Fakta-Fakta Tentang Martin Luther King Jr., Aktivis Sosial Amerika Serikat

List 1 year ago
Fakta-Fakta Tentang Martin Luther King Jr., Aktivis Sosial Amerika Serikat

Martin Luther King Jr. adalah seorang menteri Amerika Serikat dan juga seorang aktivis sosial yang menjadi tokoh kunci dalam perjuangan rakyat Amerika Serikat untuk mendapatkan hak-hak mereka. Martin memimpin gerakan perjuangan tersebut, yang berlangsung selama dekade 50an hingga akhir dekade 60an. Martin juga membantu menghapuskan diskriminasi sosial dan rasial di kalangan masyarakat Amerika Serikat.

Sosoknya begitu dihormati dan disanjung oleh banyak warga Amerika Serikat, bahkan hingga saat ini.

Berikut beberapa fakta menarik tentang Martin Luther King Jr.



1. King lahir di Atlanta, Georgia, AS pada 15 Januari 1929 dengan nama Michael King Jr. Pada tahun 1934, ayah King yang adalah seorang pastor di sebuah gereja di Atlanta, bepergian ke Jerman dan di sana ia terinspirasi oleh seorang pemimpin reformasi protestan bernama Martin Luther. Ayah King kemudian mengubah namanya menjadi Martin Luther King Sr., dan juga mengubah nama anaknya menjadi Martin Luther King Jr.


2. King adalah seorang anak yang cerdas. Ia bahkan sudah masuk bangku kuliah ketika usianya baru menginjak 15 tahun. Pada tahun 1955, ia mendapatkan gelar Ph.D dalam teologi sistematika dari Universitas Boston.


3. King sudah pernah dipenjara sebanyak 29 kali. Beberapa diantaranya disebabkan karena ia tidak suka mengikuti aturan pemerintah, seperti membayar pajak dan asuransi. Ia juga pernah ditangkap karena mengendarai mobilnya dengan kecepatan 30 mil/jam di sebuah area dengan batas kecepatan 25 mil/jam.


4. Seseorang sudah pernah mencoba membunuh King 1 dekade sebelum kematian King pada tahun 1968. Pada 20 September 1958, King sedang berada di Harlem, menandatangani buku yang barusan ia terbitkan. Seorang wanita mendatangi King dan bertanya apakah ia adalah Martin Luther King. Setelah King menjawab "ya", wanita tersebut kemudian menusukkan pisau sepanjang 7 inci ke dada King. Beruntung nyawa King masih sempat diselamatkan. Setelah tersadar, King menegaskan kepada media tentang prinsipnya yang tanpa kekerasan dan ia tidak menaruh dendam kepada penyerangnya tersebut.



5. King pernah mencoba untuk bunuh diri saat usianya 12 tahun.


6. Pada awalnya, King tidak ingin menjadi seorang menteri. Ia lebih memilih profesi sebagai pengacara atau dokter. King kemudian memutuskan untuk menjadi seorang menteri setelah ia menyadari bahwa "ada kebenaran yang tidak bisa ditolak".


7. Ia adalah pemimpin dari gerakan Montgomery Bus Boycott pada tahun 1955. Kejadian ini berlangsung selama 385 hari. Selama kejadian tersebut, rumah King sempat dibom. Kejadian ini pun sebenarnya hanya dipicu oleh hal sepele. Kejadian ini berawal dari seorang wanita kulit hitam bernama Rosa Parks menolak memberikan tempat duduk kepada seorang pria kulit putih.



8. King mendonasikan $54,123 (sekitar $400.000 sekarang) kepada Civil Rights movement, yang ia dapatkan dari Penghargaan Nobel atas kontribusinya terhadap kebebasan hak dan perlawanan terhadap diskriminasi sosial di Amerika.


9. Autopsi tubuh King mengungkapkan sebuah fakta mengejutkan. Walaupun King baru berumur 39 tahun ketika ia meninggal dunia, dokter menyatakan bahwa King memiliki jantung yang terlihat seperti jantung seseorang yang berumur 60 tahun.


10. Pada saat ini, nama Martin Luther King Jr. telah diabadikan sebagai lebih dari 700 nama jalanan di kota-kota besar di Amerika. Jumlah ini belum termasuk nama sekolah, gedung, dan taman di Amerika.



11. Prinsip damai yang diterapkan oleh Mahatma Gandhi menginspirasi Martin Luther King Jr. untuk melakukan demonstrasi dan protes secara damai, tanpa harus melakukan kekerasan. King bepergian menuju India pada tahun 1959 untuk mempelajari tentang prinsip Gandhi tersebut.


12. Pada 23 Juni 1963, King memimpin gerakan protes Freedom Walk di Detroit. Sebanyak 125.000 orang partisipan mengikuti protes tersebut.


13. King menikahi Corette Scott, seorang penyanyi pada tahun 1953. Pasangan ini dikaruniai 4 orang anak, yaitu Yolanda, Martin Luther King III, Dexter, dan Bernice.


14. King membacakan pidato terkenalnya yang berjudul "I Have a Dream" di Lincoln Memorial di Washington D.C. pada tahun 1963. King membacakan pidato inspiratif ini di depan 250.000 orang lebih.


15. King memberikan pidato terakhirnya yang berjudul "I've Been to the Mountaintop" disampaikan pada 3 April 1968, tepat sehari sebelum tanggal kematiannya.


16. King tewas terbunuh pada 4 April 1968. King tewas ditembak oleh James Earl Ray di sebuah motel bernama Lorraine di Memphis, Tennessee. Setelah kematiannya, King mendapat berbagai penghargaan seperti Presidential Medal of Freedom pada tahun 1977 dan Congressional Gold Medal pada tahun 2004.


17. King adalah seorang perokok berat. Mungkin kamu akan kesulitan mencari foto saat ia merokok, tetapi King adalah seorang perokok berat.


18. 50 negara bagian di Amerika mulai menetapkan hari Martin Luther king Jr. pada tahun 2000. Hari tersebut ditetapkan sebagai hari libur nasional. Sebenarnya hari Martin Luther King Jr. ini sudah dijalankan sejak 20 Januari 1986.


Tags: Sejarah, Tokoh, Fakta

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com