​30 Makanan yang Memiliki Kemampuan Detoksifikasi untuk Membersihkan Racun pada Tubuh

​30 Makanan yang Memiliki Kemampuan Detoksifikasi untuk Membersihkan Racun pada Tubuh

Detoksifikasi merupakan suatu kemampuan untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh. Di dalam tubuh manusia terdapat organ hati (liver) yang bertugas untuk membuang seluruh racun yang ada. Racun-racun tersebut bisa dikeluarkan dalam bentuk keringat, buang air kecil, dan juga buang air besar. Namun, seiring dengan perkembangan makanan yang kian lama kian tidak sehat, tentu organ hati memikul tugas yang lebih berat karena banyak sekali racun yang masuk ke dalam tubuh kita tanpa kita sadari. 

Maka dari itu, kita perlu meringankan tugas dari organ hati kita, yaitu dengan memakan makanan sehat. Jika diperlukan, terutama untuk orang yang memiliki indikasi penyakit liver, tentu makanan-makanan yang memiliki kemampuan detoksifikasi yang baik sangat dianjurkan. Lalu, apa saja bahan makanan yang baik untuk detoksifikasi secara alami? Berikut ini adalah daftar-nya.


1. Wortel memiliki kandungan antioksidan dan beta karoten yang tinggi. DI dalamnya juga terdapat vitamin A. wortel dapat digunakan sebagai makanan detoksifikasi pada hati.

2. Brokoli memiliki kandungan glucoraphanin, gluconasturtiian, serta glucobrassicin dimana ketiga kandungan tersebut tidak ditemui dalam makanan lain secara bersamaan. Inilah yang membuat brokoli menjadi bahan makanan yang sangat baik untuk detoksifikasi. 

3. Teh hijau / Green tea merupakan salah satu bahan herbal yang kemudian dikembangkan menjadi minuman. Teh hijau menyimpan senyawa flafonoid yang cukup banyak, yaitu senyawa yang memiliki manfaat sebagai antioksidan, penyembuhan radikal, serta pembuangan racun dari dalam tubuh.

4. Apel merupakan salah satu buah yang memiliki kemampuan detoksifikasi yang baik dengan mengurangi kolesterol jahat di dalam tubuh. Selain itu, aple juga berkhasiat untuk membersihkan ginjal dan hati sehingga racun dan lemak yang tidak dibutuhkan oleh tubuh bisa dikeluarkan.

5. Sayuan arugula merupakan jenis sayuran cruciferous yang sering dijadikan bahan salad. Sayur arugula ini bermanfaat untuk detoksifikasi pada organ hati sehingga kinerja organ hati ini bisa berjalan dengan baik.

6. Kubis yang juga merupakan sayuran cruciferous mengandung zat sulforphane yang bisa membantu tubuh melawan racun. Kubis bisa membersihkan racun dari dalam organ hati dan merupakan salah satu sayuran yang memiliki kemampuan detoksifikasi yang baik.

7. Kacang walnut sudah dikenal sejak dahulu sebagai bahan makanan yang bisa mengeluarkan racun dan membantu fungsi liver di dalam tubuh. Bahkan, ekstrak kulit kacang walnut ini sudah banyak digunakan pada formula pembersih liver.

8. Buah bit mengandung banyak vitamin dan mineral yang memiliki banyak manfaat untuk detoksifikasi. Dalam buah bit terdapat pula banyak magnesium, zat besi, dan kalsium yang juga berfungsi untuk menambah gizi pada tubuh.

9. Lemon dikenal juga dengan istilah master of detoksifikasi. Lemon bukan hanya akan menghilangkan racun pada hati, melainkan juga pada ginjal dan paru-paru. Biasanya racun akan dikeluarkan dalam bentuk keringat.

10. Bayam mengandung banyak klorofil yang merupakan bahan utama proses detoksifikasi. Bayam bisa membersihkan paru-paru dan pembuluh darah. Serat yang ada pada bayam juga akan melancarkan proses pencernaan sehingga setiap racun yang akan dikeluarkan dalam bentuk kotoran bisa segera dikeluarkan.

11. Air putih menjadi obat yang paling baik untuk mengusir racun, terutama yang berasal dari kinerja ginjal. Karena tubuh manusia terdiri dari air, maka air putih juga bisa digunakan untuk melancarkan peredaran darah dan metabolisme di dalam tubuh yang membutuhkan cairan.

12. Lidah buaya sudah banyak dipergunakan, baik sebagai bahan makanan maupun sebagai bahan baku produk-produk pembersih rambut. Tanaman ini juga sudah dikenal sebagai tanaman obat. Tidak heran karena lidah buaya ternyata juga berkhasiat untuk menghilangkan zat kimia yang mengandung racun di dalam tubuh. Lidah buaya bisa dikonsumsi sebagai minuman (es lidah buaya).

13. Bawang putih yang juga merupakan bumbu masak ini merupakan bahan makanan yang saat ini sering dipergunakan sebagai sarana detoksifikasi. Memakan bawang putih secara mentah menjadi alternatif yang dianjurkan, walaupun aroma dan rasa dari bawang putih tidak cukup enak saat dimakan mentah.

