30 Tempat Wisata Paling Populer Di Manado

30 Tempat Wisata Paling Populer Di Manado

Berjalan-jalan atau berwisata ke suatu tempat pasti sangat menyenangkan, terutama jika kota tersebut belum pernah anda dan keluarga kunjungi. Lalu apakah ada di antara anda yang berniat untuk berwisata ke Manado dalam waktu dekat? Jika iya, maka anda harus menyimak beberapa tempat wisata di bawah ini yang mungkin bisa menarik perhatian anda.

1. Air Prang

Air Prang adalah lereng pasir gradual besar yang tersebar luas yang populer untuk menyelam malam namun juga berpotensi besar di siang hari. Air Prang bagus untuk spesies gurita dan Worm Bobbit tapi medan tandus dan kerapatan makhluk rendah berarti penyelam lebih sedikit datang pada siang hari dibandingkan dengan semua situs kotoran di utara.

Air Prang mungkin adalah salah satu situs paling menarik di Selat Lembeh. Nama itu secara harfiah berarti 'Perang Air'. Ini adalah lereng pasir dangkal yang luas, terutama saat pasang surut yang kuat membatasi kemungkinan pilihan di tempat lain di bagian tengah selat. Selain baik untuk spesies Gurita, juga baru-baru ini populer untuk tiga Rhinopias yang ditemukan di bagian reruntuhan di bagian utara situs ini.

2. Gunung Ambang

Gunung Ambang merupakan cagar alam yang terletak di sebelah utara Pulau Sulawesi yang meliputi 3.232 hektar.

Ini adalah kompleks gunung berapi di sebelah barat lengan utara Sulawesi dan ada dua danau, danau Mo'oat dan danau Tondok (Danau Mo'oat dan Danau Tondok), pada ketinggian 750 m. Yang lebih besar dari dua danau itu adalah Mo'oat. Keduanya berdampingan. Gunung berapi ini berisi beberapa kawah hingga 400 m dengan diameter dan lima bidang solfatara. Satu-satunya catatan sejarah letusannya terjadi di suatu tempat di tahun 1850an.

3. Pulau Baling Baling

Pulau ini tidak sepopuler Bunaken, faktanya, ada banyak wisatawan yang tidak tahu tentang keberadaan pulau ini. Meski begitu, keindahan Pulau ini sama seperti Bunaken.

Pulau Baling Baling adalah pulau kecil berbentuk bulat. Pulau ini masih berada di kawasan Tumbak, sebuah desa nelayan yang berada di Kabupaten Minahasa Tenggara, tepatnya di Desa Tumbak, Kecamatan Posumaen, Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara. Jaraknya sekitar tiga jam perjalanan dari pusat kota Manado. Pulau ini memiliki keindahan alam yang tak kalah indah dengan Bunaken. Pantai pasir di pulau ini berwarna putih, dengan air laut biru jernih.

4. Batu Dinding Kilo Tiga

Selain atraksi alam dan wisata bahari, Sulawesi juga menghadirkan berbagai aktivitas outdoor seperti arung jeram. Tapi ada satu lagi atraksi, yang sebenarnya lebih ekstrem dari yang lain, yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya. Situs wisata ini diberi nama Batu Dinding Kilo Tiga, dan ini sangat cocok bagi mereka yang menyukai adrenalin sambil menyaksikan keindahan pemandangan disekitar tempat tersebut.

Batu Dinding Kilo Tiga adalah salah satu situs paling ekstrem di Pulau Sulawesi. Tempat wisata ini adalah tebing alami yang menjulang tinggi sekitar 90 meter. Bentuknya yang unik menyerupai garis balok bertumpuk terbalik bertingkat.

5. Batu Kapal

Batuan tersebut termasuk singkapan berbatu dari sisi utara Pulau Lembeh. Jika anda ingin melihat beberapa ikan besar, inilah tempat yang akan berada di Sulawesi Utara: mengubah arus membawa barang dan memberi para penyelam berpengalaman sebuah petualangan nyata! Kepadatan ikan yang besar, dengan beberapa tunas anjing, barakuda, trevallies raksasa dan juga kura-kura, hiu karang abu-abu dan hiu karang berujung putih, atau sinar elang.

