Ternyata Beberapa Makanan dan Minuman ini Membuat Anak Bodoh, Apa Saja?

Ternyata Beberapa Makanan dan Minuman ini Membuat Anak Bodoh, Apa Saja?

Makan dan minum adalah kebutuhan pokok bagi setiap makhluk hidup untuk mempertahankan hidupnya. Setiap orang, termasuk anak-anak memerlukan makanan untuk menunjang segala aktifitas sehari-hari. Makanan sehat yang tercantum di dalam 4 sehat 5 sempurna dianggap sudah mencukupi kebutuhan nutrisi harian setiap orang. 

Namun perkembangan zaman yang membuat manusia sibuk dengan segala urusan membuatnya memilih makanan yang serba praktis, instan dan cepat tersaji. Bahkan saat ini makanan cepat saji menjadi popular di seluruh belahan dunia. Padahal makanan jenis itu bukan merupakan makanan yang aman dan sehat untuk dikonsumsi oleh anak-anak. 

Makanan instan banyak ditemukan di tempat perbelanjaan


Apalagi mereka sedang dalam masa tumbuh kembang, jadi membutuhkan makanan sehat yang penuh dengan nutrisi baik untuk proses tumbuh kembangnya. Namun yang patut disayangkan banyak orang tua yang tidak menyadari telah memberikan makanan dan minuman yang justru berdampak negatif terhadap tumbuh kembang dan kecerdasan anaknya.

Oleh karena itu perlu orang tua ketahui beberapa makanan dibawah ini akan berbahaya bila diberikan dan dikonsumsi oleh anak-anak. Berbagai makanan yang akan kita bahas dibawah ini berpotensi menghambat tumbuh kembang dan bahkan membuat anak bodoh sehingga harus dihindari.

Berikut jenis makanan yang berbahaya bagi anak tersebut:

1. Makanan yang mengandung banyak gula

Asupan gula yang berlebihan dapat mempengaruhi kesehatan anak. selain menjadi penyebab obesitas, gula yang terdapat di dalam makanan olahan seperti permen dapat merusak otak anak. 

Ternyata banyak makanan yang mengandung gula berlebih


Penelitian yang pernah dilakukan oleh University California of Los Angles (UCLA) mengungkapkan bahwa kelebihan fruktosa dapat mempengaruhi kemampuan insulin untuk menggunakan gula dalam memproses fikiran dan perasaan. Saat anak memakan makanan manis yang berlebihan akan menyebabkan insulin tidak mampu mengolah gula yang masuk dan mengakibatkan kinerja otak menjadi terganggu bahkan melambat dan sekaligus mengganggu mood anak.

2. Fast food atau makanan cepat saji

Makanan cepat saji tidak memiliki nilai gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan ditemukan beberapa makanan cepat saji yang mengandung bahan pengawet dan garam yang berlebihan dan tentunya berbahaya bagi tubuh. Kedua kandungan yang berbahaya tersebut dapat mengakibatkan obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, sakit ginjal sampai serangan jantung. 

Dibandingkan manfaat, fast food justru lebih berbahaya bagi tubuh


Anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan lebih membutuhkan nutrisi yang cukup untuk membantu perkembangannya. Bila mereka sering mengkonsumsi makanan cepat saji maka kebutuhan akan gizi pasti tidak akan terpenuhi sehingga membuat otaknya tidak berkembang. Keadaan ini akan semakin bertambah parah di masa yang akan datang.

3. Makanan instan

Tidak hanya enak, makanan instan juga memberikan kemudahan bagi siapapun yang ingin menikmatinya. Namun kandungan bahan pengawet di dalam makan instan yang membuatnya tahan lama saat disimpan berbahaya bagi perkembangan otak anak. makanan instan yang dimaksud disini bukan hanya sekedar mie instan tetapi juga makanan kaleng.

Mie instan justru benyak digemari anak-anak


Sama seperti makanan cepat saji, makanan instan tidak memiliki pengaruh yang bermanfaat bagi tubuh. Bila terlalu sering dikonsumsi bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam makanan instan akan menumpuk di dalam tubuh dan berpotennsi meningkatkan gejala kemunduran fungsi otak atau demensia pada anak.

4. Daging olahan

Sosis adalah salah satu dari beragam daging olahan

Daging memang merupakan salah satu sumber protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tapi harus dipastikan protein itu di dapat dari daging asli bukan yang olahan. Sosis dan nugget adalah dua diantara sekian banyak daging olahan yang mengandung protein buatan, yang dicampurkan bahan kimia dalam proses pembuatannya. Jika anak sering mengonsumsi protein buatan ini, maka bahan kimia akan menumpuk dalam tubuh. Akibatnya, sistem saraf akan terganggu. Anak akan kesulitan mengingat sesuatu dan mengolah informasi.

5. Teh dan kopi

Tidak sedikit orang tua yang memberikan teh atau kopi kepada anaknya dengan berbagai alasan. Padahal teh atau kopi juga termasuk berbahaya bila dikonsumsi oleh anak-anak.

Kandungan kafein di dalam kopi dan teh berpengaruh pada jam tidur biologis anak


Kopi dan teh mengandung kafein yang menyebabkan anak insomnia. Dalam masa tumbuh kembangnya, anak membutuhkan cukup tidur.
Kafein juga dapat menghambat otak anak menyerap zat besi yang diperlukan untuk mengirim oksigen ke otak sehingga perkembangan otaknya terganggu.

