Tips Mengatasi Eksim yang Sering Kambuhan

Tips Mengatasi Eksim yang Sering Kambuhan

Walaupun tak termasuk golongan penyakit ganas, peradangan kulit seperti eksim tentu membuat tak nyaman bagi penderitanya. Dilansir Prevention.com, Head of Division of Pediatric Allergy & Immunology National Jewish Health di Denver, AS Donald Y.M Leung, MD menyarankan, supaya penderita tidak menggaruk bagian eksim yang gatal lantaran bisa menimbulkan infeksi, dan membuat kondisi makin parah. Penyebab utama eksim sendiri yang umum adalah respon terhadap faktor dari dalam tubuh (seperti alergi), respon faktor dari luar, seperti cuaca atau sabun cuci. Berikut adalah beberapa cara yang bisa membantu anda agar eksim tak sering kambuh, terutama bagi penderita gangguan eksim parah.

Pijat dengan minyak esensial

Asisten profesor Klinik Dermatolog Northwestern University Feinberg School of Medicine Peter A. Lio menyatakan, memijat lembut kulit kering dengan moisturizer khusus atau minyak esensial dapat membantu seseorang relaks. Misalnya, minyak biji bunga matahari, mengandung lemak baik dan dapat mengembalikan fungsi kulit yang sebenarnya. Untuk bagian kulit yang terkena eksim, biasanya dokter akan memberikan moisturizer khusus agar kulit tetap lembab.

Hipnoterapi

Sumber: mindbasedhealing.com


Belajar untuk tidak cepat kesal dan stres ketika gejala eksim muncul,  sangat membantu seseorang mengontrol penyakit ini. Dalam sesi hipnoterapi, seorang psikoterapis di Chicago Elizabeth Fung, PhD mengatakan, ketika seseorang merasa relaks dan fokus pada diri, ternyata dapat membantu mereka pulih dari eksim. Si pasien pun harus belajar mengendalikan diri dengan menghipnostis dirinya sendiri selama 10-15 menit setiap hari bahwa ia bisa sembuh dari penyakitnya ini. Kekuatan pikiran akan membuktikannya.

Adaptasi cuaca

Udara yang kering dan panas membuat kulit yang sensitif lebih mudah terkena eksim. Profesor Klink Dermatologi di Columbia University menyarankan, pastikan memperhatikan tingkat kelembaban di dalam ruangan. Namun, keringat juga bisa makin memperparah gejala eksim anda. Kamu bisa mennyalakan AC saat cuaca panas, atau berlindung dengan benda hangat saat cuaca dingin.

Berendam dan bersih-bersih

Sumber: mindbodygreen.com


Berendam selama 20 menit setiap dalam air hangat bisa mengembalikan kelembaban kulit. Berendam juga dapat mengusir zat pembawa alergi dan bakteri. Gunakan sabun pembersih dengan PH rendah dan tanpa pewangi. Setelah berendam, usap lembut bagian kaki atau kulit yang terkena eksim dengan obat krim topikal.

Akupresur

Kajian terbaru menunjukkan bahwa akupresur dan akupuntur bisa “menganggu” sistem jaringan, mengurangi rasa sakit, dan peradangan. Pada studi 2011, akupresur terbukti mampu mengurangi penebalan kulit akibat digaruk saat gatal. Pasien yang menjalani akupresur di bagian lengan 3 kali seminggu merasakan pengurangan peradangan dan kulit makin terlihat membaik.

Antihistamin & antialergi

Jika sudah terserang, orang pada umumnya akan menggunakan salep untuk meringankan iritasi kulit yang bisa dibeli bebas di apotek Namun, jika masih ragu, ada baiknya berkonsultasi ke dokter lebih dulu, biasanya dokter akan memberi salep racikan sendiri.

Untuk mengurangi rasa gatal, biasanya bagian kulit yang terkena eksim dapat diberikan obat antihistamin dan antialergi. Namun, anda perlu berhati-hati juga karena antihistaminika bisa menimbulkan reaksi kepekaan berlebih bila digunakan terlalu sering. Beberapa jenis salep tersebut, bernama Ikaderm 0,05%, Apolar CR 10, dan Kloderma Oint 10 G.

Beberapa krem bebas di pasaran mengandung antihistamin dengan efek baik dan anti gatal, adalah prometazin (Phenergan), tripelennamin (Tripel), serta losion defenhidramin (Caladryl).

 

Tags: Eksim, Kulit, Sensitif

Kesehatan 1 year ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

0
Followers

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com