Ini adalah sekumpulan puncak dari ujung Utara Pulau Lembeh. Ini adalah menyelam ikan besar terbaik di Sulawesi Utara, namun arus multi-arah yang hebat mencegah semua orang kecuali penyelam yang paling berpengalaman untuk berkelana di sini. Kepadatan ikan sekolah sangat mengejutkan, dengan spesies yang lebih besar seperti dogtooth Tuna, Barracuda, Jack bermata besar, giant Trevally dan pelangi pelari terwakili dengan baik.

6. Batu Nona

Batu Nona menyerupai wanita cantik. Jika ingin melihat tempat ini, akan sulit jalan kaki karena bukit batu. Kemudian, anda perlu menyewa bot kecepatan atau kendaraan air lainnya. Anda bisa berkeliling bukit ketika air laut mulai surut, tapi sepertinya hanya bagian belakang bebatuan. Jika ingin melihat dari depan, anda butuh transportasi laut.

Kini resor pantai ini dikelola dan diciptakan oleh pemilik Fransisca Tuwaidan. Resor Batunona, anda bisa menginap selama liburan bersama keluarga. Pemilik resor kemudian membuat patung berukuran besar.

7. Pantai Bentanan

Pantai ini memiliki garis pantai yang luar biasa panjang karena tidak ada batu besar dan batuan kecil yang memotong pantai ini dan lokasinya sedikit menjorok. Pantai ini terbentuk sebagai teluk kecil. Di samping pantai berpasir putih ini tumbuh lindung nilai alami berupa pohon palem yang membentuk garis panjang sepanjang pantai.

Pantai ini cukup datar dan nyaman untuk melakukan beberapa jenis kegiatan olah raga. Resor pantai yang paling terkenal adalah Bentenan Beach Resort; Di resor ada peralatan sewa untuk melakukan olahraga air seperti menyelam dan snorkeling.

8. Bukit Kasih

Bukit Kasih atau Bukit Cinta, merupakan salah satu objek wisata di Sulawesi Utara. Terletak di 50 km sebelah selatan Manado tepatnya di desa Kanonang, Kabupaten Minahasa. Bukit kasih adalah bukit belerang yang masih aktif dan memiliki atmosfir yang dingin. Dibangun pada tahun 2002 sebagai pusat spiritual dimana para pengikut agama dari berbagai agama dapat berkumpul, bermeditasi dan beribadah berdampingan di bukit tropis yang rimbun dan berkabut.

Bukit ini disebut Bukit Kasih karena di situlah orang-orang dari berbagai agama dapat berkumpul dan menyembah simbol keyakinan agama mereka sendiri dalam harmoni damai. Ada lima rumah ibadah di sini; sebuah gereja Katolik, gereja Kristen, sebuah kuil, sebuah masjid dan kuil Hindu yang dibangun di puncak kedua.

9. Bunaken

Bunaken adalah sebuah pulau, yang sebelumnya merupakan bagian dari teluk Manado, merupakan bagian utara provinsi Sulawesi, Indonesia. Para pengunjung bisa mencapai Bunaken dengan speed boat sekitar 30 menit dari pelabuhan laut Manado. Di sekitar Pulau Bunaken, ada Taman Laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken. Secara keseluruhan, Bunaken meliputi area seluas 75.265 hektar dengan lima pulau di dalamnya, yaitu pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage dan cabangnya, Pulau Naen.

Taman laut Bunaken memiliki 20 titik tempat menyelam dengan kedalaman yang bervariasi hingga 1.444 meter. Dari 20 titik menyelam tersebut, 12 poin di antaranya adalah Pulau Bunaken. Ke dua belas titik penyelaman tersebut adalah yang paling sering dikunjungi para penyelam atau wisatawan yang ingin menikmati keindahan pemandangan bawah laut.

10. Gunung Dua Saudara

Puncak kembar Gunung Dua Sudara memberikan pemotretan panorama yang sempurna terutama saat diambil dari pantai Selat Lembeh. Meski gunung berapi itu mengesankan, namun sampai saat ini belum banyak yang menaiki pendakian ke puncaknya yang berada di 1.351 meter di atas permukaan laut.

