TAHUKAH ANDA, TANAMAN BAWANG DAYAK BISA MENURUNKAN KOLESTEROL TINGGI

TAHUKAH ANDA, TANAMAN BAWANG DAYAK BISA MENURUNKAN KOLESTEROL TINGGI

Ada cukup banyak penyakit yang diderita manusia, salah satunya adalah kolesterol. Menurut World Hearth Organizaion (WHO) tahun 2015 diperkirakan 40% penduduk Indonesia memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi dari batas normal yang aman untuk kesehatan, itu artinya lebih dari sepertiga penduduk Indonesia beresiko terkena penyakit arteri.

Jika kadar kolesterol melewati angka 240 mg/dl maka anda harus segera melakukan berbagai cara untuk menurunkannya. ketika kolesterol berlebihan mengendap pada dinding arteri, maka aliran darah di jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya bisa terhambat. Dengan kata lain, kolesterol tinggi meningkatkan resiko seseorang terkena penyempitan arteri atau aterosklerosis, penggumpalan darah di bagian-bagian tubuh tertentu, stroke, Penyakit Pembuluh Darah Perifer (PAD), Hipertensi dan serangan jantung.

Jika hal tersebut dibiarkan terjadi, maka bisa saja berujung kematian. Naiknya kadar kolesterol bisa  disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari gaya hidup sampai pola makan yang kurang baik. Penyebab kolesterol tinggi sebenarnya bisa saja kita hindari tergantung bagaimana cara kita menjalani hidup tentunya dengan gaya hidup sehat.

Pada umumnya setiap manusia memiliki kolesterol, yang memiliki fungsi penting namun beberapa hal yang dapat membuat kolesterol tersebut menjadi sangat berbahaya bagi kesehatan. Penyebab kolesterol tinggi sangatlah beragam seperti berikut ini:

  • Faktor genetik atau faktor keturunan juga dapat diartikan sebagai salah satu penyebab timbulnya penyakit kolesterol. Faktor genetik dari keluarga yang memiliki trigliserida maupun kolesterol melebihi batas normal. Jika keluarga anda memiliki riwayat penyakit penyempitan pembuluh darah (jantung, stroke) sebelum usia 50 tahun, sebaiknya anda melakukan pemeriksaan.
  • Makanan yang mengandung lemak jenuh sangat membantu memicu penyakit kolesterol itu terjadi seperti : mentega, gorengan, kuning telur, daging berlemak, susu berlemak tinggi, coklat, karamel, cum, udang, siput, kerang, kepiting dan telur puyuh.
  • Masalah berat badan  terutama pada orang gemuk (obesitas) meskipun tidak semua orang kurus bebas atau rendah kolesterol, tetapi kolesterol tinggi lebih banyak terjadi pada orang yang mengalami obesitas. Karena obesitas mempunyai kandungan trigliserida (yang berperan menyimpan lemak, membentuk LDL serta penggumpalan darah dan HDL yang cenderung rendah. Jika anda salah satu orang yang memiliki obesitas segeralah melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter atau dengan menjalankan diet teratur sesuai petunjuk dokter, lakukan olah raga dan merubah pola makan, hindari makanan berlemak tinggi, alkohol, rokok dsb.
  • Jenis kelamin yang merupakan faktor penyebab kolesterol tinggi sebelum menopause biasa terjadinya pada wanita  cenderung memiliki kolesetrol rendah dibandingkan pria, tetapi setelah menopause, produksi kolesterol LDL pada wanita cenderung meningkat. Anda bisa mengurangi resiko kenaikan LDL dengan melakukan gaya hidup sehat, teratur, terkendali mulai sejarang.
  • Usia yang semakin bertambah bisa menjadi salah satu penyebab kolesterol tinggi, karena semakin bertambahnya usia kemampuan kerja organ tubuh semakin menurun, selera makan semakin rendah, hal ini harus lebih memperhatikan sumber energi dari makanan yang dikonsumsi lebih ditingkatkan, konsumsi buah-buahan dan sayuran yang memiliki serat tinggi, zat besi, kalori, mineral dsb.
  • Selain faktor-faktor diatas penyebab kolesterol tinggi lainnya adalah stres, stres memicu seseorang untuk mengkonsumsi makanan tanpa kontrol dan mengubah gaya hidup sehat yang sudah dilakukannya.

