15 Inovasi Temuan Anak Bangsa untuk Mengatasi Masalah Lingkungan

List 1 year ago
15 Inovasi Temuan Anak Bangsa untuk Mengatasi Masalah Lingkungan

Di era modern seperti saat ini, generasi muda Indonesia tidak boleh lengah. Anak-anak bangsa merupakan aset generasi muda yang harus bisa mengatasi tantangan-tantangan baru. Salah satu tantangan baru yang sedang marak adalah bahwa bumi kita sedang mengalami krisis lingkungan yang diakibatkan oleh global warming. Sebagai generasi muda yang kreatif dan inovatif, ternyata banyak masalah lingkungan yang dijadikan inspirasi dari banyak temuan karya anak bangsa. Ada yang menjadikan polisi tidur sebagai penghasil energi listrik. Ada yang menciptakan kantong plastik dari biji durian. Bahkan ada yang menciptakan pengharum ramah lingkungan dari kotoran sapi. Sangat membanggakan dan kreatif, inilah 15 inovasi temuan anak bangsa untuk mengatasi krisis lingkungan.

1. A.S.A.P untuk menyaring udara kotor

A.S.A.P atau Automatic Sedot Asap Polusi merupakan hasil temuan dari Lima mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dari Universitas Brawijaya Malang. A.S.A.P merupakan alat penyedot polusi udara dengan bantuan sensor khusus untuk mendeteksi gas karbon monoksida, asap, serta suhu udara yang ada. A.S.A.P ini bukan hanya mampu mengurangi polusi, tapi juga ramah lingkungan karena menggunakan panel tenaga surya untuk menjalankan tugasnya.

Baca juga: Menciptakan Penghawaan Alami pada Ruang dengan Konsep Dinding Bernafas

2. Lemari es tanpa listrik

SIswa SD bernama Arya dan Sanika berhail mendapat juara ketiga dalam World Creativity Festival Korea Selatan karena temuan hebatnya tentang lemari es tanpa listrik. Temuan ini adalah menggunakan bahan sederhana seperti pasir, air dingin, dan stereofoam. Pemilihan pasir adalah karena sifat alaminya yang dapat mempertahankan suhu.

3. Polisi tidur untuk pembangkit listrik

Siapa yang tidak mengenal polisi tidur? Adalah bagian dari perjalanan untuk menghambat laju kendaraan yang terlalu cepat. Jika kebanyakan orang akan menghindari polisi tidur, tidak dengan empat mahasiswa dari Universitas Brawijaya ini. Mereka telah mengembangkan Potret yang merupakan singkatan dari "Polisi Tidur Penghasil Energi Terbarukan". Mereka membuat sebuah alat untuk menghasilkan tenaga listrik dari polisi tidur.

4. Kapal tenaga surya

ITS memiliki tim Marine Soal Boat (MSB) yang berhasil menciptakan kapal tenaga surya. Kapal ini sempat menjadi peserta di Dutch Solar Challenge di Belanda pada tahun 2016 lalu. Pengujian selama 10 kali dilakukan pada kapal ini untuk mengetahui sebatas mana kapal mampu bertahan. Nama kapal keren ini adalah Jalapatih 1.

5. Lampu bakteri seumur hidup

Ada lagi temuan unik dalam bidang penerangan. Namun kali ini lampu yang diciptakan bukan hanya lampu hemat energi, melainkan lampu tanpa energi. Lampu yang diciptakan oleh mahasiswa UB ini hanya mengandalkan bakteri untuk memberikan cahayanya. Lampu ini bahkan disebut sebagai lampu seumur hidup. Temuan ini menggunakan bakteri dari tubuh cumi-cumi yang namanya adalah bakteri Bioluminescene.

6. Genteng Beton Estetika yang ramah lingkungan

Universitas Diponegoro (Undip) Semarang patut bangga pada kelima mahasiswanya karena mereka berhasil menciptakan inovasi baru di bidang bangunan berupa genteng beton yang ramah lingkungan. Namanya adalah Genteng Beton Estetika yang kemudian disingkat GENETIKA. Genteng ini diklaim sebagai genteng kedap air sehingga dan tanah terhadap bocor. Selain itu genteng yang menggunakan bahan dasar nano silika dan nano zeolit ini mampu menyerap gas yang menyebabkan polusi udara karena kandungan nano zeolitnya.

7. Pakan ternak kelinci dari limbah pasar

Tiga mahasiswa dari UB Malang menciptakan inovasi baru di bidang peternakan. Melihat permintaan daging kelinci yang semakin tinggi, mereka ingin membentuk kemudahan peternakan kelinci namun tetap murah. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan limbah pasar sebagai bahan pakannya. Selain murah, temuan ini juga mampu membentuk lingkungan yang lebih sehat karena secara tidak langsung terjadi proses daur ulang sampah pasar. Mereka bertiga meraih juara pertama dalam Pekan Ilmiah Humanika Sains baru-baru ini.

