8 Alasan Mengapa Memancing Wajib Menjadi Hobby Anda!

Manfaat 2 years ago
8 Alasan Mengapa Memancing Wajib Menjadi Hobby Anda!

Sebagian besar orang beranggapan bahwa aktivitas memancing di alam terbuka merupakan suatu suatu kegiatan yang sia-sia dan sangat membosankan.  Berjam-jam lamanya menghabiskan waktu duduk di pinggiran danau, sungai, kolam, ataupun di laut, hanya demi menunggu seekor ikan memakan umpan di kail. Tapi jangan salah, aktivitas memancing di alam terbuka merupakan hobby atau rutinitas yang menyenangkan bagi sebagian kecil orang. Berikut beberapa alasan mengapa anda wajib mencoba aktivitas memancing di alam terbuka, bahkan wajib dijadikan rutinitas ataupun hobby keluarga anda.


1. Sebagai Kegiatan Refreshing

Aktivitas memancing yang dilakukan di alam terbuka dapat anda jadikan sebagai kegiatan refreshing, baik bagi pribadi anda sendiri maupun bersama keluarga tercinta. Kegiatan memancing umumnya dilakukan di kolam pemancingan, sungai-sungai, danau-danau, bahkan di laut. Tentu anda dan keluarga akan lebih sering bepergian mengunjungi spot-spot pemancingan yang berbeda-beda. Setiap spot pemancingan ini pasti memiliki panorama alam yang berbeda-beda pula. Sambil duduk manis menunggu umpan anda disambar ikan, anda dapat menyegarkan kembali otak anda dengan menikmati panorama alam disekitar spot pemancingan.


2. Baik Untuk Terapi Kejiwaan

Sebagian besar pemancing mania percaya bahwa aktivitas memancing dapat menjadi sarana yang sangat baik untuk terapi kejiwaan. Alasannya karena pada saat memancing kita dituntut untuk bersabar, bersikap tenang, yang mana aktivitas seperti itu dapat membuat jiwa kita menjadi tenang. Terutama jika aktivitas memancing telah menjadi rutinitas yang tidak dapat anda tinggalkan.


3. Mengurangi Stress Karena Aktivitas Sehari-hari

Aktivitas sehari-hari yang begitu sibuk dan memusingkan terkadang dapat menjadi pemicu timbulnya stress, terutama jika ada suatu pekerjaan yang tidak terselesaikan. Hal itu dapat membuat pusing kepala. Dengan memancing, kita dapat melupakan sejenak masalah yang sedang kita hadapi. Pada saat memancing pikiran harus tenang dan fokus. Kita tidak boleh merasa gelisah pada saat memancing, karena konon katanya anda tidak akan pernah dapat ikan jika memancing dengan perasaan yang gelisah.


4. Menambah Pertemanan

Aktivitas memancing yang anda lakukan di alam terbuka secara tidak langsung akan membuat anda bertemu dengan orang-orang baru yang belum pernah anda kenal sebelumnya. Anda dapat menjalin komunikasi dan berteman dengan orang-orang baru tersebut. Selain itu anda juga dapat bergabung dengan komunitas-komunitas masyarakat yang menyukai kegiatan memancing. Dengan demikian relasi anda akan bertambah dan pergaulan anda akan semakin luas.


5. Menumbuhkan Rasa Peduli Terhadap Lingkungan

Anda tentu tidak ingin memancing di perairan yang kotor dan tercemar bukan? Selain tidak enak untuk dipandang mata, perairan yang kotor dan tercemar juga tidak baik untuk ekosistem perairan tersebut, bahkan dapat membunuh ikan-ikan yang hidup di perairan tersebut. Jika anda seseorang yang mencintai aktivitas memancing, setidaknya anda akan menegur jika melihat seseorang atau sekelompok orang yang ingin mencemari lingkungan.


6. Aktivitas Olahraga Yang Menyenangkan

Memancing merupakan aktivitas yang menyenangkan, terutama jika itu anda lakukan bersama orang-orang terdekat. Aktivitas memancing juga dapat kita katakan sebagai olahraga, karena gerakan-gerakan dalam memancing secara tidak langsung memberi pengaruh bagi otot tubuh kita, terutama pada saat tarik ulur ikan dengan ukuran dan bobot yang besar. Pastinya itu akan sangat menguras tenaga.


7. Hasilnya Dapat Dijual Ataupun Dikonsumsi Sendiri

Selain manfaat-manfaat yang telah disebutkan diatas, ikan hasil dari kegiatan memancing juga dapat anda konsumsi bersama keluarga tercinta. Lebih jauh, anda juga dapat menjual sebagiannya ke tetangga di sekitar tempat tinggal anda jika hasil pancingan anda terlalu banyak untuk dikonsumsi sendiri. Secara tidak langsung, aktivitas memancing dapat menjadi sumber pemasukan tambahan bagi anda dan keluarga.


8. Menumbuhkan Rasa Cinta Indonesia

Bepergian dari spot pemancingan yang satu menuju spot pemancingan lainnya, bahkan tak jarang kita jumpai beberapa diantara pemancing mania yang rela mengunjungi pulau-pulau yang jauh dan terpencil, membuat anda secara tidak langsung telah menjelajahi wilayah Indonesia. Dan perjalanan ini dapat menumbuhkan rasa cinta kepada Indonesia, terutama pada saat anda mengunjungi daerah yang belum pernah anda datangi sebelumnya. Anda akan bertemu dengan suku dan budaya baru, serta menikmati pemandangan alam yang belum pernah anda lihat sebelumnya. Perjalanan ini tentu dapat membantu menyadarkan anda betapa indah dan kayanya negeri Indonesia tercinta. #IloveIndonesia

Baca juga: Tak Banyak Yang Tahu! 5 Jenis Olahraga Berikut Ternyata Dapat Membentuk Karakter Yang Kuat Pada Anak Jika Dimulai Sejak Usia Dini

Demikianlah beberapa manfaat positif dari aktivitas memancing di alam terbuka yang menjadi alasan mengapa aktivitas memancing wajib anda jadikan rutinitas, atau bahkan hobby yang menyenangkan untuk anda geluti. Tertarik untuk mencobanya?

Tags: Memancing, Hobby, Memancing Ikan, Dampak Positif, ILoveIndonesia, Refreshing, Terapi Kejiwaan

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com