Simak 15 Rahasia  Yang Bisa Membuat Pernikahan Langgeng

Simak 15 Rahasia Yang Bisa Membuat Pernikahan Langgeng

Setiap orang pasti menginginkan hubungannya selalu langgeng, terlebih bagi mereka yang sudah melangsungkan pernikahan atau tengah menjalani bahtera rumah tangga. Tepat sekali, siapa yang tidak mau pernikahannya langgeng sampai akhir hayat, dan hanya mautlah yang akan memisahkan suatu saat nanti. Keinginan dan perkataan itu memang mudah, tapi kenyataannya di saat menjalani tak semudah yang banyak orang duga.

Banyak sekali badai yang harus di lalui oleh sepasang suami istri dan mau tidak mau semua itu harus di hadapi karena memang itulah yang namanya kehidupan berumah tangga. Contoh kecilnya adalah sering terjadi cekcok antara suami istri, mungkin karena beda pendapat atau yang lainnya. Namun jika pasangan suami istri itu bisa menyikapinya secara dewasa, maka semua itu pasti akan bisa di lalui dengan mudah. Sebab dalam berumah tangga itu pasti akan ada yang namanya pertengkaran.

Selain bersikap secara dewasa ketika terjadi pertengkaran, masih ada beberapa hal yang harus di lakukan oleh pasangan suami istri agar bisa membuat pernikahannya langgeng.

1. Tidak saling menyalahkan

Jika salah satu pasangan suami atau istri melakukan kesalahan, maka jangan sekali-kali untuk saling menyalahkan. Karena dengan menyalahkan itu berarti yang menyalahkan berlaku sok pintar. Padahal dalam suatu kehidupan, termasuk dalam hidup berumah tangga, melakukan suatu kesalahan itu pasti. Namanya juga manusia yang tak luput dari dosa, dan akar permasalahannya adalah karena lupa dan tidak tahu. Tapi dengan adanya kesalahan, orang yang berpikir pasti akan berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan lagi. Begitu juga dalam hidup berumah tangga, bahwa siapapun yang melakukan kesalahan, pasangan akan memberikan pengertian agar ke depannya tidak melakukan hal itu lagi.

2. Banyaknya pekerjaan rumah

Banyaknya pekerjaan rumah sering kali membuat para istri kewalahan, terlebih jika sudah punya anak dan saat-saat anak selalu rewel. Maka bisa saja istri melewatkan dan lupa melakukan pekerjaan rumah, akhirnya pekerjaan itu sering terbengkalai. Pada saat suami pulang kerja dalam keadaan capek, keadaan rumah yang berantakan pasti akan membuat suami menjadi marah-marah. Selain istri, suamipun sebenarnya juga harus mengerti. Bahwa meskipun istri hanya di rumah, bukan berarti pekerjaannya itu sangat ringan. Malahan sebaliknya, dan jika suami mengerti, maka coba pahamilah keadaan istri. Untuk membereskan rumah suami bisa membantunya, tenang saja itu tidak akan menurunkan harga diri kok.

3. Mengungkapkan apa yang di inginkan

Salah satu faktor yang memicu pertengkaran adalah karena salah satu pasangan tidak melakukan suatu hal yang di inginkan pasangannya. Hal ini karena ketidak tahuan sehingga melakukan kesalahan, misalnya soal masakan. Alangkah baiknya jika memang ada yang di inginkan, lebih baik di ungkapkan agar keinginan itu bisa dilakukan oleh pasangan sehingga tidak akan lagi terjadi kesalahan.

4. Faktor keuangan

Khususnya bagi para istri, pandai-pandailah dalam mengatur keuangan. Karena biasanya wanita ini sering kali boros, namun saat hidup berumah tangga, rubahlah kebiasaan tersebut. Terutama jika keuangan suami sedang menipis, istri di haruskan untuk berhemat.

5. Jujur

Apapun yang pernah di lakukan oleh suami ataupun istri, usahakan selalu jujur, walau untuk hal yang terkecil. Karena jika suatu kebohongan di lakukan dan pasangan mengetahui, maka hal itu akan menyakiti pasangannya. Dan ini juga salah satu hal yang bisa menimbulkan pertengkaran.

6. Jangan bandingkan pasangan dengan orang lain

Khususnya untuk sang suami yang meskipun katanya pendiam tapi sering ceplas-ceplos kalau bicara. Terutama ketika melihat wanita lain yang lebih dari istrinya. Jangan sekali-kali memuji wanita lain di depan istri apalagi menyuruh agar bisa seperti wanita lain tersebut. Karena hal itu akan sangat menyakiti hati sang istri, dan kemungkinan akan muncul suatu perdebatan.