Tangkoko terletak di gunung berapi timur laut paling banyak di pulau Sulawesi dan terletak sekitar 3km timur laut Dua Saudara. Ini memiliki kawah dalam yang besar yang sekarang dihuni dengan banyak spesies hewan dan tumbuhan langka. Kembalinya tahun 1801, kawahnya berisi kerucut yang dikelilingi oleh air danau. Pada saat ini, kubah lava datar baru muncul. Ini bernama Batuangus (batu bakar) dan merupakan sumber aktivitas vulkanik kemudian (paling baru tahun 1880). Cagar alam diciptakan pada tahun 1942 oleh Belanda.

11. Pulau Gangga

Pulau Gangga terletak di sub-distrup Barat Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Jaraknya sekitar 12 kilometer dari kota Manado. Ada dua desa yang mendiami pulau ini; Desa Gangga I dan Gangga II. Pulau Gangga menawarkan keindahan alam yang masih terjaga dan asli. Sebagian besar orang di pulau ini adalah nelayan dan mereka juga menjaga keindahan pulau.

Pantai di pulau ini memiliki pasir putih dan air laut biru jernih. Laut cukup tenang. Kekayaan kehidupan laut sangat bervariasi. Terumbu karang berwarna-warni dan ada berbagai jenis ikan yang menambah pesona pulau ini. Selain itu, Pulau Gangga juga memiliki panorama matahari terbit dan terbenam yang lebih baik tidak boleh dilewatkan. Di pulau ini selain snorkeling atau diving, para pengunjung juga diperbolehkan untuk memancing.

12. Vihara Ban Hin Kiong 

Vihara yang dibangun pada awal abad ke 19 ini merupakan salah satu tempat penganut Budha Dharma Dharma di kota Manado. Vihara ini, yang merupakan vihara tertua di wilayah timur Indonesia, memiliki arsitektur dan nuansa khas China pada abad ke 19, dan berada di pusat kota. Pada setiap bulan Februari, untuk agenda 'Imlek' (China New Year) di vihara ini dilewatkan ritual ritual "Tapikong" (Toh Peh Kong). Puncak momen adalah cade China tradisional, yang unik, menarik, dan menarik dengan atraksi utama tarian Barongsai dan Tan Shen (Incen Pia).

13. Makam Walanda Maramis

Ini adalah memori dari perempuan pejuang keadilan nasional di Sulawesi Utara. Lahir pada tanggal 1 Desember 1872 dan meninggal pada tanggal 22 April 1924. Sebuah organisasi bernama "PIKAT" dibangun oleh Ibu Walanda Maramis untuk melibatkan perempuan dalam pendidikan dan pembangunan sosial. Bangunan seni kuburan dan monumen dibangun untuk menghargai pelayanannya. Terletak di desa Maumbi tentang 9 km dari Manado, bisa sampai dengan transportasi lokal.

14. Situs Selam Jahir

Dinamai pemandu selam yang menemukannya, Jahir adalah situs sampah besar lainnya dengan banyak rumah landak ungu untuk kepiting Zebra yang indah. Ikan kalajengking Ambon adalah pengunjung tetap bersama dengan ikan kodok kecil dan banyak belut. Malam hari memberi kesempatan bagus untuk melihat stargazer aneh.

Jahir adalah salah satu situs selam terbaru yang ditemukan di selat tersebut dan diberi nama sesuai panduan yang pertama kali menemukannya. Jahir adalah situs yang dalam banyak hal menggambarkan Lembeh, dengan pasir vulkanik hitam yang perlahan-lahan akan anda pelayaran dengan hidung dekat dengan dasar laut.

15. Monumen Jepang

Kawasan bukit, yang penuh dengan gua melalui jalan antara Kiawa dan Kawangkoan, yang terletak di atas bukit di sepanjang pinggir jalan sekitar 20 km dari resor tersebut, adalah terowongan Jepang yang digali saat pendudukan Jepang di Perang Dunia Kedua. Sebagian besar digunakan untuk tujuan penyimpanan, ini adalah peringatan mengerikan akan masa-masa sulit dalam sejarah Indonesia. Ini diaplikasikan sebagai gudang persediaan.

16. Menara Kaki Dian

Kaki Dian adalah menara dengan bentuk 7 tangan lampu gantung dengan ketinggian 19m yang letaknya sekitar 3 km dari kota Airmadidi. Di kaki dian tower Anda bisa menikmati pemandangan luar biasa dari bagian utara wilayah Minahasa, juga pegunungan gunung Lokon dan gunung Mahawu.

