15 Lokasi Pembantaian Massal yang Ada di Dunia

15 Lokasi Pembantaian Massal yang Ada di Dunia

Di saat sekarang ini kita perlu bersyukur guys karena hidup di masa yang sudah aman dan tenteram. Kehidupan bisa dijalani dengan adem ayem. Yach, meskipun kadang kita tetap dapat terbentur masalah. Tapi percaya deh masalah yang kamu hadapi itu tidak seburuk jika dibandingkan dengan masa di jaman perang. Ada banyak pembunuhan dan bahkan pembantaian massal yang terjadi dengan berbagai sebab yang kini menjadi sejarah kelam. Yuk, coba kita tengok apa saja yang terjadi dengan menelesuri lokasi pembantaian massal yang ada di dunia berikut ini:

1. Daejon, Korea Selatan


Di Daejon, Korea Selatan tahun 1950 pernah terjadi pembantain untuk memusnahkan para komunis dan simpatisannya. Dalam pembentaian ini diperkirakan kurang lebih 100 ribu-200 ribu orang meninggal. Kejadian ini kurang lebih sama dengan pembantaian PKI di Indonesia.

2. Pulau Jeju, Korea Selatan


Pulau Jeju yang kini menjadi salah satu objek wisata andalan Korsel tersebut dulunya menyimpan kepedihan dan menjadi saksi bisu adanya pembantaian massal yang pernah terjadi disana. Sekitar 30000 orang meninggal karena eksekusi oleh pemerintah Korea Selatan akibat pemberontakan yang bermarkas di pulau tersebut. Banyak terjadi kehancuran di setiap desa di pulau tersebut ketika peristiwa itu berlangsung.

3. Yangzhou, China


Pada tahun 1645 terjadi pembantaian massal di Yangzhou, China. Dinasti Qing mengirimkan pangeran Dodo beserta pasukannya untuk melakukan penyerbuan ke kota Yangzhou yang saat itu merupkan kekuasaan Dinasti Ming. Karena pertempuran itu, pembunuhan dan pembantaian pun tak dapat dielakkan. Sejarah mencatat sekitar 80000 orang meninggal. 

 4. Nanking, China


Nanking yang pernah menjadi ibukota China juga punya sisi kelam tentang pembantaian massal guys. Di tahun 1937 terjadi perang Sino-Jepang kedua. Pada saat jepang menyerang Nanking banyak sekali kepedihan dan kekacauan yang terjadi di daerah tersebut. Warga sipil ikut menjadi korban pembantaian dan wanita disana mendapatkan pelecehan yang tak semestinya dari tentara. Tercatat korban yang meninggal sebanyak 200 ribu hingga 300 ribu orang.

5. Pulau Kepiting


Pulau yang berada di New York ini menjadi saksi sejarah kelam di masa perang pada tahun 1814. Di pulau ini dibangun rumah sakit untuk merawat korban perang karena letaknya yang dekat dengan area konflik. Banyaknya korban membuat rumah sakit tak dapat menampungnya dan ada yang meninggal tanpa perawatan. Mayat-mayat tersebut dikuburkan secara massal dekat bangunan rumah sakit.

6. Kota Vukovar


Pada tahun 1991  terjadi pertempuran  yang menewaskan lebih dari 200 orang. Warga sipil ikut menjadi korban perang. Kebanyakan korbannnya adalah orang Kroasia yang dibunuh denga kejam oleh tentara Serbia dan Yugoslavia.

7. Sand Creek Massacre, Colorado


Sand Creek Massacre menjadi pembantaian massal terhadap penduduk asli Amerika yang dilakukan dengan kejam dan tak berperi kemanusiaan. Pembantaian yang terjadi pada 29 November 1864 membuat orang-orang indian yang merupakan penduduk asli tempat tersebut terbunuh secara mengenaskan.

8. Kamboja


Di tahun 1975 hingga 1978 di saat Khmer Merah hendak menggulingkan pemerintahan Kamboja pertempuran dan pembantaian massal pun tak dapat dihindarkan. Tak hanya petinggi negara dan tentara, tapi masyarakat sipil juga ikut menjadi korban. Atas kejahatan kemanusiaan itu, sekitar 2 juta orang pun menjadi korban.

9. Jeman


Holocaust oleh NAZI dibawah pimpinan Adolf Hitler menyebabkan sekitar11 juta orang Yahudi menjadi korban. Banyak yang meninggal di kamp-kamp karena penyakit, kelaparan, dan pembantaian.

10. Ukraina


Warga Ukraina mengalami penindasan dan pembantaian massal pada peristiwa yang disebut Holodomor. Peristiwa tersebut terjadi di Ukraina pada tahun 1932-1933 yang banyak mennyengsarakan warganya. Sekitar 7 juta orang menjadi korban akibat rezim tirani dibawah pimpinan Stalin.

11. India


India juga pernah menghadapi gejolak pemerintahan yang membuat etnis muslim, hindu, dan sikh saling berseteru. Ada ratusan ribu orang yang menjadi korban akibat perseturuan tersebut. Karena hal ini ahirnya mereka terpecah membentuk India Modern dan Pakistan.

12. Murambi, Rwanda


Pembantaian di Rwanda tahun 1994 yang terjadi karena konflik antara suku Hutu dan Tutsi menelan banyak korban. Untuk mengingat  sejarah tersebut telah di buat Murambi Genocide Memorial Centre sebagai museum yang dibangun di tempat tersebut.

13. Jerman


Penduduk asli Jerman pasca perang dunia II di tahun 1945 justru yang mendapatkan kecaman dan pengusiran. Sebanyak 14 juta orang Jerman diusir dari Eropa tengah dan Eropa Timur.  Karena itulah banyak yang kemudian menderita penyakit, kelaparan dan meninggal. Sebagian mereka juga dijadikan pekerja paksa dan ada pula yang dieksekusi.

14. Korea utara


Pembantaian massal dan kesewenangan masih terjadi hingga kini di Korea utara guys. Pemerintah Korea Utara dari tahun 1945 hingga sekarang masih menerapkan sistem kerja paksa bagi para penduduknya. Tak terhitung berapa banyak rakyat yang meninggal akibat kelaparan dan aturan ketat dari negaranya sendiri. Hingga kini rakyat Korut terbelenggu dalam penderitaan dan tak ada akses untuk terhubung ke dunia luar sehingga tak bisa meminta pertolongan. Miris banget kan guys?

15. China


Revolusi kebudayaan di China di tahun 1966-1976 dipimpin oleh Mao Zedong dalam menyebarkan ideologi komunis juga menjadi sejarah kelam terjadinya pembantaian massal yang bayak menelan korban. Diperkirakan sekita 1,5 juta orang terbunuh dalam penegakan ideologi tersebut dan lebih banyak lagi korban yang mengalami penindasan.

Itulah tadi 15 lokasi pembantaian massal yang ada di Dunia. Menyedihkan ya guys. Banyakin syukur deh karena kita nggak mengalaminya. Setuju kan?

Tags: Pembantaian, Massal, Dunia

List 1 year ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com