40 Makanan bagi Penderita Diabetes untuk Mengatur Kadar Gula Darah

40 Makanan bagi Penderita Diabetes untuk Mengatur Kadar Gula Darah

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan banyak kematian, khususnya di Indonesia. Hal ini terjadi karena banyak faktor, salah satunya faktor genetika. Selain itu, kebiasaan masyarakat Indonesia dengan pola makan yang tidak diatur juga merukapan potensi penyebab penyakit diabetes yang cukup tinggi. Kebanyakan penyakit diabetes disebabkan oleh makanan-makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan gula. Padahal, makanan pokok masyarakat kita adalah nasi yang notabene mengandung banyak karbohidrat.

Mulai sekarang, kita harus jeli dengan kondisi tubuh kita masing-masing. Apalagi yang memiliki keturunan diabetes. Mulailah atur pola makan, salah satunya dengan melaksanakan program diet gula darah. Diet ini bisa dilakukan dengan memilih bahan makanan yang rendah karbo atau yang mampu membantu mengatur kdar gula dalam darah. Tidak perlu cemas jika kita tidak akan bisa makan makanan enak selama melakukan program diet, karena ternyata sangat banyak bahan makanan yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Berikut daftar-nya.

1. Oatmeal, makanan yang berasal dari biji oat ini memang sudah terbukti memiliki manfaat untuk mengatur kadar gula darah. Penelitian Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition membuktikan bahwa kandungan beta-glucan pada biji oat mampu mencegah peningkatan kadar gula darah secara, bahkan sehabis makan.

2. Telur, terutama yang direbus sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Telur rebus bisa ditambahkan cuka agar hasil diet gula darah lebih berhasil.

3. Selai kacang atau yang biasa dikenal dengan peanut butter mengandung lemak yang baik dan membuat perut lebih cepat kenyang. Namun, energi yang dihasilkan tetap besar. Sehingga makanan ini sangat baik untuk penderita diabetes.

4. Tahini atau yang juga biasa disebut tahinah merupakan makanan yang terbuat dari wijen yang berbentuk bumbu pasta. Kandungan zat magnesium dari wijen dapat mengatur insulin, sehingga  tahini sangat baik untuk penderita diabetes.

5. Minyak zaitun sudah terbukti memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk mengatur kadar gula darah. Minyak zaitun, terutama yang benar-benar murni memiliki zat polifenol yang bertugas untuk menjaga kadar gula darah di dalam tubuh.

6. Beef steak memang terdengar tidak cocok untuk kesehatan. Namun, ternyata penelitian menunjukkan bahwa beef steak mengandung zat conjugated linoleic acid yang bisa memperbaiki metabolisme gula darah dan juga mempunyai sifat anti-kanker.

7. Keju yang merupakan produk hasil olahan susu ternyata memiliki indeks glikemik yang rendah dan cocok untuk penderita diabetes. Selain itu keju juga mengandung protein yang baik untuk kesehatan tubuh.

8. Black beans sama seperti keju, yaitu memiliki indeks glikemik yang rendah dan baik untuk dikonsumsi saat diet diabetes. Selain itu makanan ini memiliki kandungan protein dan serat yang baik.


Baca juga: 62 Makanan untuk Mengatasi Peradangan

9. White kidney bean yang memiliki nama latin Faseolus vulgaris ternyata bisa mengurangi zat tepung yang akan diubah menjadi gula di dalam tubuh. Makanan ini tentu sangat baik untuk para penderita diabetes.

10. Ayam kalkun banyak direkomendasikan oleh para ahli untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes karena mampu membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

11. Kedelai memiliki zat isoflavon yang baik untuk menghindari resiko penyakit diabetes dan jantung. Isoflavon dalam kedelai juga mampu memperbaiki resistensi insulin di dalam tubuh.

12. Almond memiliki kandungan kromium yang mampu mengolah dan menjaga kadar gula darah di dalam tubuh. Almond bisa juga diolah menjadi tepung almond yang bisa digunakan untuk membuat kue atau makanan lainnya.

13. Kenari aman dikonsumsi pra penderita diabetes karena relatif tidak mempengaruhi kadar gula darah di dalam tubuh dan lebih bersifat netral.

14. Alpukat memiliki kandungan lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan. Seperti ikan salmon dan tuna, kandungan omega 3 dalam alpukat baik untuk diet gula darah.

15. Tomat yang sangat mudah untuk didapatkan dan dikonsumsi ini ternyata sangat baik untuk penderita diabetes, karena tomat memiliki kandungan potasium yang baik untuk tubuh.

16. Ikan salmon memiliki kandungan omega 3 yang bisa menjaga kadar gula darah di dalam tubuh tetap normal, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes.

17. Ikan tuna juga memiliki kandungan omega 3 yang banyak, seperti salmon. Ikan tuna memiliki kemampuan untuk mengatur kadar gula darah di dalam tubuh.

