3 Hal yang Harus Dilakukan Saat ada yang Menghina Al-qur'an

3 Hal yang Harus Dilakukan Saat ada yang Menghina Al-qur'an

Sebagai umat muslim, tentu sudha sangat hafal benar bagaimana kedudukan Al-qur'an dihadapannya. Bahwa Al-qur'an adalah salah satu pedoman yang langsung diturunkan Allah kepada semua kaum untuk dilepajari dan diamalkan hingga hari akhir nanti. Meskipun bukan satu-satunya pedoman, namun Al-qur'an adalah pedoman tertinggi yang harus dijunjung oleh setiap muslim. Dan, setiap muslim harus mempelajarinya.

Namun, bagaimana jadinya bila Al-qur'an menjadi bahan olok-olok kamu non-muslim? padahal bagi seorang muslim, AL-qur'an adalah kalam Ilahi yang diatas egala-galanya. Apa yang harus dilakukan kamu muslim dalam menghadapi olokan tersebut? Dan bagaimana pula tata,cara dan aturan menghadapi mereka? Iya, semua itu harus mengunakan cara. Kaum muslim tidak boleh sembarangan membalas olokan tersebut. Sebab, jika kaum muslim membalas dnegan cara yang sama, lalu apa bedanya kaum muslim dengan mereka?

Untuk ipenulis akan memberikan beberapa cara dan hal-hal yang harus dilakukan kaum muslimin dalam menghadapi mereka yang mengolok-olok AL-qur'an. SImak penjelasan berikut:

  1. Mengenali Mereka


    Sebelum memberikan penghakiman kepada mereka ada baiknya kita mengenali mereka.Apakah mereka mengolok-olok karena mereka masih awam dan bodoh serta belum mengetahui kebenaran ataukah mereka sengaja melakukan hal tersebut lantara sudah mengenal benar bahwa yang mereka lakukan itu salah. Sebab, dalam dua pandangan ini memiliki cara yang berbeda.
    Pertama, untuk menghadapi orang yang masih awam mengenai hal tersebut, hal yang harus dilakukan adalah memberitahunay dengan cara baik-baik. Sebab mereka memang belum mengerti. Namun, ketika seseorang tersebut sudah mengerti dn faham benar bahwa itu termasuk sebuah olokan, maka yang harus dilakukan adalah memberinya peringatan dan berusaha meluruskan mereka yang telah sesat.
  2. Diam, Berpaling, dan Meninggalkan


    Hal ini pernah dilakukan oleh Rosulullah. Ketiak kaum musyrikin dalam keadaan terpojok hingga akhirnya menghina dan mengolok-olok serta mengeluarkan cacian dan makian kepada nabi dan kaum muslim serta kaum mukmin, Allah tidak pernah memerintahkan untuk membalas perbuatan tersebut. Sebaliknya, Allah memerintah kepada Nabi untuk diam dan berpaling meninggalkan mereka. Sebab, penyeru kebenaran tidak boleh melakukan hal sama kejinya seperti mereka. Dalam hal ini, Allah telah menjamin akan membalas perbuatan keji mereka sendiri untuk diadili. Maka, bersabarlah dalam menghadapi hinaan dan caia.
  3. Jangan sekali-kali menjadikan mereka sebagai teman Akrab


  • Inipun juga ejlas dalam Al-qur'an. Bahwa kaum muslimin tidak boleh menjadikan mereka yang mengolok-olok Al-qur'an sebagai teman karib. dalam hal ini Tidak diperbolehkan menjadikan mereka sebagai auliya'. Hal ini tertuang jelas dalam Al-qur'an, sebagai berikut: Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil jadi waly-mu, orang-orang yang membuat agamamu jadi buah ejekan dan permainan, di antara orang-orang yang telah diberi kitab sebelummu, dan orang-orang yang kafir. Dan bertakwalah kepada Allah jika kamu betul-betul orang-orang yang beriman. (QS. Al-Maaidah [5]: 57)

Demikian hal-hal yang harus dilakukan oleh seorang muslim dalam menghadapi perbuatan olok-olok terhadap All-qur'an. Apalabila masih bimbang dalam melakukan hal ini, maka mintalah petunjuk kepada Allah. Semoga kebenaran selalu menanungi kaum muslim. Dan semoga Allah sellau memberi petunjuk dan hudayah-Nya. Tak lupa, semoag para kaum muslimin tidak memiliki hati yang congkak hinga merasa kebenarana adalah miliknya seorang. Sebab, kebenaran sejati hanya miliki Allah, bukan manusia. Itu yang perlu diingat untuk tetap menghargai sesama manusia. Wallahu A'lam Bisshowab/


Tags: #cara Cerdas, #dihina

List 1 year ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com