Tahukah Kalian, Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi) Merupakan Salah Satu Pemicu Dari Beberapa Penyakit Berikut!

Kesehatan 1 year ago
Tahukah Kalian, Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi) Merupakan Salah Satu Pemicu Dari Beberapa Penyakit Berikut!

Hipertensi, istilah ini mungkin telah lama melekat di pendengaran kalian. Hipertensi atau yang sering orang awam sebut sebagai tekanan darah tinggi ini adalah suatu keadaan dimana tekanan darah berada diatas ambang batas normal, yang  mana secara umum, dikatakan hipertensi apabila tekanan darah yang dimiliki lebih dari 140/90 mmHg. Tekanan darah umumnya dikendalikan oleh otak, system syaraf otonom, kelenjar endokrin, pembuluh darah arteri, dan jantung. Dulunya, hipertensi banyak menyerang orang-orang yang telah berusia lanjut, yang banyak dipengaruhi oleh faktor usia yang menyebabkan keelastisan pembuluh darah menurun. Akan tetapi, hal tersebut tidak lagi berlaku saat ini, bukan hanya lansia saja, tetapi banyak orang dengan usia lebih muda sudah terserang hipertensi. Satu hal dasar yang diyakini sebagai pemicu utamanya adalah pola hidup yang tidak baik yang cukup erat kaitannya dengan pemilihan makanan yang salah. Tekanan darah bisa saja ditekan hingga mencapai angka normalnya dengan beberapa alternatif, seperti melakukan aktivitas fisik yang cukup, menghindari berat badan yang berlebih yang dapat memicu obesitas, konsumsi buah dan sayur secara rutin serta pemilihan makanan rendah natrium. Jika seorang yang mengalami hipertensi tetapi tidak memanage dengan baik pola hidupnya, maka risiko untuk mengalami penyakit degeneratif lainnya juga semakin besar, mengingat bahwa hipertensi juga cukup besar pula pengaruhnya terhadap organ tubuh lain.

Berikut terdapat beberapa daftar penyakit yang awal mulanya dapat disebabkan oleh hipertensi:

  • Jantung, efek hipertensi pada jantung sendiri dapat mengakibatkan terjadinya serangan jantung. Pembuluh darah arteri membawa darah yang kaya O2 ke otot jantung. Apabila jantung tidak bisa mendapatkan O2, nyeri dada seperti angina dapat terjadi. Jika aliran darah tersebut tersumbat maka akan timbul serangan jantung. Hipertensi juga sebagai faktor risiko untuk terjadi gagal jantung kongestif (CHF) yang merupakan suatu ketidakmampuan jantung untuk memompa darah secara adekuat ke seluruh tubuh (sel-sel seluruh tubuh).
  • Stroke, Hipertensi merupakan pemicu untuk kejadian stroke, dengan mneyebabkan pecahnya pembuluh darah yang lemah yang pada akhirnya menimbulkan pendarahan di otak. Stroke juga dapat terjadi ketika gumpalan darah menyumbat salah satu pembuluh darah arteri yang menyempit di otak.
  • Ginjal, salah satu organ vital ini bertindak sebagai penyaring (terutama darah) yang membersihkan tubuh dari limbah. Adanya tekanan darah yang tinggi dapat mempersempit dan menebalkan pembuluh darah sehingga hal ini membuat ginjal mengalami kesulitan dalam menyaring darah yang pada akhirnya akan menyebabkan limbah menumpuk dalam darah dan dapat mengakibatkan terjadinya gagal ginjal. 

Selain ketiga penyakit tersebut, adapun Hipertensi juga dapat menyebabkan gangguan pada organ penglihatan, dimana dapat menyebabkan pembuluh darah rusak atau perdarahan pada mata sehingga dapat mengakibatkan penglihatan kabur atau bahkan kebutaan.

Jika ingin mengetahui seberapa tinggi tekanan darah kita, bisa digunakan alat spighmomanometer ataupun bisa dicek di puskesmas serta klinik kesehatan atau dokter.

Adapun, untuk penderita Hipertensi yang ingin memanage makanan bisa mengambil program diet DASH (Diet Approach to Stop Hipertention) untuk menghentikan Hipertensi.

 

Sekian dan Semoga Bermanfaat :)

Tags: Hipertensi, Tekanan Darah, Tekanan Darah Tinggi, Jantung, Penyakit Jantung, Penyakit Gagal Ginjal, Stroke, Pola Hidup Sehat

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com