Manfaat bawang dayak sangat banyak untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk menurunkan kolesterol jahat didalam tubuh, Kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia adalah kondisi dimana tingkat kolesterol dalam darah yang melampaui kadar yang normal. Kolesterol merupakan lemak didalam darah atau sel tubuh yang berfungsi untuk pembentukan dinding sel dan hormon. Sebenarnya kolesetrol dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu membangun sel-sel baru agar tubuh berfungsi secara normal. Lantas bagaimana cara menurunkan kadar kolesterol tinggi dengan tanaman bawang dayak ini ?

TANAMAN BAWANG DAYAK UNTUK KOLESETROL

Bawang dayak dikenal dengan nama ilmiah Eleutherine bulbosa, tamanan ini adalah salah satu species bawang yang berasal dari Amerika. Tanaman ini banyak tumbuh di daerah pegunungan dengan tinggi antara 600–1500 m dpl. Bawang dayak  menyukai tempat-tempat terbuka dengan tanah yang banyak humus dan lembab, dengan ciri-ciri herba menahun, dengan akar rimpang, umbi atau umbi lapis. Daun-daun semua atau sebagian berdesak-desakan pada pangkal batang, dengan salah satu tepi menghadap batang (berbentuk pedang) dan satu sama lain memeluk dengan pangkalnya yang berupa pelepah.Dikalimantan bawang dayak biasa digunakan untuk memasak dan jadi pelengkap pada acar, sehingga banyak orang yang suka makan bawang langsung masih dalam keadaan mentah. Bawang ini juga sudah digunakan orang suku dayak untuk mengobati penyakit  ringan maupun berat. Didalam referensi Buku Tanaman Obat Indonesia disebutkan bahwa kandungan Bawang Dayak ini meliputi : Polifenol, Tanin, Alkaloid, Saponin, Triterpenoid, Stroid, GlIkosida, Fenolik, Tanin dan Flavonoid (kandungan senyawa lainnya masih dalam penelitian) yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

CARA MENGOBATI KOLESTEROL DENGAN BAWANG DAYAK.

Manfaat bawang dayak untuk kolesterol secara tradisional dianggap lebih efektif dan praktis karena sudah terbukti secara turun menurun, pemanfaatannya bisa dalam bentuk minuman, manisan maupun dalam bentuk bubuk.

Aturan pakai atau cara mengkomsumsi bawang dayak :

  • Dimakan langsung, cuci bersih bawang, makan 2 kali sehari 2 – 3 siung
  • Direbus dan diminum airnya, caranya :
  • Diseduh dengan air panas dan diminum airnya, caranya  ambil 5 – 6 butir bawang dayak diiris tipis-tipis dan diseduh dengan 1 gelas air panas, aduk perlahan da diamkan sampai agak dingin minum 2 kali sehari @ 1 gelas
  • Ambil 5 – 6 butir bawang dayak, cuci bersih dan diiiris tipis-tipis.
  • Rebus bawang dengan 2 gelas air hingga air berkurang setengahnya.
  • Minum rebusan bawang 2 kali sehari

Demikian manfaat bawang dayak untuk kolesterol maupun untuk penyakit lainnya sudah dibuktikan oleh Suku Dayak asli sejak dulu secara turun temurun. Jadi jangan ragu untuk menggunakan tanaman alami ini sebagai obat herbal. Semoga bermanfaat.

Tags: Manfaat Bawang Dayak Untuk Kesehatan

Kesehatan 1 year ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

0
Followers

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com