Bahaya, 9 Benda di Sekitar Kita yang Tidak Disangka Ternyata Ada Masa Kadaluarsanya!

List 1 year ago
Bahaya, 9 Benda di Sekitar Kita yang Tidak Disangka Ternyata Ada Masa Kadaluarsanya!

Kadaluarsa merupakan suatu masa dimana benda atau hal tertentu akan memiliki masa tidak layak pakai lagi. Biasaya kadaluarsa sering digunakan pada makanan, karena makanan merupakan benda yang tidak tahan lama dan harus segera dihabiskan. Namun ternyata ada benda-benda di sekitar kita yang kerap kita gunakan, namun juga memiliki masa kadaluarsa atau masa tak layak pakai lagi.

Sumber: Dok. pribadi (ilustrasi benda di sekitar kita yang juga bisa kadaluarsa)

Berikut ini adalah beberapa benda yang sering kita gunakan dan tak disangka ternyata juga memiliki masa kadaluarsa, seperti yang telah dilansir dari laman youtube.com/watch?v=jBn47HT3xzg (02/09/2017).

1. Bantal

www.tokopedia.com

Nah biasanya kita sering memiliki satu atau dua bantal dalam beberapa tahun. Namun perlu Sobat ketahui, kamu tidak boleh menyimpan bantal lebih dari 2 tahun! Ternyata, bantal dapat dipenuhi dengan debu dan kotoran dari waktu ke waktu. Debu ini berasal dari lingkungan sekitar yang dapat mengotori kulit kamu saat sedang tidur, dan juga debu dapat menjadi rumah bagi kutu. Dan jika digunakan jangka panjang, bantal juga akan berubah bentuk yang akan membuat leher kamu tak nyaman saat tidur.

2. Dot Bayi

bilingualhouse.com

Perlu Sobat semua ketahui, bahwa Dot Bayi harus kalian ganti secara rutin tiap 2 minggu lo, tanpa harus mempertimbangkan seberapa sering Dot tersebut digunakan. Alasannya karena material bahan pembuatannya adalah lateks. Lateks akan retak saat bayi menggunakannya di dalam mulut. Semakin lama berada di mulut bayi maka lateks akan retak dan akan mudah menyebarkan bakteri. Maka kalian harus mengganti Dot Bayi tiap 2 minggu agar bayi kecil kalian tak mudah sakit.

3. Pemadam Api

52statesin8months.wordpress.com

Pemadam api merupakan hal penting yang baik kita simpan agar bisa menyelamatkan kita suatu saat nanti jika terjadi kebakaran. Nah namun ternyata kita tak boleh menyimpan pemada api lebih dari 14 tahun, meskipun kita tidak menggunakannya! Alasannya karena tabung api tersebut akan mengalami keretakan pada beberapa bagian setelah sekian lamanya, sehingga akan mengakibatkan kebocoran dan berbahaya.

4. Handuk

www.selimutgrosir.com

Handuk memang di desain untuk menjaga kulit kita agar tetap bersih. Namun ironisnya handuk juga dapat menyebarkan kotoran dan alergi yang akan membuat masalah terhadap kulit. Inilah alasan mengapa kita disarankan untuk tidak berbagi handuk dengan orang lain. Dan ternyata mencuci handuk dengan tujuan menghilangkan bakteri adalah keliru! Karena proses pencucian biasa tidak bisa menghambat pertumbuhan bakteri pada serat-serat handuk. Jadi alangkah baiknya jika mengganti handuk dengan yang baru, yakni disetiap waktu 1 sampai 2 tahun.

5. Sisir

algaaccesories.blogspot.co.id

Nah selain membersihkan sisir tiap satu minggu dengan air hangat, namun kamu harus menggantinya tiap tahunnya. Sisir yang memiliki bulu sikat lembut akan memiliki masa pakai lebih pendek, yaitu sekitar 7 sampai 10 bulan. Seperti yang pernah dilansir dari The Food & Drink Federation, bahwa 1 milimeter folikal rambut bisa membawa 50 ribu bakteri. Maka dari itu sisir bisa menjadi bertumpuknya sel kulit kepala mati dan sisa produk perawatan rambut, yang jika tidak dibersihkan bisa menimbulkan ketombe.

6. Sikat Gigi

www.alodokter.com

Dan kalau sikat gigi, maka Sobat harus menggantinya dengan rutin tiap 2 sampai 4 bulan. Dan jika bulu sikat sudah mulai rusak maka langsung saja ganti dengan yang baru, karena dapat membuat gusi terluka dan berdarah. Nah dan sikat gigi ternyata harus diganti setelah kita terkena penyakit flu, tujuannya agar penyakit ini tak kunjung balik lagi.

7. Kursi Mobil Anak

news.okezone.com

Kursi mobil untuk anak-anak harus diganti setiap 6 tahun. Karena bahan fleksibel yang digunakan dalam pembuatan kursi tersebut terbuat dari plastik dan busa, sehingga kursi tersebut dapat kehilangan bentuknya dalam beberapa tahun. Sehingga fungsi dari kursi ini menjadi tidak sempurna dan akan berbahaya bagi si bayi dan anak. Dan solusi yang terbaik adalah membeli kursi baru, daripada kursi bekas.

8. Sandal

lunasandals.com

Ternyata sandal juga memiliki masa habis pakai lo, yakni kalian harus mengganti sandal paling tidak tiap 6 bulan sekali. Sandal jepit juga menjadi tempat perkembangbiakan bakteri dan kuman. Jadi kalian harus menggantinya dengan rutin ya, agar kesehatan kaki kalian tetap terjaga dan membuat kaki tetap bersih dan terawat.

9. Bumbu Dapur

www.satujam.com/bumbu-dapur

Jika Sobat ingin masakan lezat, maka kalian harus menambahkan bumbu adalah pilihan yang tepat. Nah ternyata bumbu dapur juga memiliki masa kadaluarsa. Bumbu rata-rata hanya memiliki umur 2 tahun, dan jika sampai lebih maka rasa dan kualitas gizi bumbu akan hilang. Jika bumbu sudah berubah warna dan aromanya, maka sebaiknya dibuang aja dan diganti dengan yang masih segar. Dan Sobat semua dapat mengetahui bumbu kadaluarsa dengan mencium dan merasakan bumbu tersebut.

Nah bagaimana menurut Sobat semua, itu tadi adalah beberapa benda yang tak disangka ternyata juga memiliki masa kadaluarsa, seperti yang pernah dilansir oleh The Shiny Peanut. Jadi setelah Sobat semua sudah tahu, maka jangan ragu lagi untuk mengganti benda-benda di sekitar kalian tersebut ya! Agar kesehatan kita bersama keluarga yang kita cintai tetap sehat wal afiat.

Jadi semoga artikel di atas dapat memberi manfaat kepada Sobat We-Media semua ya!

Referensi: http://www.hipwee.com/tips/buk...

Tags: Jenis Makanan Anti Kadaluarsa, Kadaluarsa, 8 Tips Cerdas Berbelanja Barang Bekas, Bumbu Dapur, Sandal, Kursi Mobil Anak, Sikat Gigi, Sisir, Handuk, Dot Bayi

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

0
Followers

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com