8. Thundershot, Alat Penyaring Sampah

Tiga siswa SMA dari Yogyakarta berhasil menemukan alat untuk mengatasi masalah sampah di saluran air dan sungai. Namanya adalah Thundershot, yang berhasil membuktikan kehebatannya dari sebuah prototipe kecil. Thundershot mampu menarik sampah dan mengangkatnya. Alat ini berhasil memenangkan juara 1 dari sebuah kompetisi yang diikuti oleh 13 negara.

9. SWAG untuk mengubah air hujan menjadi energi terbarukan

Empat mahasiswa UB ini mengembangkan sebuah sistem pengolahan air hujan. Namanya adalah Siphonic Drainage with Water Sterilizer and Electricity Generator (SWAG). Temuan mereka ini diklaim sebagai temuan yang memiliki tiga fungsi sekaligus, yaitu mengubah air hujan menjadi tenaga listrik, menyimpan tenaga listrik pada baterai, dan memurnikan air hujan untuk dipanen dan dipergunakan lagi.

Baca juga: 20 Tempat Mengagumkan yang Dipahat Langsung Dari Tebing Batu

10. Photo Electro System, Energi alternatif dari urine

Dua siswa SMA dari kota Malang berhasil menemukan Photo Electro System yang memanfaatkan urine untuk menciptakan sumber energi terbarukan. Konsep utama temuan ini adalah dengan mengubah urine menjadi hidrogen, yang akan menciptakan energi listrik untuk menggerakkan kendaraan. Kedua siswa tersebut berhasil meraih juara 1 di International Young Inventors Project Olympiade di Georgia. Uji coba dilakukan dan berhasil membuat kendaraan melaju hingga kecepatan 60 km/jam. 1 liter urine bisa dijadikan energi listrik sampai sejauh 17 km.

11. Memonitor kualitas udara dengan SMOQ

Sama-sama merupakan temuan dari mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer, kali ini SMOQ juga hadir sebagai solusi untuk mengatasipolusi udara. Namun berbeda dengan A.S.A.P, SMOQ ini lebih mengutamakan aplikasi android, yang merupakan gabungan antara sistem hardware dan software. SMOQ bisa memaparkan kondisi terkini mengenai status kualitas udara yang dibagi menjadi tiga tingkatan: normal, siaga, waspada.

12. Kantong plastik ramah lingkungan dari biji durian

Mahasiswa Teknik Kimia UGM berhasil menciptakan inovasi baru untuk mengatasi permasalahan limbah plastik, yaitu dengan menciptakan kantong plastik ramah lingkungan. Yang menarik dari temuan ini adalah tentang bahan baku yang digunakan, yaitu dari biji durian. Biji durian ini memiliki kandungan pati yang tinggi sehingga cocok untuk dijadikan bahan baku pembuatan plastik.

Baca juga: 10 Alasan Mengapa Kantong Plastik Harus Segera Ditinggalkan

13.Mobil listrik Apatte 62

Apatte 62 merupakan karya dari mahasiswa UB Fakultas Teknik yang berupa mobil urban bertenaga listrik. Setelah melewati uji coba, dan telah mampu menempuh jarak 80 kilometer, Appate 62 siap dipamerkan dalam sebuah kompetisi di Singapura. Sebelumnya, mobil mungil ini telah meraih juara ke-5 dalam acang Eco Shell Marathon Asia.

14. Motor Berbahan Bakar Campuran Air

Jika selama ini kita membutuhkan bahan bakar non-renewable seperti bensin, maka hal tersebut menginspirasi mahasiswa USU ini untuk menciptakan inovasi yang lebih ramah lingkungan. Mereka menciptakan motor dengan bahan bakar air yang tentu saja merupakan energi terbarukan dan lebih mudah didapatkan. Walaupun air yang digunakan bukan air murni, namun campuran antara bioetanol dengan air murni, tetap saja temuan ini akan bisa dijadikan solusi lingkungan karena berhasil mengurangi konsumsi bahan bakar non-renewabel hingga 50%.

15. Parfum dari kotoran sapi

Jika selama ini kita mengenal parfum dari bahan-bahan kimiawi yang belum tentu sehat, maka kali ini siswa dari Jawa Timur berhasil mengembangkan parfum alami dari kotoran sapi. Pengharum ini tentu saja ramah terhadap lingkungan. Selain itu juga ramah terhadap tubuh dan kesehatan manusia karena tidak mengandung zat kimia berbahaya sama sekali. Selain menggunakan kotoran sapi, bahan lain yang digunakan juga bahan alami, yaitu air kelapa. Tentu saja temuan ini ramah lingkungan. 

Tags: Penemuan, Inovasi Anak Bangsa, Indonesia, Anak Bangsa, Karya Anak Bangsa, Pemanasan Global, Ramah Lingkungan, Masalah Lingkungan, Krisis Lingkungan, Polusi, Pelajar, Mahasiswa

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com