pendidikan kesehatan bersertifikat, ada beberapa tanda yang menunjukan pola tidur tidak berfungsi maksimal. Menurutnya kita harus waspadai apabila terbangun dalam kondisi sakit kepala, mulut atau tenggorokan kering, serta tidur dalam keadaan mendengkur sepanjang malam. Jika gejala tersebut kita alami, Reed menyarankan supaya berkonsultasi pada dokter. Bisa jadi, tanda tersebut menunjukan kita sedang mengalami sleep apnea.

Banyak yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tidur nyenyak sepanjang malam. Misalnya menonton film yang membuat rileks, melakukan perawatan kecantikan agar rileks, hingga memijat kaki dengan krim atau aroma terapi.

Baca Juga:

  1. Stunting dan Tubuh Pendek Itu Beda Lho! Ketahui juga Tinggi Ideal Anak Laki-laki dan Perempuan
  2. Yuk ketahui Pertanyaan dan Jawaban yang Diajukan tentang Diet Keto
  3. Penting untuk diketahui ! Berapa Lama Diet Keto Sebaiknya Dilakukan
  4. Sebelum Diet Keto, Yuks Baca Dulu Panduan Lengkapnya !

Tags: Bangun Tengah Malam, Kesehatan, Insomnia, Gangguan Tidur, Pakar Kesehatan Tidur, Pola Tidur

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com