Monumen ini memiliki lokasi yang sangat strategis di perbukitan Gunung Klabat dan membuat monumen tersebut terlihat sangat jelas dari Airmadidi dan sekitarnya sebagai ibukota Minahasa Utara. Dari lokasi Kaki Dian juga disajikan pemandangan yang indah, dimana para pengunjung bisa melihat panorama dari Manado dan sekitarnya.

17. Goa Jepang Kawangkoan

Goa Jepang Kawangkoan terletak di pinggir jalan antara desa Kiawa dan kota Kawangkoan. Gua ini dibangun oleh tentara Jepang selama Perang Dunia II untuk penyimpanan makanan dan baju besi, tempat komunikasi dan konsolidasi selama perang. Gua ini mudah dijangkau dari Manado (45 km).

Dibangun pada masa penjajahan Jepang, tepatnya pada tahun 1943, pembangunan gua ini memakan waktu sekitar satu tahun, sehingga mulai digunakan pada tahun 1944. Gua ini memiliki lorong-lorong yang terhubung dengan berbagai lokasi di desa Kiawa. Ruang-ruang dibuat dalam beberapa ukuran, dan ada survei awal, dan disesuaikan dengan kebiasaan Jepang. Di setiap pertemuan pintu lorong, dijaga oleh tentara Jepang.

18. Air Terjun Kima Atas

Mengunjungi Manado tidak akan pernah lengkap tanpa mengunjungi air terjun yang terkenal ini bernama Kima Atas. Situs ini dekat dengan Bandara Sam Ratulangi di Manado, yang berjarak sekitar 10 kilometer. Untuk mencapai tempat ini dari Manado, dibutuhkan 15 kilometer atau 25 menit berkendara ke distrik Mapanget, di mana air terjun berada.

Keindahan tempat dan jarak yang dapat dicapai membuat air terjun ini menjadi populer di kalangan wisatawan lokal. Akses untuk mencapai tempat juga dalam kondisi baik. Air Terjun Kima Atas memiliki tangga tiga tingkat dengan nuansa teduh di atas bukit subur hijau dan air mineral dari air terjun. Mengunjungi situs ini akan menyegarkan selama hari-hari sibuk di kota.

19. Kolam Pemandian Air Panas Lahendong

Kolam pemandian air panas Lahendong dibuat oleh masyarakat setempat untuk memanfaatkan keindahan dari hutan pinus yang lebat dan lokasinya yang memiliki sumber air panas yang mengandung belerang.

Saat melewati daerah Lahendong, pada titik tertentu kita akan mencium bau 'kentut' agak, yang diambil dari bau belerang di sekitar air panas. Menurut ilmuwan yang telah mempelajari tempat ini, kadar belerang di Lahendong cukup tinggi. Hal ini bisa dimaklumi karena lokasi Lahendong tidak jauh dari Danau Linow, danau itu bisa berubah warna karena kandungan sulfurnya tinggi. Selanjutnya, disekitar pemandian air ada lumpur panas yang mengepul air dengan gelembung dan terkadang menyemburkan air panas.

20. Pulau Lihaga

Pulau Lihaga adalah pulau tak berpenghuni kecil, yang terkenal dengan pantainya yang indah. Perpaduan antara pantai berpasir putih dan air biru merupakan daya tarik tersendiri dari pulau ini. Pulau ini adalah pulau perawan karena tidak banyak pengunjung yang datang ke tempat ini.

Untuk sampai ke pulau ini dari Manado, kita harus menempuh rute sekitar 90 menit ke desa kecil bernama Serei, Likupang. Setelah sampai di Likupang, Anda masih harus menempuh perjalanan lagi sekitar 40 menit dengan menggunakan kapal nelayan setempat yang biasa membawa wisatawan ke pulau Lihaga dari Pelabuhan Serei dengan harga sewa sekitar Rp. 800.000 untuk 20 penumpang.

21. Pantai Likupang

Likupang adalah pantai berpasir putih, dengan perbukitan hijau dan air laut biru yang menyegarkan pikirannya. Ombaknya relatif sepi, karena di depan pantai ada pulau Bangka yang juga berfungsi sebagai penghalang ombak besar yang mungkin menuju Pantai Likupang. Panorama di daerah pesisir juga indah. Di pantai ini, Anda bisa melakukan snorkeling, menyelam dan memancing. Dari pantai ini, Anda juga bisa menyeberang ke Pulau Bangka dengan menggunakan perahu motor; Dari pantai Likupang ke Pulau Bangka, waktu tempuh hanya sekitar 20 menit. Pantai Likupang banyak dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Beberapa fasilitas seperti penyewaan peralatan selam, warung makan, tempat parkir dan penginapan tersedia di wilayah pesisir ini.

