17 Fakta Unik dan Menarik Tentang Negara Rusia

17 Fakta Unik dan Menarik Tentang Negara Rusia

Rusia merupakan sebuah negara yang terletak mulai dari Eropa Timur hingga Asia Utara. Luas wilayah negara Rusia ini mencapai hingga 17.075.400 km². Dan menjadikannya sebagai negara dengan luas wilayah paling besar di dunia.

Selain itu, Rusia juga memiliki 11 zona waktu yang berbeda dan tipe lingkungan yang juga berbeda-beda. Bahasa Rusia memang merupakan bahasa resmi yang kini digunakan sebagai bahasa nasional. Tetapi ternyata masih ada lagi 27 bahasa lain yang tersebar di berbagai bagian di negara Rusia. Dan di balik keberagamannya, ternyata Rusia juga menyimpan banyak fakta unik dan menarik yang pasti bisa bikin anda berdecak kagum. Berikut 17 fakta unik dan menarik tentang negara Rusia :

1. Rel Kereta Api Paling Panjang di Dunia

Berstatus sebagai negara dengan luas wilayah paling besar di dunia. Membuat negara Rusia juga memiliki keunikan tersendiri dalam hal kepanjangan jalur rel kereta api. Bagaimana tidak menarik jika rel kereta api Trans Siberia yang berada di Rusia ini merupakan yang terpanjang di seluruh dunia. Keren kan? Rel kereta api ini memiliki panjang 9200 kilometer dan terbentang mulai dari kota Moskow hingga ke kota Vladivostok.

2. Restoran Mcdonalds Paling Besar di Dunia

Salah satu fakta menarik lain dari negara Rusia adalah keberadaan restoran McDonalds paling besar di dunia. Bahkan saking besarnya restoran ini sampai menyediakan 700 kursi bagi para pengunjungnya. Hebatnya lagi, pada tahun 2012 lalu tepatnya pada ajang Olimpiade London restoran ini pernah memecahkan rekor dengan jumlah mencapai 1500 kursi.

3. Jumlah Perempuan Lebih Banyak Daripada Jumlah Laki-Laki

Ketidakseimbangan jumlah antara laki-laki dengan perempuan di negara Rusia diyakini karena efek dari peperangan yang terjadi pada Perang Dunia II silam. Karena saat itu banyak sekali laki-laki di Rusia yang harus meninggal karena terlibat dalam pertempuran di masa itu. Akibat ketidakseimbangan itu, kini banyak sekali perempuan di Rusia yang memilih untuk hidup sendiri daripada harus menikah karena beratnya persaingan untuk mendapatkan laki-laki idaman.

4. Cincin Kawin di Jari Manis Sebelah Kanan

Jika biasanya kita melihat orang-orang di Indonesia memakai cincin kawin pada jari manis sebelah kiri. Tapi tidak dengan halnya orang-orang di Rusia. Sebab orang Rusia memiliki tradisi unik yakni memakaikan cincin kawin pada jari manis sebelah kanan. Namun ternyata, hal yang sama juga terjadi pada beberapa negara lain di Eropa seperti Jerman, Polandia, Spanyol, Yunani, dan Austria.

5. Tidak Suka Bunga

Di Indonesia memberikan bunga pada seseorang itu berarti menandakan rasa cinta dan juga rasa sayang. Namun hal yang demikian ternyata tidak terjadi di negara Rusia. Sebab bagi orang Rusia dengan memberikan bunga itu berarti sama saja dengan dengan memberikan nasib buruk. Karena bagi mereka bunga itu sangat lekat sekali dengan peristiwa kematian atau juga pemakaman.

6. Negara dengan Luas Daratan Paling Besar di Dunia

Jangan heran dengan fakta yang satu ini. Sebab Rusia memang terkenal dengan negara dengan daratan paling luas di dunia. Bahkan hebatnya lagi, luas daratan Rusia hampir mencapai dua kali lipat dari luas daratan negara Amerika Serikat.

7. Rumahnya Para Miliader Dunia

Di negara Rusia banyak sekali orang-orang yang berstatus sebagai miliarder daripada negara-negara lain di dunia. Tak heran jika jumlah para miliarder di kota Moskow jauh lebih banyak daripada jumlah miliarder di kota tersibuk dunia, New York.