7. Jangan menyembunyikan belanjaan

Hal ini sering di lakukan oleh para istri, ketika keuangan sedang menipis dan saat itu juga menginginkan membeli sesuatu. Dan istri sering kali menyembunyikan barang belanjaan, meskipun memakai uang sendiri. Karena jika kebiasaan ini sering di lakukan dan di ketahui suami, maka akan timbullah suatu pertengkaran. Mungkin saja suami akan menyangka bahwa uang tersebut sering kali di gunakan untuk belanja keperluan yang tidak jelas di banding keperluan penting sehingga keuangan menipis. Hidup berumah tangga itu saling memiliki, termasuk keuangan. Dan jika istri menginginkan sesuatu, maka utarakanlah pada suami.

8. Mengerti kekurangan masing-masing

Salah satu hal yang bisa membuat pernikahan langgeng adalah dengan mengerti kekurangan masing-masing. Misalnya adalah kebiasaan suami atau istri yang sering mendengkur atau kebiasaan buruk lainnya. Memang suatu hal yang memalukan, tapi bagaimana lagi jika memang tidak bisa di rubah. Mengerti itu lebih baik, karena ketika pasangan memutuskan untuk hidup berdua, maka ketika itu juga mereka harus sama-sama saling menerima.

9. Status

Hal ini adalah untuk si kaya dan si miskin. Ketika ingin melakukan suatu hal, hendaknya saling beradaptasi satu sama lain. Yang kaya bisa saja dengan mudah melakukan suatu hal yang di lakukan orang miskin, tapi berbeda untuk yang miskin. Karena banyak sekali kebiasaan orang kaya yang tidak di ketahui orang miskin. Alangkah baiknya yang kaya mengajarkan, bukan malah mengejek yang akan menyakiti hati yang miskin.

10. Beda pendapat

Dalam suatu rumah tangga, beda pendapat itu sering terjadi. Dan untuk menyiasatinya, cobalah salah satunya mau bersabar dan mengalah. Karena jika semua bersikap keras kepala dengan pendapatnya, maka di jamin rumah tangga itu akan sering terjadi pertengkaran. Tapi dengan mengalah, hal itu akan meminimalisir pertengkaran. Dan bisa saja menyadarkan pasangannya untuk ikut mengalah juga.

11. Jangan meminta sesuatu yang tidak bisa di lakukan pasangan

Mungkin hal ini tepat untuk para istri dimana keinginannya sering muluk-muluk. Misalnya ingin sebuah perhiasan, ketika suami ada tidak masalah. Namun ketika suami belum bisa, maka jangan meminta pada suami pada saat itu.

12. Masalah seks

Banyak yang bilang bahwa ketika suami meminta, maka istri tidak boleh menolaknya. Tapi itu bukan berarti bahwa ketika istri meminta maka suami boleh saja menolaknya jika sedang tidak ingin. Hal inilah yang sering di salah artikan, sehingga membuat istri kesal. Ada baiknya jika pasangan suami istri bisa saling mengerti untuk hal ini.  

13. Menyinggung orang tua

Ketika bertengkar, cobalah untuk tidak mengatakan “kamu itu sama saja seperti orang tuamu”. Hati-hati ketika menyebutkan orang tua, karena hal itu sangat sensitif. Ketika membawa nama orang tua, pasangan pasti akan tersinggung dan menganggap bahwa dia tidak menghormati orang tuanya. Akan lebih baik jika tidak menyebutkan itu ketika bertengkar.

14. Ada kalanya untuk tidak meminta pendapat orang tua

Orang tua memang sering menjadi panutan, tapi tidak semua orang tua itu selalu benar. Karena ada beberapa tipe orang tua yang sering rewel dan mengajarkan hal yang tidak sepantasnya. Untuk yang punya orang tua seperti ini, khususnya ketika bertengkar ada kalanya untuk tidak meminta pendapat orang tua. Selesaikan berdua akan lebih baik, daripada nanti di ajarkan untuk hal yang sebaliknya. Banyak orang mengatakan, salah satu faktor pemicu perceraian adalah ketika orang tua ikut campur dalam urusan rumah tangga.

15. Sehebat apapun pertengkaran, usahakan jangan sampai pergi dari rumah

Pertengkaran dalam rumah tangga itu acap kali terjadi, dan sering juga di sebabkan oleh hal-hal kecil dan sepele. Dan khususnya bagi sang istri, sehebat apapun pertengkaran yang terjadi, usahakan jangan sampai pergi dan meninggalkan rumah. Dan pada kenyataan, banyak istri yang melakukan hal ini. Padahal sebisa mungkin untuk mereda pertengkaran itu tidak harus dengan meninggalkan rumah. Karena dengan meninggalkan rumah, suami sering kali menyangkan bahwa istri ingin benar-benar berpisah darinya dan pulang ke rumah orang tuanya.

Tags: Pernikahan Langgeng

List 2 years ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com