Ini Dia Daftar Harga Bahan Bakar di Negara - Negara Asean. Urutan Berapakah Indonesia?

Ini Dia Daftar Harga Bahan Bakar di Negara - Negara Asean. Urutan Berapakah Indonesia?

1. Singapura

Harus diakui bahwa Singapura saat ini masih menjadi negara yang paling maju di kawasan Asia Tenggara. Sebagai negara maju, tidak heran jika biaya hidup di negara ini juga tergolong cukup tinggi. Hal itu bisa dilihat dari harga bahan bakar di Singapura yang menduduki posisi paling mahal jika dibandingkan dengan negara – negara lain di Asia Tenggara. Untuk 1 liter bahan bakar dengan RON 92, saat ini dibanderol dengan harga sekitar Rp.18.944,75.


2. Laos

Laos adalah negara di Asia Tenggara yang memiliki kondisi perkekonomian kurang baik. Namun, biaya hidup di negara ini tidaklah murah, apalagi jika menyangkut biaya bahan bakar. Laos berada di posisi kedua setelah Singapura sebagai negara yang menjual bahan bakar dengan harga tertinggi di Asia Tenggara. 1 liter bahan bakar dengan RON 87 saja dijual dengan harga sekitar Rp.13.881,98. Nilai RON tersebut masih lebih rendah daripada nilai RON yang dimiliki oleh bahan bakar jenis premium di Indonesia.


3. Thailand

Selanjutnya ada negara Thailand. Thailand menduduki posisi ketiga dalam hal penjualan bahan bakar dengan harga tertinggi di kawasan Asia Tenggara. Hal ini terjadi karena tidak adanya regulasi yang mengatur penetapan harga retail untuk bahan bakar di Thailand. Perusahaan penjual bahan bakar diperbolehkan mencari untung sebanyak – banyaknya. Saat ini Thailand menjual 1 liter bahan bakar dengan RON 91 dengan harga sekitar Rp.12.898,64. Hal itu membuat masyarakat Thailand berpikir ulang untuk menggunakan kendaraan pribadi.


4. Kamboja

Kamboja adalah negara yang memiliki nilai GDP terendah di kawasan Asia Tenggara. Hal itu membuat pemerintah Kamboja terus mencari cara untuk menstabilkan ekonominya. Pemerintah Kamboja saat ini menerapkan pola penyesuaian harga bahan bakar setiap 10 hari. Pola seperti ini tidak jarang menimbulkan kenaikan harga sehingga membuat Kamboja termasuk dalam daftar negara Asean yang menjual bahan bakar dengan harga tertinggi keempat. Kamboja saat ini menjual 1 liter bensin dengan RON 87 dengan harga Rp.11.801,43.


5. Filipina

Negara selanjutnya adalah Filipina. Filipina berada tepat di tengah daftar negara penjual bahan bakar dengan harga tertinggi di Asean. Harga bahan bakar di Filipina tidak dapat sepenuhnya ditekan oleh pemerintah karena hampir seluruh bahan bakar yang dijual di negara ini didapatkan dari proses impor. Penjualan bahan bakarnya pun dikuasai oleh 3 perusahaan asing. Saat ini Filipina menjual bahan bakar dengan RON 91 sekitar Rp.11.662,32 per liternya.


6. Vietnam

Vietnam mungkin masih tergolong sebagai negara dengan pendapatan rendah di kawasan Asia Tenggara. Untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar penduduknya, saat ini Vietnam masih melakukan impor bahan bakar dari negara Singapura sebanyak 70% atau 38 juta liter per harinya. Tidak heran jika harga bahan bakar di Vietnam sangat dipengaruhi dengan stabilitas harga minyak dunia. Saat ini Vietnam menjual bahan bakar dengan RON 92 atau setara dengan pertamax dengan harga sekitar Rp.10.660,19 per liternya.


7. Indonesia

Indonesia termasuk negara yang cukup sensitif terhadap perubahan harga bahan bakar. Selama ini setiap kenaikan haga bahan bakar selalu diikuti dengan gejolak masyarakat. Padahal, di kawasan Asia Tenggara sendiri Indonesia masih menduduki posisi ketujuh untuk negara penjual bahan bakar dengan harga tertinggi atau dengan kata lain urutan keempat termurah. Di Indonesia, 1 liter bahan bakar jenis pertamax dengan RON 92 hanya dijual dengan harga sekitar Rp.8.366,67. Belum lagi untuk varian pertalite dengan RON 90 yang tentunya dibanderol dengan harga lebih murah lagi.


8. Myanmar

Urutan selanjutnya diduduki oleh Myanmar. Kondisi perekonomian Myanmar bisa dibilang masih kurang baik jika dibandingkan dengan negara – negara Asean lainnya. Namun pemerintah Myanmar cukup peduli akan harga bahan bakar di negaranya. Hal itu terbukti dengan banyaknya subsidi yang dialokasikan untuk sektor perminyakan. Saat ini, Myanmar menjual 1 liter bahan bakar dengan RON 92 atau setara dengan pertamax hanya dengan harga sekitar Rp.7.750,81. Walaupun murah dan bersubsidi, namun pemerintah menetapkan batasan pembelian untuk kendaraan pribadi yaitu hanya 7,5 liter per minggu.


9. Malaysia

Malaysia juga masuk dalam daftar negara Asean dengan kondisi perekonomian yang baik, setelah Singapura dan Brunei Darussalam. Tidak heran jika Malaysia memberikan subsidi yang besar dalam hal penjualan bahan bakar. Malaysia menduduki posisi negara kedua termurah di Asia Tenggara dalam penjualan bahan bakar, bahkan di dunia disebut – sebut berada di posisi ketiga termurah setelah Brunei Darussalam dan Arab Saudi. Untuk 1 liter bensin dengan RON 95 dijual dengan harga sekitar Rp.6.448,82. Murah sekali bukan?


10. Brunei Darussalam

Sudah bukan rahasia lagi jika Brunei Darussalam adalah salah satu negara eksportir minyak terbesar di dunia setelah Arab Saudi. Tidak heran jika Brunei Darussalam menjual bahan bakar dengan harga termurah se-Asia Tenggara. Bahkan, Brunei Darussalam disebut – sebut menjadi negara termurah kedua di dunia dalam hal penjualan bahan bakar. 1 liter bahan bakar dengan RON 95 saja dijual dengan harga sekitar Rp.6.299,99. Tidak heran dengan harga yang sangat terjangkau itu membuat banyak warga Malaysia yang rela berpergian ke Brunei Darussalam hanya untuk mengisi bahan bakar.

Tags: Asia Tenggara, Bbm

List 2 years ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com