20 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

20 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Vebma.com - Pohon Sirsak sebenarnya merupakan tumbuhan berbuah yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Pohon ini bisa tumbuh di Indonesia itu dikarenakan pada abak ke 19 lalu. Pemerintah kolonial Belanda yang sedang berkuasa di tanah air mendatangkan pohon ini dan kemudian menanamnya secara komersial.

Hingga kini pohon sirsak ini tumbuh subur di seluruh penjuru Indonesia. Namun ternyata, tak hanya buahnya saja yang bisa dikonsumsi. Sebab pohon sirsak juga mempunyai daun yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Bahkan menurut beberapa penelitian, daun sirsak juga sangat ampuh untuk mengobati berbagai jenis penyakit kanker secara efektif. Dan berikut adalah manfaat-manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh manusia :

1. Mengobati Asam Urat

Asam urat merupakan sebuah kondisi di mana seseorang akan mengalami rasa nyeri yang sangat menyakitkan. Dan juga disertai dengan terjadinya pembengkakan dan rasa panas pada persendian tulang. Penyakit asam urat ini juga bisa diobati dengan rutin mengkonsumsi daun sirsak setiap hari. Caranya adalah dengan merebus beberapa helai daun sirsak hingga mendidih selama beberapa menit. Kemudian minum hasil rebusan daun sirsak tersebut selama dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Mengobati Luka Luar

Daun sirsak juga bisa digunakan untuk mengobati luka luar seperti luka karena terjatuh, luka ringan, dan termasuk penyakit kulit. Caranya adalah dengan menumbuk daun sirsak sampai halus. Setelah itu tempelkan hasil tumbukan daun sirsak tersebut ke bagian tubuh yang luka. Biarkan sampai beberapa menit dan kemudian bersihkan dengan air.

3. Meredakan Nyeri Otot

Jika anda sering mengalami pegal-pegal seusai bekerja atau beraktifitas. Ada baiknya untuk rutin mengkonsumsi air rebusan daun sirsak. Sebab beberapa kandungan di dalam daun sirsak memiliki fungsi sangat baik untuk merelaksasi dan juga meredakan nyeri pada otot.

4. Mengobati Nyeri Punggung

Nyeri pada punggung bisa terjadi diakibatkan oleh beberapa hal seperti mengangkat beban yang berat atau mungkin duduk dengan posisi tubuh yang tidak ideal. Nyeri pada punggung ini ternyata juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi daun sirsak. Caranya adalah dengan merebus beberapa lembar daun sirsak. Kemudian minum air rebusan tersebut secara rutin sampai rasa nyeri di punggung menghilang.

5. Obat Darah Tinggi

Untuk anda yang memiliki tekanan darah tinggi. Coba konsumsi lebih sering rebusan air sirsak. Sebab daun sirsak ini bisa dijadikan sebagai obat alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, daun sirsak pastinya jauh lebih aman dikonsumsi daripada obat-obatan pabrik yang mengandung berbagai zat kimia.

6. Mengobati Demam

Manfaat lain dari daun sirsak adalah dapat digunakan sebagai obat demam. Caranya pun sama dengan beberapa cara diatas. Yakni dengan merebus daun sirsak sebagai obat alami. Lalu, minum air rebusan daun sirsak tersebut sampai demam mereda dan sembuh.

7. Obat Bisul

Daun sirsak ternyata juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit bisul. Jika anda kebetulan mengalami sakit bisul atau yang sejenisnya. Cobalah untuk menggunakan daun sirsak ini sebagai obat alami. Caranya pun cukup mudah, yakni dengan menumbuk daun sirsak sampai halus. Kemudian tempelkan hasil tumbukan tersebut ke bagian tubuh yang terdapat benjolan bisul.

8. Mengobati Sembelit

Daun sirsak juga sangat berguna untuk melancarkan dan mengatasi beberapa masalah pada pencernaan. Seperti masalah susah air besar yang atau yang bisa disebut dengan sembelit. Dengan mengkonsumsi daun sirsak ini, maka proses pencernaan pun menjadi lancar. Bahkan dengan rutin mengkonsumsi daun sirsak, nafsu makan juga menjadi semakin meningkat.

9. Mengobati Pusing

Salah satu penyakit ringan yang paling sering dialami manusia adalah pusing. Dan pusing ini ternyata juga bisa diatasi dengan daun sirsak. Sebab daun sirsak memiliki kandungan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan saraf dan juga meningkatkan kinerja otak.

10. Menurunkan Kolesterol

Daun sirsak juga sangat bagus untuk anda yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Karena kandungan di dalam daun sirsak juga berfungsi baik untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Dengan sering mengkonsumsi daun sirsak, itu berarti anda berpeluang untuk hidup jauh lebih sehat daripada yang sebelumnya.

