Luar Biasa! Bahasa Indonesia Menjadi Studi Wajib Di 7 Kampus Luar Negeri Yang Terkenal Ini.

Luar Biasa! Bahasa Indonesia Menjadi Studi Wajib Di 7 Kampus Luar Negeri Yang Terkenal Ini.

Kita sebagai masyarakat indonesia sepatutnya berbangga karena kita memiliki berbagai macam budaya yang berbeda dengan negara lain. Begitupun dengan bahasa kita bahasa Indonesia, yang menjadi salah satu studi wajib di 7 kampus terkenal di dunia. Ini merupakan kebanggan tersendiri bagi kita masyarakat Indonesia.

Bahasa indonesia termasuk dalam bahasa melayu. Seperti yang dikutip dari Liputan6.com dari Dairy Mail, minggu (15/07/18) menyatakan bahwa “ Dari penelitian ini, kita juga mencoba menelusuri jejak mendalam kehidupan sosial manusia dalam bahasa” hasil penelitian ini dilakukan oleh University of Vermont, Burlington, Amerika serikat. Dari hasil peneltian ini dinyatakan bahwa bahasa indonesia berada pada posisi ke-4 di dunia. Keren bukan?

Bukan hanya dari itu teman, seperti yang dilansir dari TRIBUNPEKANBARU.COM  menyatakan bahwa “Tidak hanya itu Indonesia sendiri menduduki peringkat pertama sebagai negara dengan pemakai 3 bahasa dengan 17 persen penduduknya menggunakan tiga bahasa”. Minggu, (15/07/18)

Hal lain dibuktikan bahwa sudah ada beberapa kampus terkenal di dunia yang menjadikan bahasa Indonesia menjadi studi wajib dalam kampus tersebut. Siapa yang menyangka, bahwa di Australia sendiri sudah banyak unversitas yang membuka jurusan bahasa Indonesia. Ini sudah menjadi bukti bagi kita untuk bangga menjadi bangsa Indonesia.

Berikut daftar universitas yang menerapakan bahasa indonesia menjadi mata kuliah wajib. Check this out.

1. University of Shouthern Queensland, Australia


Diposisi yang pertama adalah Universitas of Shoutherm Queensland yang berada tepat di Toowoomba, Queensland, Australia. Universitas besar ini ternyata memiliki 3 kampus sekaligus, yang ditempat ini bahasa Indonesia menjadi salah satu studi yang wajib secara totalitas dalam program Bachelorof Arts.  

Dengan kata lain bahwa mahasiswa yang mengambil jurusan studi ini akan belajar dan memahami berbagai hal tentang bahasa indonesia. Luar biasa.

2. National University of Singapore (NUS), Singapura


Diurutan no.2 adalah National Universitas of Singapore adalah universitas yang terkenal di Asia dengan peringkat teratas di Asia tenggara. Siapa sangka universitas yang terkenal no.1 ini menjadikan bahasa Indonesia sebagai studi kuliah yang wajib dipelajari.

3. University of Sydney, Australia

Diurutan no.3 kita kembali ke Australia, Australia memiliki beberapa kampus yang berkualitas bukan hanya di Queensland. Kalau kita lihat bersama bahasa Indonesia telah memasuki dua kampus terkenal di Australia, termasuk University of Sydney.

Universitas ini sudah terkenal dengan kelulusan mahasiswa S1 yang sangat banyak sekitar 32.393. di program ini juga menyediakan studi bahasa Indonesia. Dengan kata lain bukan hanya bahasa indonesia saja, namun lebih dari itu secara keseluruhan. Misalnya cara komunikasi, budaya, aturan atau norma, sejarah dan bahkan politik Indonesia.

4. Tokyo University of Foreign Studies, Jepang

Jepang terkenal dengan perkembanagn negara yang sangat maju. Hal ini bisa dibuktikan dengan berdirinya universitas terkenal yaitu Tokyo University of Foreign Studies. Universitas ini juga biasanya menjadi pusat penelitian internasional dan bahkan pertukaran dosen sedunia.

Hal yang menjadi jauh lebih menarik. Universitas yang terkenal ini, menjadikan bahasa Indoensia menjadi jurusan strudi diurutan 26 yang digunakan untuk mengkaji bahasa asing dari mancanegara.Keren!

5. Australian National University, Australia

Autralia merupakan negara maju, jadi tidak heran bahwa banyak universitas berkualitas dan juga tekenal, salah satunya adalah Australian National University (ANU). Kampus ini tidak jauh beda dengan kampus lainnya, yang membedakannya adalah universitas ini membuka jurusan khusus Bahasa Indonesia dan juga hanya fokus untuk mengkaji serta mempelajari Bahasa Indoensia.

6. Hong Bang University, Vietnam


Dikawasan asia tenggara yang memperlajari Bahasa Indonesia selain Jepang adalah negara tetangga kita juga yaitu Vietnam. Vietnam juga   menetapkan Bahasa Indoensia sebagai studi yang wajib di kampus tersebut.

 Hal ini dikarenakan, menurut Konsul Jendaral Republik Indonesia periode tahun 2007-2008 menyatakan bahwa Bahasa Indonesia itu sudah sejajar dengan bahasa lain seperti Inggris, francis dan juga jepang. Dan mejadikan bahasa indonesia sebagai ke-2 yang diwajibkan di kota Ho Chi Minh.

7. Hankuk University of Foreign Studies, Korea Selatan

Seperti yang kita tahu bahwa sebagian besar dari kita tertarik untuk mempelajari Bahasa Korea. Namun, kita tidak menyadari bahwa ternyata orang Korea-pun juga tertarik dengan Bahasa Indonesia.

Hal ini bisa kita buktikan dengan adanya University of Foreign Studies yang ada di Kore Selatan. Selain itu ada juga dua jurusan sekaligus di Korea Selatan  yang mempelajari Bahasa Indonesia yaitu Department of Malay-Indonesia di College of Oriental Language dan Department of Malay-Indonesian Interpretation College of Interpretation and Translation.

Tags: Kampus, Bahasa, Internasional, Kuliah

List 9 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com