22. Danau Linow

Setelah sampai di danau, jangan bingung dengan bau yang menyerupai telur busuk yang akan tercium. Aromanya berasal dari bau belerang yang tersebar di sekitar danau. Dikatakan bahwa ini adalah residu belerang dari letusan Mahawu yang terjadi ratusan tahun yang lalu.

Kata Linow diambil dari Minahasa yang mengacu pada Lilinowan yang berarti tempat berkumpulnya air. Di danau ini, kita bisa melihat warna air yang bisa mengubah warnanya menjadi hijau, biru dan kuning. Perubahan itu terjadi karena unsur belerang yang terkubur di danau sekaligus pembiasan dan refleksi sinar matahari yang menyebabkan warna air di Danau Linow bisa berubah.

23. Gunung Lokon

Lokon adalah gunung berapi kembar bersama dengan Gunung Empung dan terletak dekat dengan kota kota Tomohon yang sangat asri, yang dikelilingi oleh lahan pertanian. Ini menetap di Sulawesi utara, Indonesia, kira-kira 10 km selatan Manado. Keduanya naik di atas dataran Tondano dan merupakan salah satu gunung berapi aktif di Sulawesi. Gunung Lokon memiliki puncak datar dan tanpa kawah. Kawahnya yang aktif terletak di kakinya, diberi nama "Tompaluan" kawah.

Pada semua letusan baru-baru ini berasal dari kawah Tompaluan yang terletak di pelana antara dua puncak. Ketika kebanyakan orang mengatakan bahwa mereka mendaki ke Lokon, itu berarti mereka mengunjungi kawah dan sebagian besar pemandu akan mengira Anda hanya ingin pergi ke kawah, alih-alih bagian atasnya.

24. Gunung Mahawu

Gunung Mahawu adalah gunung berapi yang terletak di dekat pegunungan terkenal lainnya, yaitu Lokon dan Empung. Mahawu adalah gunung api stratovolcano yang terletak di sebelah timur Gunung Lokon - Empung yang memiliki lebar 180 m dan kawah 140 m dengan dua kerucut piroklastik di lereng utara.

Ada sebuah ledakan yang terjadi pada tahun 1994 dengan aktivitas fumarol dan lumpur geyser yang terjadi di sepanjang kawah yang penuh dengan warna kehijauan. Sepanjang perjalanan menuju Gunung ini, kita bisa menikmati sinar matahari yang terbit di pagi hari yang akan terasa sepi dan diselimuti kabut tebal dan terasa sangat dingin, cenderung jadi membeku.

25. Pulau Makalehi

Pulau Makalehi adalah salah satu pulau terluar di Indonesia yang berada secara administratif di kecamatan Wes Siau, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara. Pulau yang dihuni ini meliputi 420 ha lahan yang terdiri dari pemukiman penduduk sekitar 30 Ha, perkebunan 380 Ha, hutan cadangan 2Ha dan Danau 8Ha.

Pulau ini kaya akan biota laut seperti terumbu karang, mangrove, lamun dan ikan karang. Untuk mencapai pulau ini kita bisa mulai dengan menyeberang dari Pelabuhan Manado ke Ulu Siau dengan menggunakan Perahu Motor. Dari Ulu Siau kita lanjutkan dengan menggunakan kendaraan roda 4 sekitar setengah jam ke Siau Barat. Dari Siau Barat kita lanjutkan ke Pulau Makalehi dengan menggunakan Perahu Motor selama 1-2 jam, tergantung pada perahu dan cuacanya.

26. Pulau Manado Tua

Manado Tua adalah sebuah pulau kerucut vulkanik yang tidak aktif di lepas pantai barat Sulawesi Utara, dekat dengan ibu kota Manado. Meliputi total 89.065 hektar, taman Bunaken-Manado Tua adalah salah satu tempat penyelaman terindah di dunia. Ada jalan yang bagus ke puncak dan puncaknya menawarkan pemandangan indah ke pulau-pulau lainnya dan Teluk Manado. Dalam cuaca baik Anda bisa melihat kerucut merokok Gunung Soputan yang jaraknya hampir 60 kilometer.