8. Penghasil Minyak Mentah Terbesar Kedua di Dunia

Sebagai negara penghasil minyak mentah, Rusia ternyata tak kalah dengan negara-negara yang ada di Timur Tengah. Sebab kini Rusia merupakan negara dengan penghasil minyak mentah paling besar kedua di dunia. Sedangkan untuk posisi pertama, kini masih di pegang oleh Arab Saudi yang menghasilkan hingga 10.900.000 barel setiap harinya.

9. Memiliki Transportasi yang Super Cepat

Orang-orang di Rusia sangat suka sekali bepergian menggunakan transportasi umum seperti kereta api dan bus. Tak heran jika jadwal pemberangkatan kereta api di Rusia hanya berselang setiap 90 detik saja. Sangat cepat sekali bukan?

10. Tidak Suka Jabat Tangan Lebih Dulu

Salah satu kebiasaan unik dari orang Rusia adalah tidak menyukai berjabat tangan lebih dulu. Mengapa begitu? Sebab orang Rusia meyakini bahwa dengan berjabat tangan terlebih dulu maka akan bisa mendatangkan sesuatu hal yang buruk.

11. Sekolah Gratis

Hampir mirip-mirip dengan yang ada di Indonesia. Rusia ternyata juga memiliki program sekolah gratis. Tetapi di Rusia sekolah gratis ini terbagi menjadi tiga tahap yakni sekolah menengah dasar, sekolah menengah utama, dan sekolah menengah khusus. Namun pendidikan gratis ini tidak berlanjut hingga ke jenjang perguruan tinggi.

12. Tidak Ada Wakil Presiden

Keunikan lain dari Negara Rusia adalah tidak adanya posisi wakil presiden. Ternyata alasan ditiadakan posisi wakil presiden adalah karena dulu pernah terjadi peristiwa pengkhianatan oleh wakil presiden kepada sang presiden. Dan sampai saat ini, Negara Rusia hanya dipimpin oleh seorang presiden dan juga perdana menteri yang saling bekerjasama mengurus jalannya pemerintahan.

13. Termasuk Negara dengan Kepadatan Penduduk yang Rendah

Meski saat ini jumlah penduduk Rusia mencapai hingga 142 juta jiwa. Namun karena luas wilayah dari Negara Rusia sangat-sangat luas. Membuat negara yang berdekatan dengan kutub utara ini termasuk sebagai negara dengan kepadatan penduduk yang rendah. Itu dikarenakan, pemerataan penduduk di setiap wilayah Negara Rusia berjalan dengan sangat baik.

14. Terdiri Dari 12 Etnis

Di Negara Rusia ternyata tak hanya di huni oleh penduduk asli etnis Rusia. Sebab selain itu juga ada beberapa etnis lain yang sudah sejak dulu menghuni Negara Rusia. Di antaranya adalah etnis Ukraina, etnis Tatar, etnis Baskhir, Etnis Chechen, etnis Armenia, dan beberapa etnis lain yang hingga kini belum diketahui identitasnya.

15. Kapal Selam Tenaga Nuklir

Kehebatan angkatan perang Negara Rusia sudah sejak dulu dikenal di seluruh dunia. Tepatnya pada era kejayaan Uni Soviet. Dan sisa-sisa kejayaan tersebut masih bertahan hingga saat ini. Termasuk di antaranya kapal selam berbahan bakar nuklir. Dengan kecepatan melaju hingga 56 km/jam, tak mengherankan jika kapal selam milik Rusia merupakan kapal selam paling cepat dan paling canggih di dunia.

16. Gunung Tertinggi di Eropa

Salah satu kebanggaan lain dari penduduk Rusia adalah keberadaan gunung Elbrus yang disebut-sebut merupakan gunung paling tinggi di daratan Eropa. Gunung bersalju yang memiliki tinggi hingga 5600 meter ini biasa digunakan untuk aktifitas olahraga seperti ski dan snowboarding.

17. Danau Baikal Danau Terdalam di Dunia

Danau Baikal adalah danau yang terletak di Siberia tepatnya di dekat perbatasan antara Rusia dan Mongolia. Dengan kedalaman mencapai 1500 meter, danau ini pun kemudian dinobatkan sebagai danau paling dalam di dunia.

Tags: Fakta Tentang Negara Rusia, Fakta Negara Rusia, Fakta Rusia, Rusia

List 2 years ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com