22 Benteng Bersejarah di Maluku Jejak Peninggalan Kolonialisme

22 Benteng Bersejarah di Maluku Jejak Peninggalan Kolonialisme

Menjadi tanah jajahan selama lebih dari tiga abad, membuat Indonesia punya catatan sejarah yang panjang. Penjajahan yang dilakukan oleh bangsa Eropa dan Jepang di masa lampau, tidak hanya meninggalakan cerita tapi juga beberapa bangunan. Salah satu di antaranya adalah benteng.

Maluku, adalah salah satu Pulau di mana Bangsa Eropa pertama kali mendarat di Indonesia. Maluku juga menjadi basis terpenting bagi Bangsa Eropa karena merupakan daerah penghasil rempah-rempah paling banyak di Nusantara. Karena itulah di Maluku banyak terdapat benteng yang dulu sering digunakan untuk beberapa hal, salah satunya sebagai basis pertahanan dari serangan musuh.

1. Benteng Kota Lama
Nama lain dari Benteng Kota Lama adalah Benteng Batu Gong Pillbox. Benteng ini dibangun oleh Jepang antara tahun 1942 sampai 1945. Benteng Kota Lama bisa kita kunjungi di Kelurahan Batugong, Ambon.

2. Benteng Amsterdam

Benteng yang satu ini dibangun oleh Belanda pada tahun 1637. Dulu benteng ini bernama Blokhuis Amsterdam. Kalau ingin bisa lihat-lihat benteng ini, kalian bisa datang  ke Desa Hila, Kecamatan Leihitu, Maluku.

3. Benteng Belgica

Gubernur Jenderal Pieter Both adalah orang dibalik pembangunan benteng ini. Benteng yang dibangun pada tahun 1611 ini terletak di Kota neira, Desa Nusantara, Kecamatan Banda Neira.

4. Benteng Beverwijk

Maluku juga punya Pulau Nusa Laut yang ada bentengnya juga. Benteng ini bernama Benteng Beverwijk yang bisa ditemukan tepatnya di Pulau Nusa Laut, Desa Sila, Kecamatan Nusa Laut.

5. Benteng Calombo
Benteng Calombo atau dulu dikenal dengan De Kop punya luas 10 meter persegi. Belum diketahui kapan dan oleh siapa benteng ini dibangun. Benteng Calombo dapat kita kunjungi di Pulau Gunung Api, Desa Nusantara, Kelurahan Banda Neira, Maluku.

6. Benteng Concordia

Masih berada di Banda Neira. Di sini kita juga dapat benteng lagi, tepatnya di Desa Waer, Kelurahan Banda Neira, Kabupaten Maluku Tengah. Benteng ini bernama Fort Concordia atau Benteng Concordia. Benteng seluas 1600 meter persegi ini dibangun pada tahun 1630 oleh Belanda.

7. Benteng Duurstede

Benteng yang satu ini cukup terkenal dalama sejarah. Kenapa? Karena benteng ini adalah saksi bisu perlawanan Kapitan Pattimura dan rakyat Saparua. Yups, bangunan ini bernama Benteng Duurstede. Benteng dengan luas 3970 meter persegi ini dibangun pada tahun 1976 oleh Portugis, dan kini bisa kita lihat di daerah Saparua, Maluku.

8. Benteng Haarlem
Punya nama lain Van Der Capellen, benteng ini terletak daerah Leihitu, Ambon. Benteng Haarlem dibangun pada abad ke 17 Masehi oleh Belanda.

9. Benteng New Victoria

Berhasil merebut Benteng Duurstede, bukan berarti Kapitan Pattimura selamat dari pertempuran balas dendam dan ajalnya. Terbukti Pahlawan Nasional yang sering kita lihat di uang 1000 Rupiah ini, gugur di hukum mati di Benteng New Vitoria ini. Benteng yang kini menjadi Markas kodam XVI Pattimura ini dibangun pada 1602 oleh Belanda dan sekarang bisa kita lihat di Kelurahan Uritetu, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

10. Benteng Kapahaha
Benteng ini dimiliki oleh Kerajaan Hitu dan dibangun pada tahun 1643 sebagai basis pertahanan kerajaan dari VOC. Benteng Kapahaha adalah benteng alam yang terletak di Desa Morela.

