Diremehkan, Ikan Sapu-sapu Memiliki Manfaat Lain dan Jenis Lainnya Yang Membuat Anda Takjub

Diremehkan, Ikan Sapu-sapu Memiliki Manfaat Lain dan Jenis Lainnya Yang Membuat Anda Takjub

Hampir tidak ada yang menarik dari ikan sapu-sapu. Selain mudah didapatkan seperti sungai atau kali. mereka juga mampu hidup di air yang kotor penuh limbah beracun. biasanya ikan sapu-sapu yang kita temukan di sungai indonesia Bentuk kulitnya kasar dan keras serta warna yang agak kehitaman membuat ikan ini seperti 'monster'. sungguh menakutkan. 

jika ada orang yang menaruh ikan sapu-sapu di akuariaum, biasanya tujuannya supaya akuariumnya menjadi bersih. itu mengapa dinamakan ikan sapu-sapu sebab karena sifatnya seperti sapu yang mampu membersihkan kotoran. padahal yang dimaksud menyapu kotoran ini adalah mereka memakan lumut/alga yang ada disekitar akuarium.

Meskipun demikian, ikan sapu-sapu yang biasa dikenal dalam perdagangan ikan internasional dengan nama plecostomus disebut pleco dan berasal dari air tawar yang hidup di Amerika tropis ini ternyata memiliki manfaat lain dan ada jenisnya yang akan membuat anda takjub melihatnya.

Lebih bergizi ikan sapu-sapu daripada ikan lele dan ikan mas.



Berdasarkan sumber : balai besar litbang pengolahan produk dan bioteknologi kelautan dan perikanan ( BBP4B-KP). ternyata ikan sapu-sapu memiliki kadar protein yang paling tinggi (sebesar 19,71) daripada ikan lele dan ikan mas yang biasanya kita makan sehari-hari.itu artinya ikan sapu-sapu sebenarnya bisa diolah menjadi makanan seperti siomay atau makanan lain. 

tetapi karena ikan sapu-sapu hidupnya di sungai kotor penuh limbah yang ada dijakarta seperti kali ciliwung. banyak media mengatakan bahwa ikan sapu-sapu beracun untuk dimakan. padahal jika ikan sapu-sapu dipelihara di tempat air yang bersih dan tidak mengandung limbah. tentu ikan sapu-sapu bisa dimakan sebab kadar proteinnya bermanfaat untuk pertumbuhan gizi manusia. 

menangkap ikan sapu-sapu bisa dijadikan profesi yang menjanjikan



Tidak banyak orang yang mau berprofesi sebagai penangkap ikan sapu-sapu.sebab untuk mengambil ikan sapu-sapu orang harus masuk ke sungai yang kotor dan merogoh ke lubang-lubang yang ada di dasar sungai karena ikan sapu-sapu biasanya mendekam didalam lumpur dan tempat yang berlubang-lubang. tapi berbeda dengan bang jauk yang biasa mengambil ikan sapu-sapu di sungai di daerah bogor dan tangerang ini. setiap hari dari jam.06.00 sampai 14.00.

ia bisa mendapat  20kg ikan sapu-sapu dan biasanya ikan sapu-sapu ini akan di jual ke pasar ikan di kota bogor Rp20.000/kg artinya bang jauk bisa mendapatkan uang Rp.400.000/hari jika bekerja 20hari dalam sebulan maka penghasilan yang didapat 8juta/bln (setara manager kantoran kan:). meskipun kadang-kadang di jual ke pengepul dengan harga 12.000/kg dari tangkap ikan sapu-sapu ini bang jauk bisa membeli motor ninja. bahkan ada juga orang selain bang jauk yang menafkahi keluarga serta menyekolahkan anak-anaknya dari profesinya menangkap ikan sapu-sapu. 

Baca Juga: Inilah ManfaatTomat Bagi Kesehatan, Yang Perlu Anda Ketahui

Ikan sapu-sapu termahal



Ada puluhan macam jenis ikan sapu-sapu di dunia ini. tetapi yang membuat takjub adalah jenis ikan sapu-sapu zebra pleco (hypancitrus zebra) warnanya yang menarik hitam-putih seperti kuda zebra biasa dijadikan ikan hias di akuarium. hidup di North east brazil, Amerika selatan.

Dengan panjangnya bisa mencapai 7.5 cm. ikan sapu-sapu jenis ini menjadi ikan sapu-sapu termahal yang harga jualnya untuk 1 ekor (panjangnya 5 cm) bisa mencapai 1,5 juta rupiah. kalau punya 100 ekor aja, ini sich bisa beli rumah seharga 150juta:)

ikan sapu-sapu raksasa



Berikutnya yang akan membuat anda takjub adalah jenis ikan sapu-sapu adonis pleco (Achanticus adonis). ini adalah ikan sapu-sapu raksasa karena merupakan jenis ikan sapu-sapu terpanjang diantara puluhan jenis ikan sapu-sapu.jika rata-rata panjang ikan sapu-sapu jenis lain pada umumnya berukuran 10-30 cm.

Tetapi khusus ikan sapu-sapu jenis adonis pleco panjangnya bisa mencapai 1 meter (sama seperti ukuran manusia usia remaja). untuk memelihara ikan sapu-sapu jenis ini tentu memerlukan kolam ikan yang berukuran besar minimal bisa menampung air sebanyak 4000 liter.

Tags: Manfaat Ikan Sapu Sapu, Jenis Ikan Sapu Sapu

Manfaat 2 years ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

0
Followers

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com