15 Manfaat Menyusui untuk Ibu dan Bayi

15 Manfaat Menyusui untuk Ibu dan Bayi

Menyusui merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh ibu kepada anaknya sampai anak berusia 2 tahun. Namun, saat ini gaya hidup tersebut berubah seiring dengan berkembangnya angka wanita karir. Ibu muda yang bekerja di kantor biasanya tidak memiliki waktu yang cukup banyak untuk menyusui anaknya. Ada juga beberapa ibu yang tidak mau ribet mengurus sang buah hari, sehingga peran ASI digantikan dengan susu formula. Walaupun mahal, namun menggunakan susu formula lebih praktis nagi kebanyakan ibu. Padahal menyusui sangat bermanfaat bagi ibu dan juga sang bayi. Berikut adalah 15 manfaat dari menyusui, baik bagi ibu maupun bayi.

1. Bayi menjadi sehat

ASI sangat sehat bagi bayi karena dapat meminimalkan infeksi saluran pencernaan pada bayi. ASI memang dirancang oleh Tuhan untuk cocok dikonsumsi bayi yang tubuhnya masih rentan akan berbagai macam penyakit. Selain itu, ASI juga mampu mengurangi pneumonia, pilek, dan penyebaran virus lainnya.

2.  Perlindungan jangka panjang

Ibu yang menyusui bayi akan mampu mengurangi risiko dari perkembangan penyakit kronis, seperti diabetes tipe I, penyakit celiac, dan juga penyakit Crohn. Selain itu, dengan menyusui, ibu juga akan mengurangi risiko dari penyakit kanker payudara.

3. Tulang menjadi lebih kuat

Ada penelitian yang menyebutkan bahwa wanita yang menyusui memiliki risiko lebih rendah dari osteoporosis postmenopause. Ketika seorang wanita hamil dan menyusui, tubuhnya menyerap kalsium jauh lebih efisien. Beberapa tulang, terutama tulang belakang dan pinggul mungkin akan sedikit kurang padat di masa-masa penyapihan. Namun enam bulan kemudian, tulang-tulang itu akan lebih padat daripada ketika sebelum hamil.

4. Menurunkan risiko SIDS

Menyusui dapat menurunkan risiko bayi mendapat serangan oleh sudden infant death syndrome (SIDS) sekitar 50%. SIDS merupakan sindrome kematian bayi mendadak, yaitu sebuah kondisi yang mengambil kehidupan bayi yang baru lahir saat tidur tanpa gejala yang jelas.

5. Tidak berpengaruh pada berat badan

Mitos yang mengatakan bahwa ibu akan menjadi gemuk jika menyusui bayi adalah salah besar. Dengan menyusui bayi, ibu justru akan menjadi lebih bugar dan sehat.

6. Membakar kalori

Menyusui akan mampu membakar hingga 500 kalori per hari. ASI mengandung 20 kalori per ons. Jika sang ibu memberi ASI pada bayi dengan hitungan 20 ons sehari, maka itu berarti 400 kalori telah berhasil dikeluarkan dari tubuh ibu.

7. Baik untuk bumi

Susu sapi yang merupakan bahan utama untuk membuat susu formula bayi, adalah kontributor yang signifikan terhadap pemanasan global. Mulai dari kemasan susu, sampah susu yang dihasilkan, botol susu bayi, sabun yang digunakan untuk membersihkan botol susu, sampai pada sisa-sisa susu yang tidak dihabiskan oleh bayi.

8. Pemulihan yang lebih baik bagi ibu di masa setelah melahirkan

Menyusui akan membantu rahim sang ibu kembali ke ukuran normal sehingga kondisi ibu akan lebih cepat pulih. Kira-kira sekitar enam minggu setelah melahirkan. Jika ibu tidak menyusui, maka proses pemulihan rahim akan lebih lama, yaitu sampai dengan 10 minggu.

9. Memenuhi kebutuhan nutrisi pada bayi

ASI memberikan perlindungan antibodi untuk bayi yang baru lahir. ASI juga mengandung lebih banyak protein dan rendah gula daripada susu formula, sehingga sejumlah kecil ASI dapat menahan rasa lapar pada bayi. Dengan demikian bayi tidak akan mudah lapar.

Baca juga: Beberapa Tips Dalam Memilih Makanan Pendamping ASI

10. Vaksin yang lebih efektif

Penelitian menunjukkan bahwa bayi yang mengonsumsi ASI memiliki respon antibodi yang lebih baik untuk vaksin di dalam tubuhnya daripada bayi yang hanya diberi susu formula.

11. Menunda menstruasi

Menyusui bayi sekitar akan menunda ovulasi. Hal ini memungkinkan masa penundaan menstruasi. Menyusui menyebabkan pelepasan prolaktin, yang menahan estrogen dan progesteron sehingga ovulasi tidak terjadi. Dengan penundaan menstruasi, berarti akan terjadi penundaan masa menopouse.

12. Hemat biaya

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa harga susu formula tidaklah murah. Jika dibandingkan dengan pemberian ASI yang “gratis”, sedangkan ada lebih banyak manfaat yang didapatkan dari ASI, maka mengapa kita harus membuang biaya hanya untuk membeli susu formula?

13. Sebuah cara yang bagus untuk mengenal lebih dekat sang buah hati

Ibu yang menyusui bayinya akan lebih mampu mengenal karakter sang buah hati jika dibandingkan dengan yang menyusui dengan susu formula. Ibu yang menyusui akan lebih mudah menangkap isyarat atau tangisan sang bayi dan lebih mampu memahami makna dari isyarat tersebut.

14. Manfaat kesehatan dan buaya untuk jangka panjang

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics di Amerika Serikat, negara akan menghemat setidaknya sekitar 13 miliar dolar per tahun (dalam biaya medis) jika 90 persen dari keluarga di Amerika Serikat memberikan ASI kepada bayi mereka selama enam bulan pertama.

15. Mempererat hubungan antara ibu dan bayi

Menyusui membantu menumbuhkan hubungan yang erat antara ibu dengan bayi. Sang ibu dan bayi akan menghabiskan waktu bersama lebih lama daripada yang hanya mengandalkan susu formula. Bayi akan memiliki kedekatan dengan ibunya, begitu juga sebaliknya.

Tags: Menyusui, ASI, Air Susu Ibu, Susu Formula, Ibu Dan Anak

List 2 years ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com