14. Alpukat merupakan buah hijau yang sering dijadikan bahan minuman. Alpukat mengandung antioksidan yang berfungsi melawan racun dalam tubuh. Alpukat akan bermanfaat pula untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dianjurkan untuk mengonsumsi buah ini minimal satu buah setiap harinya agar proses detoksifikasi bisa berjalan dengan baik.

15. Kunyit yang berwarna kuning itu selain biasa dipergunakan sebagai bumbu masak, ternyata juga berkhasiat untuk membantu organ liver dalam melawan racun di dalam tubuh. Tidak heran mengapa banyak sekali jamu tradisional yang mempergunakan ekstrak dari kunyit sebagai bahan utamanya.

baca juga: 40 Makanan bagi Penderita Diabetes untuk Mengatur Kadar Gula Darah

16. Grapefruit merupakan jenis buah yang menyerupai jeruk, namun memiliki daging yang berwarna merah. Buah ini ternyata mampu membuang atau mengikis racun di dalam tubuh. Grapefruit juga memiliki kadar gula yang rendah sehingga aman untuk orang-orang yang sedang menjalani diet.

17. Cranberry merupakan satu dari jenis buah beri yang saat ini sudah mulai banyak dikenal di masyarakat, walaupun belum meluas. Buah ini memiliki sifat antibakteri, sehingga racun di dalam tubuh yang berbentuk bakteri dapat diusir dengan khasiat dari cranberry ini. Selain itu buah ini baik untuk kelancaran kinerja saluran kemih.

18. Strawberry yang sudah sangat populer ini ternyata tidak hanya memiliki rasa yang khas, melainkan juga memiliki kemampuan detoksifikasi di dalam tubuh dengan cara membersihkan racun yang ada di dalam tubuh. Buah ini membantu kinerja hati dan ginjal.

19. Kembang kol, yang masih sebangsa dengan brokoli ternyata memiliki kemampuan yang sama menariknya dengan brokoli dalam hal detoksifikasi di dalam tubuh. Kembang kol yang berwarna putih itu mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh. Bukan hanya untuk menghalau racun, kembang kol juga bersifat anti inflamasi.

20. Kayu manis merupakan salah satu bahan yang biasa dijadikan bahan pelengkap atau bahan herbal untuk minuman herbal. Kayu manis adalah rempah-rempah yang mengandung banyak kalsium, zat bersih, dan juga mampu menjaga gula darah. Kayu manis bermanfaat juga untuk mengusir racun di dalam tubuh.

21. Nanas merupakan salah satu jenis buah yang banyak juga ditemui di Indonesia. Nanas ternyata memiliki manfaat untuk membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh karena mengandung zat bromelain, yaitu enzim perncernaan yang bekerja sebagai pembersih di area pencernaan, khususnya usus besar.

22. Jahe, yang juga sangat populer di Indonesia tidak hanya bisa menghangatkan tubuh. Jahe ternyata memiliki fungsu untuk meningkatkan metabolisme di dalam tubuh dan juga sebagai sarana detoksifikasi yang cukup baik.

23. Sea salt atau garam laut murni merupakan salah satu bahan makanan yang tidak hanya bisa memberi rasa pada makanan, melainkan juga bisa mendukung sistem kekebalan tubuh karena kemampuannya sebagai anti bakteri. Selain itu, terdapat kandungan sulfur di dalam sea salt yang baik untuk mendukung proses detoksifikasi di dalam tubuh.

24. Biji chia memiliki banyak manfaat. Selain memiliki kadar omega-3 yang cukup banyak, biji chia juga bermanfaat untuk proses detoksifikasi di dalam tubuh. biji chia bisa dijadikan bahan untuk membuat infus water dan diminum sesering mungkin.

25. Gandum yang masih berada pada generasi padi-padian sangat baik dikonsumsi karena memiliki kandungan gula yang rendah. Gandum juga bisa bermanfaat untuk detoksifikasi di dalam tubuh dengan cara memberikan oksigen pada sel darah merah. Dengan begitu racun di dalam darah bisa dikurangi.

26. Minyak zaitun yang memang terkenal memiliki banyak khasiat untuk tubuh, juga memiliki daya detoksifikasi yang baik. Minyak zaitun yang juga biasa disebut sebagai olive oil ini bisa membuang racun dari dalam tubuh secara holistik (menyeluruh).

27. VCO atau Virgin Coconut Oil (minyak kelapa murni perasan pertama) merupakan minyak yang memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk membuang racun di dalam tubuh dengan menghilangkan bakteri jahat.

28. Semangka tidak hanya memiliki rasa yang enak. Semangka memiliki banyak kandungan air untuk hidrasi tubuh. Memakan semangka juga bermanfaat untuk membantu proses detoksifikasi di dalam tubuh.

29. Delima mengandung antioksidan yang banyak. Antioksidan ini berfungsi untuk mencegah berbagai macam penyakit. Buah delima bisa disajikan sebagai jus yang akan memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga proses detoksifikasi tidak akan terganggu.

30. Kiwi sebagai buah yang memiliki rasa yang enak memiliki khasiat untuk memperlancar proses detoksifikasi, yaitu dengan membantu memperbaiki fungsi dari organ hati.

Tags: Makanan, Detoksifikasi, Proses Detoksifikasi, Racun, Kesehatan Tubuh, Hati, Liver

List 2 years ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com