18. Selada memiliki indeks glikemik yang sangat rendah sehingga tidak akan mempengaruhi perkembangan kadar gula darah di dalam tubuh.

19. Bawang bombai pas untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain dipercaya mampu mencegah naiknya kadar gula darah dalam tubuh, bawang bombai juga dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah tersebut.

20. Jamur merupakan makanan yang bersifat netral. Maksudnya, jamur memiliki kadar gula yang sangat rendah. Bahkan beberapa jenis jamur tidak memiliki kandungan gula sama sekali, sehingga tidak akan bisa mempengaruhi kadar gula di dalam tubuh.

21. Mentimun yang banyak mengandung potasium dan magnesium bisa dijadikan bahan makanan atau obat herbal untuk penderita diabetes karena mampu membantu menurunkan kadar gula darah.

22. Blueberry merupakan buah yang kaya serat, sehingga mampu mencegah naiknya kadar gula darah yang secara tiba-tiba. Selain itu, blueberry mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan.

23. Susu tanpa lemak dibuktikan sebagai salah satu minuman yang baik untuk menurunkan resiko diabetes. Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism menghasilkan data bahwa orang yang mengonsumsi susu 3-5 porsi per hari mampu menurunkan risiko diabetes sampai 15% dari pada yang hanya minum susu kurang dari 1,5 porsi per hari.

24. Brokoli mengandung sulforaphane yang dipercaya mampu mengatur kadar gula darah dan juga mencegah kerusakan sel karena tingginya kadar gula dalam tubuh.

25. Apel yang mengandung banyak serat pektin mampu mengendalikan gula darah di dalam tubuh dengan mengatur sedikit banyaknya gula yang harus tersebar di dalam aliran darah.

26. Plum dapat mengubah zat pati menjadi energi sehingga mampu menjaga gula darah dalam tubuh tetap normal. Hal ini terjadi karena kandungan glikemik dalam buah plum yang rendah. Buah ini cocok untuk penderita diabetes.

27. Udang sangat baik untuk dikonsumsi penderita diabetes karena mengandung omega 3 yang banyak, seperti salmon dan tuna.

28. Buah peach mengandung potasium. Seperti tomat,buah ini juga aman untuk dikonsumsi pada masa diet gula darah.

29. Strawberry memiliki Zat Anthocyanin yang mampu mencegah masalah-masalah yang ditimbulkan dari penyakit diabetes. Antosianin dalam buah ini juga berfungsi sebagai antioksidan dan polifenol untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah. Antosianin juga terbukti mampu meningkatkan insulin.

30. Blewah cocok untuk dikonsumsi penderita hipertensi dan diabetes karena kandungan serat dalam buah ini sangat tinggi.

31. Asparagus walaupun memiliki rasa yang manis, ternyata merupakan salah satu jenis sayur yang bisa membantu mengatur kadar gula darah di dalam tubuh. Sehingga, para penderita diabetes aman untuk mengonsumsinya.

32. Buncis merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang bersifat menekan kadar gula dalam darah, sehingga mampu membantu mengatur kadar gula darah di dalam tubuh.

33. Kubis mengandung kadar kalium yang tinggi. Kalium ini berfungsi untuk menurunkan tekanan darah. Sleian itu kubis dipercaya mampu mengontrol kadar insulon di dalam tubuh.

34. Plain yoghurt bersifat sama seperti keju, yaitu sama-sama makanan olahan susu. Asalkan yoghurt yang dipilih adalah jenis yang plain (tawar), penderita diabetes aman mengonsumsinya karena kadar gulanya relatif rendah.

35. Spirulina, atau yang dikenal oleh masyarakat sebagai ganggang hijau saat ini sudah banyak dipasarkan dalam bentuk kapsul untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Spirulina mampu mengatur kadar gula dalam darah.

36. Tempe merupakan olahan dari kacang kedelai. Seperti yang kita kehatui bersama bahwa kacang kedelai merupakan makanan yang disarankan untuk diet gula, maka tempe juga baik untuk dikonsumsi dalam diet gula.

37. Bayam merupakan jenus sayuran populer yang kaya akan serat. Serat yang baik dalam bayam ini bisa membantu menjaga kestabilan kadar gula di dalam darah.

38. Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang sering dikonsumsi di Indonesia. Wortel memiliki sifat yang netral sehingga tidak beresiko menaikkan kadar gula darah dalam tubuh.

39. Pir merupakan salah satu jenis buah yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes karena cenderung tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang berarti.

40. Kacang merah merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang bisa menjaga kadar gula di dalam darah agar tidak melonjak, sehingga disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Tags: Makanan, Diabetes, Penyakit Diabetes, Kadar Gula, Gula Darah, Kontrol Gula Darah, Diet Gula Darah

List 2 years ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com