16 Tempat Wisata di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang Wajib Dikunjungi

16 Tempat Wisata di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang Wajib Dikunjungi

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang populer dengan singkatan TNBTS adalah sebuah taman nasional yang menaungi kawasan pegunungan Bromo Semeru. Taman Nasional ini dihuni oleh suku Tengger. Ada banyak sekali objek wisata yang bisa kita kunjungi di sekitar TNBTS. Diantaranya, adalah 16 di bawah ini.

1. Ranu Pani

Ranu Pani atau yang juga biasa disebut Ranu Pane adalah desa wisata sekaligus pintu masuk pendaki-pendaki yang akan menjelajah Gunung Semeru. Di sana juga ada sebuah danau yang bernama Ranu Pani. Danau ini memiliki keindahan dan kesejukan tersendiri dan membuat wisatawan betah berlama-lama di sana. Bahkan ada juga yang memutuskan untuk berkemah di sekitar Ranu Pani, walaupun mereka bukanlah pendaki gunung. Luas danau ini sekitar satu hektar.

2. Ranu Regulo

Tidak jauh dari Ranu Pani ada danau yang disebut-sebut oleh warga sekitar sebagai Ranu Regulo. Danau ini memang tidak seluar Ranu Pani itu sendiri. Namun banyak juga wisatawan yang camping di sana. Hawa khas pegunungan akan memanjakan mata. Dan di Ranu Regulo ada sebuah struktur seperti dermaga yang terbangun dari beton. Kita bisa duduk-duduk di dermaga itu dan menikmati danau.

Baca juga: 3 Danau yang Bisa Disinggahi Saat Mendaki Gunung Semeru

3. Bukit B-29

Bukit B-29 populer baru-baru ini. Berada di kawasan TNBTS, bukit ini menawarkan pemandangan puncak gunung tanpa harus melakukan pendakian terlebih dahulu. Untuk sampai ke sana, pengunjung bisa mengendarai kendaraan roda dua. Ada pula ojek di sana. Wisatawan juga bisa camping dan menunggu matahari terbit di sana.

4. Coban Pelangi

Air terjun ini memiliki arus yang deras dan tinggi. Cipratan air yang tercipta kembali menguap di udara dan menciptakan pelangi jika ada sinar matahari yang menerobos. Itulah mengapa air terjun ini disebut Coban Pelangi. Untuk sampai ke sana, dari tempat parkir kita harus melakukan perjalanan dengan berjalan kaki, kira-kira satu jam.

5. Coban Trisula

Tidak jauh dari Coban Pelangi, ada air terjun yang juga menjadi objek wisata. Namanya Coban Trisula. Namun air terjun ini tidak begitu populer seperti Coban Pelangi. Ada tiga undakan air terjun yang terbentuk alami karena tatanan batu yang bertumpuk. Itulah mengapa air terjun ini dinamakan Trisula.

6. Penanjakan Bromo

Jika Anda melihat Gunung Bromo, Gunung Bathok, dan Gunung Semeru berjajar seperti yang biasa kita lihat di majalah atau layar televisi, maka gambar itu pasti diambil dari Penanjakan Bromo ini. Dari sini, memang kita bisa melihat pemandangan memesona itu. Kita bisa juga menunggu sunrise di sini.

7. Bromo Sunrise View Point

Berbeda dengan Penanjakan Bromo, Bromo Sunrise View Point ini adalah salah satu titik pandang yang memberikan fasilitas yang lebih modern pada wisatawan. Di sana ada gazebo, tempat duduk, dan penjual-penjual makanan. Kita bisa menunggu sunrise di sana. Namun, karena ini juga merupakan jujukan pertama para pengemudi jeep, biasanya tempat ini sangat ramai.

8. Pura Luhur Poten

Pura Luhur Poten adalah salah satu pusat ibadah suku Tengger di lereng gunung yang beragama Hindu. Bangunan pura ini berbentuk seperti candi dengan batu yang bertumpuk-tumpuk. Saat ada kegiatan adat atau kegiatan ibadah, pura ini akan mengingatkan kita pada Pulau Bali.