6. Soda dan minuman kemasan lainnya

Tidak hanya menjadi penyebab rusaknya gigi dan obesitas, soda dan minuman yang mengandung gula juga dapat merusak otak anak. Penelitian yang pernah dilakukan oleh University Southern of California menunjukan adanya hubungan antara soda dengan kemampuan fungsi otak. 

minuman bersoda tidak baik bila dikonsumsi oleh anak


Soda yang dikonsumsi oleh anak-anak akan berpengaruh pada otak dalam mengingat dan memproses informasi saat mereka dewasa. Anda juga perlu mewaspadai jus buah dalam kemasan. Karena, buah yang digunakan untuk membuat jus kemasan bukan buah asli, tetapi hanya perisa dengan gula yang sangat banyak.

7. Snack atau Makanan Ringan

Snack memiliki banyak kandungan yang tidak baik bila dikonsumsi terus menerus

Makanan kemasan yang satu ini sangat disukai bahkan menjadi favorit anak-anak dan orang dewasa. Cemilan snack yang satu ini sangat berbahaya jika dikonsumsi anak dengan jangka waktu panjang atau terus menerus. Karena pada umumnya makanan ringan ini mengandung nitrat dan nitrit, juga MSG yang berbahaya bagi tubuh anak. Oleh sebab itu lebih baik sebagai orang tua, kita membuatkan cemilan sendiri dirumah untuk anak, dan tentu dengan rasa yang lezat dan kualitas baik.

8. Saus tomat dan saus sambal

Saus adalah makanan olahan dari tomat atau cabai merah, yang pada umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk cocolan ayam goreng atau kentang goreng. Namun sekarang ini banyak produsen yang menggunakan bahan pewarna pakaian atau bahan kimia berbahaya lainnya untuk menambah warna pada produk mereka. 


Cara yang paling mudah untuk mengetes warna saus adalah tuangkan saus pada telapak tangan dan biarkan hingga 1-2 menit lamanya, kemudian hapus menggunakan tisu. Jika saus meninggalkan bekas merah pekat, maka saus tersebut berbahaya untuk anak-anak konsumsi karena mengandung pewarna kimia berbahaya. Namun jika saus tidak meninggalkan warna, berarti saus aman untuk dikonsumsi anak.

9. Makanan yang mengandung minyak berlebih

Gorengan salah satu makanan junk food yang sangat disukai semua kalangan. Rasanya yang gurih dan renyah membuat banyak orang ketagihan. Memakan gorengan boleh saja, namun akan lebih baik jika anak tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Jika anak mengonsumsi gorengan berlebihan, maka bisa jadi minyak pada gorengan tersebut tertimbun menjadi bagian dari lemak yang ada dalam tubuh. Oleh sebab itu ajarkan pada anak untuk tidak mengonsumsi makan berminyak secara berlebihan.

10. Makanan instan beku

Banyak makanan instan yang sudah dibekukan dan tinggal dipanasi ketika akan menyantapnya. Untuk mengawetkan makanan beku agar tetap fresh, tentunya dibutuhkan kadar garam dalam jumlah yang banyak. Selain itu makanan beku juga mengandung tinggi lemak dan rendah serat. Bahya mengkonsumsi makanan jenis ini dalam jangka panjang dapat mengakibatkan hipertensi, penyakit jantung, diabetes dan kanker.

Banyak sekali jenis makanan ataupun bahan makanan yang berbahaya bagi kesehatan anak-anak. Sebagai orang tua anda harus jeli dalam memilih bahan makanan untuk keluarga. Selain itu anda juga dapat mengajarkan anak-anak sedini mungkin mengenai mana makanan yang baik dikonsumsi dan mana makanan yang sebaiknya dihindari oleh anak.

Pada umumnya makanan-makanan yang mengandung bahan berbahaya ini sering kita temui dalam jajanan anak-anak, baik jajanan dalam industri rumahan maupun industri besar. Makanan dengan warna yang menarik, rasa yang gurih dan harga yang murah biasanya menjadi daya tarik tersendiri untuk anak-anak.

Dibutuhkan kesabaran dalam menangani anak-anak, apalagi balita yang memiliki keingintahuan yang besar untuk mencoba berbagi jenis makanan. Untuk menghindari anak jajan sembarangan di lingkungan sekolah, sebaiknya orang tua orang tua membekali anak dengan sarapan atau membawakan makanan dari rumah. Namun jika memang harus membekali anak uang saku untuk jajan, dibawah ini beberapa tips untuk para orang tua dalam mengajari anak agar dapat memilih jajanan yang sehat :

• Beri pengetahuan kepada anak jenis makanan yang berbahaya. Misalnya : makanan dengan warna yang mencolok, makanan yang memiliki rasa yang tajam, menggunakan pengawet dan lain sebagainya.
• Ajarikan kepada anak cara mengecek kondisi makanan saat membeli makanan, mulai dari nama produk, komposisi, tanggal kadaluarsa, kualitas kemasan dan sebagainya.
• Ajarkan juga pada anak untuk tidak membeli atau menerima makanan yang dibungkus kantong plastik, kertas koran, sterofoam dan sebagainya. Beritahukan juga alasannya.
• Bekali anak dengan pengetahuan tentang kebersihan (higienis, sehat dan aman), baik itu mengenai tempat penjualan makanan tersebut ataupun alat-alat yang digunakan untuk menjual makanannya, juga kebersihan si penjual makanan.
• Terapkan anak untuk selalu hidup bersih dan mencuci tangan sebelum makan.

Tags: Makanan, Kesehatan, Anak, Fast Food, Kkimia, Cepat Saji

Kesehatan 1 year ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com