25 Manfaat Baik Yang Bisa Didapat Dari Buah Kurma Untuk Kesehatan

25 Manfaat Baik Yang Bisa Didapat Dari Buah Kurma Untuk Kesehatan

Kurma merupakan buah yang menjadi konsumsi pokok bagi orang Timur Tengah. Untuk di Indonesia sendiri, buah kurma biasanya sering dikonsumsi setelah buka puasa pada saat bulan ramadhan. Buah ini mempunyai beragam manfaat karena mengandung Karbohidrat, Serat, Protein, Vitamin C, dan Manganese. Semua kandungan yang terdapat pada buah kurma tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Di Indonesia juga untuk mengkonsumsi buah kurma tidak harus menunggu pada bulan ramadhan, karena buah kurma memang sudah bisa berbuah di beberapa daerah Indonesia seperti Batam dan Aceh. Jadi kita dapat dengan mudah menemukan buah yang satu ini di pasar tradisional maupun supermarket. Untuk itu mari kita mengetahui 25 manfaat yang bisa didapatkan dari buah kurma.

1. Menurunkan Kolesterol
Kolesterol merupakan lemak yang berada didalam darah kita dan berfungsi untuk pembentukan dinding sel serta bahan baku pada beberapa hormon. Walaupun sebenarnya kolesterol dibutuhkan dalam tubuh, namun bila jumlahnya berlebih justru tidak baik bagi kesehatan tubuh kita. Dengan mengkonsumsi buah kurma dapat membantu tubuh kita untuk menjaga kadar kolesterol kita agar tetap stabil. Ini karena buah kurma mempunyai kadar lemak yang rendah.

2. Menjaga kesehatan jantung
Jantung merupakan organ tubuh yang mempunyai peran yang sangat penting. Apabila kesehatan jantung terganggu tentu saja akan berdampak negatif pada tubuh maupun aktivitas kita. Buah kurma sendiri mempunyai kandungan potassium yang sangat tinggi. Kandungan tersebut mempunyai peran penting untuk menjaga kesehatan jantung kita.

3. Mengatasi Insomnia
Vitamin B3 yang terkandung pada buah kurma terbukti ampuh untuk mengatasi permasalahan susah tidur atau insomnia. Ini berguna bagi kita yang seringkali mengalami kesulitan dalam tidur. Solusinya adalah dengan mengkonsumsi buah kurma.

4. Mencegah gangguan pencernaan
Manfaat kurma lainnya yang bisa didapatkan adalah mencegah gangguan pencernaan. Buah kurma mempunyai kandungan serat yang sangat tinggi seperti pada pisang dan alpukat. Ini tentu saja bermanfaat bagi orang-orang yang sering mengalami masalah pada pencernaan.

5. Menjaga kesehatan kulit
Asam salisilat pada buah kurma mampu menjaga kesehatan kulit kita. Kandungan asam salisilat pada buah kurma juga bisa mengatasi beragam permasalahan pada kulit seperti alergi, gatal-gatal, dan jerawat. Tentu saja dengan mengkonsumsi kurma merupakan cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk menjaga kulit tetap sehat.

6. Sumber energi bagi tubuh
Buah kurma bisa menjadi sumber energi bagi tubuh yang mudah untuk didapatkan. Buah kurma sendiri mempunyai kandungan-kandungan yang berfungsi untuk meningkatkan energi tubuh seperti fruktosa, glukosa, dan sukrosa.

7. Membantu pertumbuhan otot
Kandungan lysine pada buah kurma efektif membantu pertumbuhan pada otot kita. Selain itu buah kurma mempunyai protein yang tinggi yang ampuh untuk meregenerasi sel otot kita.

8. Membantu menyembuhkan Anemia
Anemia adalah kondisi dimana berkurangnya sel darah merah pada tubuh kita. Efeknya tentu saja kita akan terlihat letih dan tidak bertenaga. Buah kurma mampu mengatasi permasalahan tersebut karena kandungan zat besi pada buah kurma efektif mengatasi tubuh yang kekurangan zat besi.

9. Menjaga kesehatan tulang
Tulang yang tidak sehat tentu saja rentan terkena berbagai penyakit, salah satunya adalah osteoporosis. Sementara pada buah kurma, kebutuhan kesehatan tulang kita akan terpenuhi karena buah kurma mengandung magnesium, manganese, dan selenium.

10. Melancarkan proses persalinan
Pada Ibu Hamil yang akan melakukan proses persalinan, kurma dapat membantu proses persalinan tersebut menjadi lancar. Kurma juga membantu mencegah pendarahan pada rahim ibu yang akan melaksanakan proses persalinan.