12. Benteng Harderwijk
Benteng dengan nama lain Redut Amahai ini dibangun pada tahun 1630 oleh Belanda. Benteng ini dapat kita jumpai di Pulau Seram tepatnya di jalan Poros Amahai-Masohi, Kecamatan Amahai, Maluku Tengah.

13. Benteng Hollandia (Banda)

Benteng ini disebut juga dengan Benteng Lontoir, karena letaknya di Desa Lontoir. Benteng dengan luas 1500 meter persegi ini dibangun pada tahun 1624 oleh Belanda di Pulau Banda Besar, Kelurahan Banda Neira.

14. Benteng Hollandia (Saparua)
Benteng ini terletak di Desa Sirisori Sarani, Kecamatan Saparua, Pulau Saparua. Benteng ini dibangun pada tahun 1624 namun masih terbuat dari kayu. Kemudian pada tahun 1652, benteng ini dipugar oleh Belanda menjadi benteng batu.

15. Benteng Hoorn
Bangunan dengan nama lain Benteng Pelauw ini dapat kita lihat di Desa Pelau, Kecamatan Haruku,Pulau Haruku. Benteng dengan luas 638 meter persegi ini dibangun oleh Belanda.

16. Benteng Kayeli
Benteng bernama lain Van Defensive ini dibangun pada tahun 1785 oleh Belanda. Benteng dengan luas 1840 meter persegi ini dapat kita temui di Desa Kayeli, Kecamatan Waepo, pulau Buru.

17. Benteng Passo

Benteng dengan nama lain Middelburg ini dibangun pada tahun 1625 oleh Belanda. Benteng ini terletak di Pulau Ambon, Desa Passi, Kecamatan Baguala.

18. Benteng Leiden

Benteng Leiden atau bernama lain Benteng Vasternburg adalah benteng yang dibangun pada tahun 1599 oleh Belanda. Berada di Desa Hitulama, Kecamatan Leihitu, Kbupaten Maluku Tengah, Pulau Ambon.

19. Benteng Nassau

Benteng Nassau ini dibangun pada tahun 1529 oleh Portugis dan mengalami pemugaran pada tahun 1609 yang dilakukan oleh Belanda. Benteng dengan luas 4.684 meter persegi ini terletak di Desa Nusantara, Kecamatan Banda Neira, Kabupaten Maluku Tengah

20. Benteng New Zeelandia

Benteng New Zeelandia atau Selandia Batu bukan berarti ada di negeri Selandia Baru ya. Benteng ini berada di Indonesia, tepatnya di Desa Haruku, Kecamatan Pulau Haruku, Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah. Benteng dengan luas 7369 meter persegi ini dibangun oleh seorang Belanda bernama Cornelis Matelieff de Jonge.

21. Benteng Wantrouw

Benteng yang dibangun pada tahun 1657 ini dibangun oleh Belanda dan sudah tidak difungsikan lagi. Benteng dengan luas 2500 meter persegi ini terletak di Desa Tumalehutmur, Kecamatan Huamual Belakang, Kabupaten Seram Bagian Barat.

22. Benteng Salomon
Benteng dengan nama lain Fort Culemburg ini dibangun pada tahun 1638 oleh Belanda. Benteng ini dapat kita temui di Dusun Sawai, kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah.

Itulah benteng-benteng yang ada di Maluku. Saat ini benteng-benteng dalam daftar di atas ada yang masih difungsikan dengan baik, ada yang digunakan sebagai destinasi wisata, tapi tak sedikit pula yang sudah digunakan sebagai pondasi penduduk setempat. Karenanya, yuk kita jaga kelestarian benteng-benteng yang mungkin masih tersisa dan terawat.

Tags: Benteng, BentengdiMaluku, BentengBelanda, BentengPortugis

List 2 years ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com