9. Kawah Bromo

Dari Pura Luhur Poten, kita akan disuguhkan pemandangan lautan pasir yang menanjak. Dan itu adalah jalur untuk menuju ke kawah Bromo. Kita bisa berjalan kaki untuk mendakinya, atau bisa juga menyewa jasa kuda untuk mengantarkan kita. Namun, kuda hanya akan mengantarkan kita sampai batas anak tangga. Dan nantinya kit ajug aharus mendaki sendiri anak tangga yang ada.

10. Pasir Berbisik

Pasir berbisik adalah sebuah spot berupa lautan pasir di sekitar Bromo. Disebut sebagai pasir berbisik karena saat terkena angin, partikel-partikel pasir yang terbang tersebut memberikan sebuah sensasi bunyi yang sayup-sayup terdengar. Pasir Berbisik cukup populer di kawasan TNBTS, seperti kepopuleran Kawah Bromo.

11. Bukit Teletubies

Bukit Teletibues adalah hamparan savana pegunungan di sekitar Bromo yang mengingatkan kita pada serial televisi teletubies. Hamparan savana hijau dengan gundukan-gundukan topografinya, serta hawa khas pegunungan akan memanjakan mata kita. Di sini kita jug abisa menikmati sunrise atau matahari terbit.

12. Madakaripura

Madakaripura adalah air terjun yang dipercaya masyarakat sebagai tempat bertapa dari Patih Gajah Mada. Berlokasi di Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Madakaripura masih berada di dalam kawasan TNBTS. Keunikan air terjun ini adalah alirannya yang tidak begitu deras, seperti sedang hujan. Namun setelah pukul 2 siang, kita disarankan untuk meninggalkan air terjun itu.

13. Ranu Darungan

Ranu Darungan adalah sebuah danau di sekitar Semeru. Danau ini diperkirakan dibuat oleh pemerintah Belanda pada masa penjajahan. Tujuannya adalah untuk konservasi bunga anggrek dan tanaman obat. Danau ini adalah danau buatan dan dulunya merupakan pusat penelitian botani di Jawa Timur.

14. Ranu Klakah

Ranu Klakah terdapat di desa Tegal Randu, Kecamatan Klakah, Lumajang. Luasnya sangat besar, yaitu mencapai 22 hektar. Udaranya sangat sejuk. Di sana Anda akan menjumpai buah-buahan nangka yang merupakan ciri khas Klakah. Anda bisa membelinya karena banyak penjual yang menjualnya di sepanjang jalan raya.

15. Pendakian Semeru

Gunung Semeru, gunung tertinggi di Pulau Jawa, tentu menjadi daya tarik tersendiri dari TNBTS. Gunung ini samai dikunjungi pendaki pada musim-musim pendakian. Sudah ribuan bahkan puluhan ribu orang yang mendaki ke sana, termasuk turis-turis mancanegara. Walaupun sebenarnya pendaki tidak diizinkan untuk mendaki sampai puncak Mahameru, namun tetap banyak yang melakukan perjalanan sampai puncak. Dalam perjalanan pendakian kita juga akan melewati danau legendaris Ranu kumbolo.

16. Candi Jawar

Untuk menuju Candi Jawar, dibutuhkan adrenalin yang besar karena perjalanan ke sana akan melewati rute yang menantang. Candi ini terletak di Kecamatan Ampel Gading, tepatnya di Desa Mulyosari. Jika beruntung, kita bisa menikmati kemegahan Gunung Semeru dari sana. Candi ini merupakan canri peninggalan Hindu-Budha yang baru ditemukan sekitar tahun 1983. Belum banyak orang yang mengunjungi candi ini sebagai tempat wisata.

Tags: Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, TNBTS, Bromo Semeru, Suku Tengger

List 2 years ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com