11. Mengurangi gejala PMS
Untuk para wanita yang sedang mengalami masa PMS bisa terbantu dengan mengkonsumsi buah kurma. Ini karena buah kurma mengandung kandungan mangan (manganese) yang berperan baik dalam menjaga gangguan emosi, mood, sakit kepala dan gejala-gejala lainnya yang sering dialami oleh wanita yang sedang PMS.

12. Meningkatkan kemampuan otak
Kandungan kalium pada buah kurma mempunyai peran penting bagi otak kita. Dengan kandungan kalium tersebut bisa membuat saraf-saraf otak bekerja dengan baik. Maka dari itu penting bagi kita yang ingin meningkatkan kemampuan otak serta kecerdasannya dengan mengkonsumsi buah kurma.

Baca juga: 25 Khasiat Dan Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

13. Meningkatkan kesehatan mata
Mata tentu saja mempunyai peranan penting bagi tubuh kita. Menjaga kesehatan mata tentu bisa mencegah kita terkena berbagai permasalahan penglihatan. Buah kurma mampu menjaga kesehatan mata kita karena buah ini mempunyai kandungan Vitamin A & Vitamin C yang sangat bermanfaat menjaga mata tetap sehat.

14. Menaikkan berat badan
Kurma juga terbukti bisa menaikkan berat badan para pengkonsumsi nya. Namun bukan berarti membuat badan tidak ideal, kurma mampu menaikkan berat badan terutama bagi orang-orang yang mempunyai kurus karena buah kurma protein, gula, dan Vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

15. Menjaga kesehatan usus
Kurma juga mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan usus. Kandungan serat pada buah kurma terbukti ampuh untuk menjaga kesehatan usus agar tetap sehat dan bersih.

16. Menghilangkan Migrain
Migrain merupakan rasa sakit yang muncul di kepala yang tentu saja membuat para penderita nya merasa tidak nyaman. Kurma mampu meredakan rasa migrain tersebut karena pada buah kurma terdapat kandungan magnesium. Selain menghilangkan migrain, magnesium juga bisa meredakan rasa depresi.

17. Menangkal radikal bebas
Radikal bebas mempunyai bahaya dimana akan meningkatkan tubuh terserang berbagai penyakit. Salah satunya yang berbahaya adalah penyakit kanker. Kandungan karbohidrat yang tinggi pada buah kurma bisa meningkatkan fitonutrien dalam tubuh yang berfungsi sebagai antioksidan alami.

18. Menghindari Rematik
Kandungan mineral yang tinggi pada buah kurma selain menjaga kesehatan tulang juga bisa menghindarkan tubuh terkena dari serangan rematik.

19. Melancarkan peredaran darah
Asam salisilat pada buah kurma sangat efektif untuk melancarkan peredaran darah pada tubuh kita.

20. Menjaga kesehatan gigi
Kandungan flour pada buah kurma juga bisa menjaga gigi kita agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai permasalahan.

21. Baik untuk pertumbuhan janin
Pada Ibu Hamil mengkonsumsi kurma juga bisa baik untuk kesehatan janin. Ini karena dengan mengkonsumsi kurma kesehatan tulang dan gigi pada janin akan terjaga.

22. Mencegah penyakit kanker mulut dan kanker paru-paru
Kandungan Vitamin A yang ada pada buah kurma sangat bermanfaat untuk mencegah kanker mulut dan kanker paru-paru, selain juga untuk menjaga kesehatan mata dan kulit.

23. Mencegah Stroke
Kandungan kalium pada buah kurma mampu menjaga tubuh kita terhindar dari stroke. Ini karena buah kurma mampu menjaga denyut jantung dan peredaran darah dalam tubuh.

24. Menyembuhkan penyakit Demam Berdarah
Penyakit Demam Berdarah merupakan penyakit yang sangat mematikan. Buah kurma mampu menyembuhkan penyakit ini karena dengan mengkonsumsi buah kurma akan meningkatkan kadar trombosit dalam tubuh.

25. Mencegah kanker otak

Zat mineral yang tinggi pada buah kurma mampu menjaga tubuh kita terhindar dari kanker otak. Cara mudah yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi nya setiap hari.

Itulah 25 manfaat yang bisa kita dapatkan dari buah kurma. Dengan mengetahui beragam manfaat tersebut tentu saja membuat kita menjadi lebih rajin mengkonsumsi buah-buahan, terutama buah kurma.

Tags: Kurma, Buah, Khasiat

List 2 years ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com