Baca juga: 20 Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan dan Kecantikan

11. Sangat Bagus Untuk Meningkatkan Kesuburan

Tahukah anda ternyata dengan mengkonsumsi daun sirsak juga sangat bagus untuk meningkatkan kesuburan. Baik itu kesuburan pada pria maupun kesuburan pada wanita. Pada pria, daun sirsak ini berfungsi sangat baik untuk memperbanyak jumlah sperma pada kantung testis. Sedangkan untuk wanita, daun sirsak ini berfungsi untuk menguatkan dinding pada rahim.

12. Mengobati Jerawat

Masalah kulit pada wajah seperti jerawat. Ternyata juga bisa diobati dengan menggunakan daun sirsak. Caranya juga sangat mudah, yakni dengan menumbuk daun sirsak sampai halus. Daun sirsak yang sudah halus tersebut kemudian dioleskan pada bagian wajah yang terdapat jerawat.

13. Mengobati Wasir Ambeien

Jika anda mengalami masalah pembengkakan atau peradangan pada bagian sekitar anus atau yang biasa disebut dengan wasir ambeien. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi daun sirsak secara rutin. Karena di dalam daun sirsak terdapat kandungan yang berfungsi baik untuk mengobati pembengkakan di sekitar anus.

14. Obat Penyakit Paru-Paru

Daun sirsak juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit pada paru-paru. Seperti penyakit paru-paru basah dan juga paru-paru kering. Karena di dalam daun sirsak terdapat kandungan antibakterial yang berfungsi untuk menjaga dan meningkatkan kinerja paru-paru.

15. Obat Penyakit Radang Ginjal

Daun sirsak juga mengandung antioksidan yang berguna untuk menjaga kesehatan ginjal. Selain itu, daun sirsak juga dapat digunakan sebagai obat alami dari penyakit radang ginjal.

16. Obat Penyakit Malaria

Penyakit malaria adalah sebuah penyakit menular yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk pada manusia. Beberapa gejala dari penyakit malaria ini di antaranya adalah sakit kepala, demam, kelelahan, dan juga muntah. Penyakit malaria ini juga bisa diobati dengan menggunakan daun sirsak. Karena kandungan yang ada dalam daun sirsak dapat mematikan parasit-parasit yang menjadi penyebab timbulnya penyakit malaria.

17. Obat Penyakit Kista

Kista merupakan sebuah tumor jinak yang berisi cairan darah atau pun nanah. Penyakit ini biasa muncul pada daerah dinding rahim atau yang disebut juga dengan ovarium. Nah, penyakit kista ini ternyata juga bisa diobati dengan menggunakan daun sirsak. Karena di dalam daun berwarna hijau ini terdapat beberapa kandungan yang memiliki fungsi untuk menghambat pertumbuhan dari tumor-tumor penyebab penyakit kista.

18. Mengobati Keputihan

Manfaat penting lain dari daun sirsak adalah dapat digunakan untuk mengobati keputihan. Caranya cukup dengan mengkonsumsi daun sirsak secara rutin. Maka keputihan pun akan semakin berkurang dan bahkan sembuh. Karena daun sirsak ini juga memiliki kandungan yang berguna untuk mematikan bakteri-bakteri yang menjadi pemicu timbulnya penyakit keputihan.

19. Mencegah Timbulnya Tumor

Jika anda ingin hidup lebih sehat dengan tanpa menderita penyakit berbahaya seperti misalnya tumor. Ada baiknya untuk membiasakan diri mengkonsumsi daun sirsak. Sebab, kandungan dalam daun sirsak memiliki fungsi sangat baik untuk mencegah timbulnya penyakit tumor dalam tubuh.

20. Obat Penyakit Kanker

Terakhir ini merupakan manfaat yang paling dikenal dari daun sirsak. Yakni dapat mengobati berbagai jenis penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker paru-paru, dan juga kanker prostat. Bahkan kabarnya, manfaat dari menggunakan daun sirsak sebagai obat kanker. Itu jauh lebih efektif, daripada pengobatan kemoterapi.

Tags: Manfaat Daun Sirsak, Khasiat Daun Sirsak, Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan, Kasiat Daun Sirsak, Daun Sirsak, Kegunaan Daun Sirsak, Manfaat Daun Sirsak Untuk Asam Urat, Daun Sirsak Untuk Obat Kanker, Daun Sirsak Untuk Obat Demam, Daun Sirsak Untuk Obat Luka, Daun Sirsak Untuk Obat Darah Tinggi

List 2 years ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com