Pulau-pulau tersebut dipisahkan dari daratan oleh parit kapal selam yang mencapai kedalaman 1.200 meter, dan membuat perairan ini terbebas dari sampah kota dan lumpur. Cadangan dilindungi oleh undang-undang dari spearfishing dan pengumpulan terumbu karang atau ikan, serta dari penangkapan ikan dinamit. Tidak sulit mengatur perjalanan sehari ke Pulau Manado karena perahu motor akan memakan waktu sekitar satu jam untuk menempuh jarak 10 mil.

27. Gunung Klabat

Klabat adalah gunung tertinggi di Provinsi Sulawesi Utara. Puncak Gunung mencapai ketinggian sekitar 2100 meter. Gunung ini, oleh masyarakat Tonsea (suku Minahasa Utara) juga disebut Gunung Tamporok. Gunung ini merupakan obyek wisata alam dan bisa ditelusuri dari Airmadidi, apital Kabupaten Minahasa Utara.

Gunung Klabat adalah gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi. Bagian atas Gunung Klabat memiliki kawah yang berbentuk dengan danau kecil yang menghuni air yang berkilau bersih. Untuk mendaki Klabat melalui kawasan perairan Madidi bisa ditempuh dalam waktu 8 jam perjalanan.

28. Pulau Mantehage

Meski berada di tengah laut, namun sebagian besar mata pencaharian penduduknya adalah petani dan bukan nelayan. Manajer pulau ini adalah Balai Bisnis Bunaken National Marine Park-Manado, dan mereka memiliki peraturan yang memungkinkan penduduk Pulau Mantehage untuk menangkap ikan sampai batas tertentu. Mungkin, faktor ini membuat masyarakat lokal memilih menjadi petani daripada nelayan.

Pulau Mantehage juga dikenal dengan nama Mantehrawu atau Pulau Manterao. Pulau ini memiliki pemandangan alam yang indah dan ditumbuhi mangrove. Ada berbagai jenis ikan; Terumbu karang dan kehidupan laut telah ditemukan di perairan pulau ini. Gelombang juga sepi dan arusnya sedang. Jadi, sangat cocok untuk kegiatan snorkeling dan diving.

29. Pantai Pulisan

Inilah salah satu pantai favorit di kalangan wisatawan lokal, karena pantai ini booming beberapa waktu lalu. Pantai tidak pernah kosong bagi pengunjung, baik akhir pekan, hari kerja atau hari libur. Terlebih lagi, ada banyak fotografer yang sedang berburu foto di lokasi ini, baik dengan model maupun tidak, begitu pula fotografer pre wedding yang nyaris tak terlihat dimana-mana.

Pantai Pulisan berbeda dengan daerah wisata pesisir lainnya di Sulawesi Utara, tiga pemandangan indah dari pasir, batu dan sabana adalah hal yang membuatnya berbeda. Apalagi pemandangan dari bawah air juga menakjubkan. Mereka yang suka snorkeling, tempat ini akan menjadi tempat yang tepat untuk pergi. Tebing yang indah juga bisa ditemukan disini dan membuat nuansa dramatis.

30. Pemandian Air Panas Ranopaso

Air panas di tempat ini terbagi menjadi beberapa kolam dengan beberapa ukuran yang mengalir langsung dari sumber air panas yang terletak di dekat lokasi bak mandi. Pihak manajemen juga menyediakan kamar mandi khusus dengan bak mandi jika kita ingin mandi secara pribadi. Air panas di bak mandi ini memiliki kandungan belerang yang dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit. Kita akan merasa nyaman dan santai saat berendam dalam bak air panas ini dan membuat tubuh kita terasa lebih segar.

Selain menikmati air tawar di Pemandian Air Panas Ranopaso, kita juga bisa menikmati pemandangan alam di sekitar bak mandi yang juga memiliki udara indah dan sejuk yang indah. Jika Anda berencana untuk tinggal di sekitar tempat ini, ada banyak cottage dan bungalow yang bisa Anda sewa untuk menginap dengan harga terjangkau.

Tags: Manado, Wisata Manado

List 1 year ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com